Masuk

Apel pagi – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Madrasah yang Bermutu Tergantung Mutu Murid-Muridnya Bukan Gedungnya

Featured Apel pagi – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Madrasah yang Bermutu Tergantung Mutu Murid-Muridnya Bukan Gedungnya

Troso, MAMHTROSO.com – Sebelum memasuki hari libur Semester Gasal tahun 2019, Drs. H. Nur Kholis Syam’un Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso mengadakan apel pagi, Senin kemarin. (23/12/2019). Apel kali ini diikuti oleh seluruh siswa MA Matholi’ul Huda Troso di halaman madrasah sebelum memasuki ruang kelasnya masing-masing.

المَدْرَسَةُ بِأَبْنَائِهَا وَبَنَاتِهَا لَابِبِنَائِهَا

“Madrasah yang baik yang bermutu tergantung bagaimana baik dan mutunya murid-murid itu. Bukan berdasarkan gedung dan bangunannya yang megah”, ungkap beliau di awal-awal pidatonya.

Dari ungkapan tersebut jelas bahwa gedung, bangunan dan fasilitas itu hanya alat penunjang pendidikan. Akan tetapi yang terpenting adalah kualitas dari para siswa-siswinya. Hal tersebut sudah menjadi salah kaprah untuk masyarakat umum. Bahwa bangunan yang bagus pasti pendidikannya berkualitas. Anggapan ini memang kurang tepat mengingat faktanya siswa yang sekolah di MA Matholi’ul Huda Troso belum tentu kalah dengan siswa-siswi yang ada di sekolah bergedung megah. Semuanya tergantung niat dan kesungguhan dari siswa-siswinya.

Berlanjut dengan sekolah yang baik dan bermutu seyogyanya juga harus mencetak siswa-siswi yang bermutu pula. Artinya siswa mempunyai kepribadian, moralitas dan mentalitas yang baik, baru kemudian ditopang dengan akademis yang baik. Dan untuk mempunyai kepribadian, moralitas, dan mentalitas yang baik dibutuhkan pembiasaan. Maka diperlukan berbagai aktifitas dan kegiatan yang berkelanjutan dan konsisten. Maka dari itu di MA Matholi’ul Huda Troso memiliki madzhab pergerakan dan kegiatan.

Berikutnya Kepala Madrasah menyampaikan beberapa agenda madrasah ke depannya. Yang pertama, untuk Hari Selasa (24/12) dan Rabu (25/12) Gugus Depan 09.115/09.116 akan mengadakan kegiatan Ujian SKU dan Pelantikan Penegak Bantara Laksana, beliau menegaskan bahwa semua siswa Kelas X dan XI harus mengikuti kegiatan tersebut. Kedua, terkait dengan hari libur Semester Gasal Tahun 2019 beliau mengumumkan bahwa libur dimulai Hari Selasa (24/12) sampai Kamis (2/1). Dan kembali beliau menegaskan ketika waktu libur siswa jangan coba-coba berperilaku macam-macam. Seperti contoh rambut disemir, motor diprotoli, berpacaran, dll.

Terakhir untuk siswa Kelas XII diberitahukan bahwa mulai bulan Maret akan diselenggarakan Ujian Akhir Madrasah, Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Maka semuanya harus mempersiapkan dengan sebaik-baiknya. Hingga bulan April pada minggu pertama rencananya akan diagendakan piknik ke Jakarta. Namun harus selalu diingat bahwa Siswa Kelas XII baru dinyatakan tamat setelah mengikuti rangkaian kegiatan akhir, utamanya panggung gembira sampai perpisahan. Dan bagi yang tidak disiplin mengikuti agenda, maka tidak akan diluluskan.

Usai apel pagi, dilanjutkan dengan Pengumuman Hasil Perlombaan Class Meeting oleh Panitia atau OSIS MA Matholi’ul Huda Troso. Dari total 18 lomba dengan sistem medali keluar sebagai Juara Umum Class Meeting Semester Gasal Tahun 2019-2020 adalah Kelas XII MIA-1. Juara 2 Hasta Karya, Juara 1 Kalam Al jama’iy, Juara 1 Poster, Juara 2 Halang Rintang, Juara 1 Komik, Juara 2 Bola Basket, Juara 1 Bola Voli, dll. (Syah)

Lihat galerinya - klik

Terakhir diperbarui pada Kamis, 26 Desember 2019 15:33

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.