Masuk

Berlangsung Meriah, LKP Ke-9 di MA Matholi’ul Huda Troso Sukses Diselenggarakan

Featured Berlangsung Meriah, LKP Ke-9 di MA Matholi’ul Huda Troso Sukses Diselenggarakan

Troso, MAMHTROSO.com - Pramuka MA Matholi’ul Huda Troso Ambalan Setiabudi dan Fatmawati Gugus Depan 09.115-09.116 selenggarakan ajang kompetisi yang bertajuk Lomba Keterampilan Penegak Ke-9 atau disingkat LKP, Rabu kemarin (27/11/2019).

Lihat galeri kegiatannya - klik disini

Ada enam macam mata lomba yang menarik diadakan pada LKP Ke-9 kali ini. Diantaranya adalah Lomba Orientering, melakukan perjalanan dengan peta orientering menuju ke 3 pos yaitu pos sandi, pos semboyan, dan pos perpetaan. Kedua, Lomba Kreasi Senam Lantas dengan iringan musik dan gerakan sesuai dengan kreasi masing-masing kelompok. Ketiga, Lomba Pionering jembatan. Keempat, Lomba Kewirausahaan dengan membuat jajan dan minuman dari bahan tradisional serta dipromosikan lewat x banner. Kelima, Lomba Penyuluhan Agama atau Lomba Pidato. Terakhir keenam adalah Lomba gegurita yaitu membaca puisi bahasa jawa.

Upacara pembukaan dimulai pada pukul 07.30 WIB di halaman madrasah dan langsung dibuka oleh Ka. Mabigus, Drs. H. Nur Kholis Syam’un. Dalam amanatnya beliau bersyukur bahwa kegiatan-kegiatan yang diagendakan madrasah dalam rangka mendidik siswa-siswinya dapat berjalan dengan baik. Itu sesuai dengan semboyan di MA Matholi’ul Huda Troso bahwa madrasah yang bermadzhab bergerakan dan madzhab kegiatan. Karena beliau meyakini bahwa pembelajaran tidak cukup hanya di dalam kelas. Di kelas siswa-siswi diajarkan terori-teori ilmu pengetahuan, tetapi di luar kelas siswa-siswi terlibat aktif dengan kegiatan-kegiatan yang mengharuskan mereka untuk berinteraksi dan kerjasama dengan siswa lain.

Beliau juga menyampaikan korelasi pendidikan di MA Matholi’ul Huda Troso dengan isi pidato Menteri Pendidikan dan Budaya, Nadiem Makarim di Hari Guru kemarin Senin (25/11/2019). Yaitu dengan melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pendidikan, guru tidak terkungkung dengan hal-hal administratif, dan belajar tidak hanya bertujuan pada nilai angka-angka. Itulah bentuk-bentuk kemerdekaan belajar yang sudah dipraktikkan di madrasah sejak dulu.

“Nilai akademis penting, tetapi lebih penting lagi mentalitas, karakter, dan akhlak siswa”, ungkap Drs. H. Nur Kholis Syam’un.  

Usai upacara pembukaan dilanjutkan dengan demonstrasi Kreasi baris-berbaris oleh Tim LKBB yang berhasil menjuarai Roscomp Ke-10 di UPGRIS Tahun 2019. Seluruh siswa menyaksikan dan tampak takjub dengan atraksi-atraksi yang dipraktikkan. M. Ihlam Ainun Nijam sebagai Danton dapat tampil maksimal memimpin 11 rekan-rekannya dalam demonstrasi ini.

Pada pukul 08.30 seluruh lomba mulai dilaksanakan. Untuk Lomba Pionering dan Kreasi Senam Lantas dilaksanakan di halaman utama. Lomba Penyuluhan Agama dan Geguritan dilaksanakan di Ruang Multimedia. Lomba Kewirausahaan dilaksanakan di Ruang Tata Boga. Dan Lomba Orientering berjalan menuju ke pos-pos yang ada di dekat kampus MA MH Troso.

Sampai siang hari pada pukul 12.30 WIB dilaksanakan sholat dzuhur berjama’ah kemudian langsung diumumkan hasil perlombaan langsung oleh Pradana Putra dan Putri, yaitu Wahyu Budi Santoso dan Fikri Aida Fitriyah. Sebagai juara tergiat 1 putra diraih oleh Kelompok 5 yang dibimbing oleh Bpk. Aditya Purwidya Saksono, S.Pd. yang berhasil meraih 4 kejuaraan yaitu sebagai Juara 2 Lomba Orientering, Juara 2 Lomba Kewirausahaan, Juara 2 Lomba Pionering, dan Juara 1 Lomba Kreasi Senam Lantas. Sementara untuk juara tergiat 2 dan 3 berurutan diraih oleh Kelompok 6 yang dibimbing Bpk. Karwadi, S.Ag. dan Kelompok 1 yang dibimbing oleh Bpk. Muhammad Arsyad.

Sementara untuk kelompok Putri yang berhasil keluar sebagai Juara Tergiat 1 adalah Kelompok 16 yang dibimbing oleh Ibu Ainun Nadhifah, S.Pd.Si. dengan meraih 4 kejuaraan yaitu Juara 2 Lomba geguritan, Juara 3 Lomba Penyuluhan Agama, Juara 2 Lomba Kewirausahaan, dan Juara 1 Lomba Kreasi Senam Lantas. Dan untuk kelompok juara tergiat 2 dan 3 diraih oleh kelompok 13 yang dibimbing oleh Ibu Siti Saudah, S.Pd.I. dan Kelompok 9 yang dibimbing oleh Ibu Nur Muzaroh, S.Pd.

Dari kegiatan LKP ini tentu banyak nilai-nilai pendidikan yang diambil sesuai dengan slogannya Terampil, Cerdas, dan Berprestasi. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Kamis, 28 November 2019 12:44

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.