Masuk

Pekan Ulangan Bersama (PUB) Ke-1 Semester Gasal Tahun 2019-2020 Akan Dilaksanakan Selama 5 Hari

Featured Pekan Ulangan Bersama (PUB) Ke-1 Semester Gasal Tahun 2019-2020 Akan Dilaksanakan Selama 5 Hari

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara gelar Pekan Ulangan Bersama (PUB) Pertama di Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019-2020 mulai kemarin, Rabu (11/9/2019).

Pekan Ulangan Bersama atau sering disebut PUB ini diikuti oleh seluruh siswa mulai dari Kelas X sampai Kelas XII yang terbagi menjadi 17 ruang atau sebanyak 562 orang siswa. Dengan rincian siswa Kelas X berjumlah 203 orang, Kelas XI sebanyak 151 orang, dan Kelas XII sebanyak 208 orang.

PUB adalah salah satu bentuk sistem evaluasi pembelajaran di MA Matholi’ul Huda Troso yang diadakan dua kali setiap satu semester. Madrasah ini mempertahankan PUB sebagai sistem pengukuran kompetensi kognisi siswa menggantikan sistem ulangan mid semester. Selain itu juga pelaksanaan PUB ini dimaksudkan agar bentuk ulangan siswa lebih terarah dan lebih siap, sehingga nantinya nilai-nilai ulangan yang diraih lebih maksimal.

Berbeda dengan PUB sebelumnya yang biasanya berlangsung selama 4 hari, kali ini Pekan Ulangan Bersama akan dilaksanakan selama 5 hari. Penambahan hari ulangan ini agar siswa lebih mudah dan lebih fokus mempersiapkan materi-materi yang diujikan. Jika sebelumnya siswa harus mempersiapkan 4 mata pelajaran setiap hari, dirasa berat. Maka mulai tahun pelajaran baru ini madrasah mengambil kebijakan untuk memperpanjang hari pelakasanaan Pekan Ulangan Bersama dan hanya mengujikan 3 mata pelajaran setiap harinya. Dengan perubahan ini, maka durasi waktu mengerjakan juga ditambah, efeknya soal-soal juga ikut ditambah sesuai dengan tingkat kesulitan dan alokasi waktu yang tersedia yaitu selama 1 jam atau 50 menit setiap mapelnya.

Mulai masuk di pagi hari seluruh siswa kemudian melaksanakan sholat dhuha terlebih dahulu sebagaimana biasanya. Setelah itu kemudian mereka melaksanakan ritual pagi seperti pelantunan Asmaul Husna dan doa awal belajar di ruang ulangan masing-masing. Setelah itu kemudian siswa belajar di dalam kelas selama 20 menit dan mapel pertama baru dimulai diujikan sekitar pukul 07.50 WIB. Terpantau hingga pukul 11.40 WIB ketiga mapel telah selesai diujikan dan siswa bisa langsung melaksanakan sholat dzuhur berjama’ah sebelum kemudian pulang ke rumah masing-masing.

Ada sebanyak 16 mata pelajaran yang diujikan dalam PUB untuk masing-masing tingkatan kelas. 15 mapel tersebut adalah mapel Pendidikan agama Islam yang meliputi Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, SKI, Fiqih, dan Bahasa Arab. Kemudian ada mapel Umum yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PKn, Sejarah Indonesia dan Matematika. Tambahan untuk Kelas Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) yaitu Sejarah Peminatan, Sosiologi, Ekonomi, Geografi, dan Kimia Lintas Minat.  Sementara untuk Kelas Matematika dan Ilmu Alam (MIA) adalah Biologi, Kimia, Fisika, Matematika Peminatan, dan Geografi Lintas Minat. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 14 September 2019 08:08

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.