Masuk

Jelang UNBK MA MH Troso Siapkan Mental Siswa Kelas XII DenganTry Out Selama 4 Hari

Featured Jelang UNBK MA MH Troso Siapkan Mental Siswa Kelas XII DenganTry Out Selama 4 Hari

Troso, MAMHTROSO.com – Siswa Kelas XII MA Matholi’ul Huda Troso Tahun Pelajaran 2019-2020 mengikuti Try Out Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mulai kemarin, Senin (20/1/2020). Dan sesuai dengan jadwalnya Try Out ini akan dilaksanakan selama 4 hari yaitu sampai Kamis (23/1/2020).

MA Matholi’ul Huda Troso memiliki 3 ruang laboratorium komputer yang masing-masing ruang terdapat 36 unit komputer beserta cadangannya, sehingga total ada sekitar 120-an unit komputer yang digunakan. Sementara untuk siswa kelas XII yang berjumlah 200 lebih mengikuti Try Out UNBK ini dengan sistem 2 sesi setiap harinya. Bergiliran antara jurusan MIA dan IIS.

Pada hari pertama mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia. Kemudian untuk hari kedua sampai keempat berurutan adalah Matematika, Bahasa Inggris, dan mata pelajaran penjurusan pilihan.

Tujuan diadakan Try Out ini selain untuk memberikan tata cara pengerjaan soal dalam UNBK bagi calon peserta ujian nasional, juga untuk menguji kesiapan siswa untuk mempersiapkan UNBK yang akan dilaksanakan pada beberapa bulan mendatang. Karena setelah selesai mengerjakan ternyata muncul form hasil skor yang dapat dilihat oleh masing-masing siswa. Selain itu juga untuk menguji kesiapan ruang dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam UNBK. Baik mulai dari server, komputer client, dan perangkat-perangkat yang lain.

Yang paling penting dan yang menjadi sasaran utama dari Try Out ini adalah pematangan penguasaan mental dan teknik bagi siswa. Secara keseharian mereka sudah tidak asing dengan alat komunikasi canggih atau komputer, karena situasi ujian sangat berpengaruh terhadap mental siswa, maka Try Out juga berfungsi sebagai ajang penggemblengan mental. Dengan penggemblengan mental di harapkan siswa tidak gugup dan tenang dalam menghadapi ujian berbasis komputer, sehingga mereka bisa mendapatkan hasil nilai yang maksimal dan memuaskan.

Dengan tujuan tersebut maka Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso mengambil kebijakan untuk tidak memberikan waktu penuh 120 menit di setiap sesinya. Untuk sesi pertama biasanya dimulai pada jam ke-2 tepatnya pada pukul 08.30 WIB sampai pukul 10.15 WIB sesuai dengan waktu istirahat. Dan sesi kedua dimulai pada pukul 10.40 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Hal tersebut disebabkan selain tujuan utama Try Out UNBK ini sudah terpenuhi, siswa-siswi Kelas XII juga harus tetap mengikuti agenda madrasah lainnya, seperti Intrakurikuler Pramuka, Muhadlarah, dll. (Syah)  

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.