Masuk

Al Kalam Al Jama’iy, Lomba Lagu POP dan Pitutur Agami, Lomba Nada Dakwah – 4 Mata Lomba Pamungkas di Class Meeting Semester Gasal Tahun 2019

Troso, MAMHTROSO.com – Rangkaian lomba dalam ajang Class Meeting Semester Gasal Tahun 2019 di MA Matholi’ul Huda Troso ini mencapai puncaknya di 3 hari terakhir pelaksanaannya. Class Meeting yang belangsung selama 11 hari ini melombakan 18 jenis mata lomba. Ada 3 kategori lomba yaitu kategori olah raga, permainan, dan keterampilan. Kategori olahraga mulai dari Bola Basket, Bola Voli, dan Futsal. Pada kategori Permainan mulai dari Bola Sarung Putri, Halang Rintang, Permainan Tradisional. Kategori keterampilan mulai dari Tahlil dan Murottal, Al Kalam Al Jama’I, Cipta Puisi, Al Barzanji, Memasak, Hasta Karya, Komik, Majalah Dinding, Pitutur Agami, Pop Religi, Nada dan Dakwah Islami, dan Mengukir Sandal.

Dan di penghujung waktu lomba ada 4 lomba yang dilaksanakan secara berturut-turut cukup menyita perhatian 559-an siswa MA Matholi’ul Huda Troso. Lomba tersebut adalah Lomba Al Kalam Al Jama’ie, Lomba Lagu POP dan Pitutur Agami, Lomba Nada dan Dakwah.

Lomba Al Kalam Al Jama’iy dilaksanakan pada Hari Kamis kemarin (19/12/2019). Lomba ini merupakan choral speaking, suatu pertunjukan suara dari puisi, cerita atau percakapan berirama yang ditampilkan secara berkelompok. Para peserta menyanyikan lagu sambil berbalas pantun dan diikuti oleh seluruh peserta sebagai suara latar dengan suara yang kuat dan lantang. Meskipun lomba Kalam Jama’iy ini tidak terlalu populer di kalangan siswa dan masih menggunakan rekaman suara sendiri dengan tehnik lipsync. Akan tetapi para siswa terlihat cukup paiawai layaknya profesional memainkan Kalam Jama’iy. Berbagai kreasi kostum juga diperlihatkan 17 kelas yang mengikuti lomba tersebut. 

Klik galerinya

Kemudian Lomba Lagu POP dan Pitutur Agami dilaksanakan pada Hari Sabtu kemarin (21/12/2019). Lomba ini paduan antara lomba menyanyikan lagu pop diiringi oleh MH Band dengan pidato bahasa jawa atau disebut pitutur agami. MH Band yang memiliki 5 personel yaitu Yusuf Sigit Fauzan, Soya Angga Arifin Nuha, Bogi Asyhar, Muhammad Rofiq, dan Faiz Ulil Albab. Mereka membawakan 8 lagu yang berjudul Pintu Taubat dari Zivilia, Sesungguhnya dari Ungu, I Will Survive dari Bonda Prakoso, Rapuh dari Opic, Tuhan Maha Cinta dari Nidji, Kuatkan Aku dari Vagetos, dan Dealova dari Once. Sementara untuk lomba pitutur agami keliahatan juri merasa kebingungan karena seluruh peserta dapat tampil dengan baik. Hal tersebut karena sebelum lomba seluruh peserta dibimbing langsung oleh Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso.

Klik galerinya

Lomba pamungkas adalah Lomba Nada dan Dakwah yang diselenggarakan pagi tadi, Ahad (22/12/2019). Paduan antara lomba seni pidato para siswa dan langsung dikaitkan lagu Rhoma Irama. Diiringi langsung oleh Orkes Melayu Maherta yang berkolaborasi salah satu guru Nur Muzaroh, S.Pd. Ada 17 judul lagu Rhoma Irama yang dikonversi menjadi bahan lomba dakwah siswa dan diperkuat dengan dalil-dalil. Semuanya adalah lagu-lagu tentang dakwah islam diantara judulnya adalah Bersatulah, Generasi Muda, Roda Kehidupan, Nilai Sehat, Akhlak, Pemarah, Musafir, Yatim Piatu, Putri Muslimah, Kawula Muda, Nafsu Serakah, Azza, Rabbana, Tersesat, Kehilangan, Narkoba, dan Boleh Saja. Lomba ini ditutup dengan satu lagu dari OM Maherta dengan judul Insyaallah.

Klik galerinya

Sementara untuk besok pagi diagendakan apel pagi dan pengumuman hasil perlombaan Class Meeting Semester Gasal Tahun 2019. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Minggu, 22 Desember 2019 23:24

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.