Masuk

Tutup Buku Tahun 2019, Koperasi Karyawan (KOPKAR) Matholi’ul Huda Troso Bukukan Aset Sebesar 1,9 Milyar

Featured Tutup Buku Tahun 2019, Koperasi Karyawan (KOPKAR) Matholi’ul Huda Troso Bukukan Aset Sebesar 1,9 Milyar

Troso, MAMHTROSO.com – Koperasi Karyawan (KOPKAR) Yayasan Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara laksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) pagi ini, Jum’at (24/1/2020). Diselenggarakan di Aula MA Matholi’ul Huda Troso, mulai pukul 08.00 WIB. RAT kali ini dihadiri sedikitnya sekitar 128 anggota, dari total jumlah anggota sebanyak 149 orang. Baik dari unit RA, MI, MADIN, MTs. dan MA.  

Rapat yang berisi laporan pengurus dan pengawas Tahun 2019 serta penyusunan program kerja Tahun 2020 dilaksanakan lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya dilaksanakan pada Bulan Februari bahkan Bulan Maret, namun pada RAT kali ini pengurus dan pengawas berkomitmen untuk melaksanakan lebih awal yaitu di Bulan Januari.

Mustain, S.Sos.I. selaku sekretaris koperasi berperan langsung menjadi pembawa acara. Dengan rangkaian acara dimulai dari tahlil bersama dipimpin oleh Ahmad Azhari Nasir, S.H.I. M. Si. Serta barokah doa dipimpin oleh Surihan. Laporan umum dari bendahara KOPKAR Matholi’ul Huda Troso, yaitu Noor Faizin, S.Ag.

Dilanjutkan sambutan dari Perwakilan Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Menengah Kecil dan Transmigrasi Tenaga Kerja, Ibu Rumyati. Beliau menyampaikan bahwa dari 650 koperasi yang ada di Jepara, KOPKAR Matholi’ul Huda Troso berada di peringkat 15. Yang berarti 99% mencapai sempurna dan dalam keadaan sangat sehat. Sebelum membuka RAT pada pagi hari ini, beliau juga berpesan agar seluruh komponen koperasi baik dari pengurus dan anggota semuanya harus berbuat yang terbaik untuk kesehatan koperasi. Diantaranya selalu tepat waktu dalam membayar angsuran tiap bulannya. Selain itu agar koperasi menjadi lebih besar lagi, anggota tidak hanya aktif membayar simpanan wajib tetapi juga mengembangkan dengan menggunakan uang koperasi untuk usaha-usaha mikro lainnya. Bahkan beliau mengusulkan supaya memberikan reward kepada anggota yang memiliki jasa tertinggi kepada Koperasi.   

Fadholi, S.Pd.I. selaku Ketua KOPKAR Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara menyampaikan laporan pengurus dengan singkat. Bahwa volume kredit mengalami kenaikan 13,41 % dari tahun sebelumnya. Total aset KOPKAR Matholi’ul Huda Troso sampai Desember Tahun 2019 sebesar Rp 1.883.800.000,-.

Dilanjutkan dengan laporan dari pengawas KOPKAR Matholi’ul Huda Troso, oleh Drs. H. Nur Kholis Syam’un. Pertama beliau menyampaikan rasa syukurnya, karena koperasi yang telah berdiri sejak tahun 2002 dan dinotariskan secara resmi tahun 2007 sampai saat ini di tahun 2020 dapat berjalan dengan baik dan sehat. Beliau lebih menyampaikan perjuangan bagaimana pertama kali mendirikan koperasi di madrasah. Dimulai pada tahun 2001 bersama dengan H. Abdullah Handiq untuk mengadakan dana awal dengan pinjaman dari bank. Tetapi dalam perjalanan beberapa tahun ternyata salah satu dari anggota mengalami macet dalam kreditnya. Ahirnya pada 2001 bersama KH. Abdul Jalil dan H. Sucipto, S.Ag. membentuk lembaga keuangan yang bernama Koperasi Karyawan (KOPKAR) dan resmi dinotariskan pada tahun 2007. Yang pada saat peresmian awal langsung dihadiri oleh Bupati Jepara, Drs. H. Hendro Martojo, MM.

Penyusunan program kerja Tahun 2020 KOPKAR Matholi’ul Huda Troso dipimpin langsung oleh Fadholi, S.Pd.I. Tidak banyak yang berubah dari Tahun 2020. Dari beberapa bidang hanya ada perubahan pada bidang usaha. Jika pada tahun sebelumnya jasa pinjaman sebesar 1,5 %, untuk Tahun 2020 terhitung mulai Bulan Februari nanti jasa pinjaman diturunkan menjadi tinggal 1 %. Perubahan ini kemudian disepakati oleh seluruh anggota yang hadir.

Di akhir acara RAT pukul 10.00 WIB pengurus KOPKAR Yayasan Matholi’ul Huda Troso membagikan Selisih Hasil Usaha (SHU) dan doorprize sebanyak 282 macam. Doorprize tersebut berupa minyak goreng, paket mie instan, deterjen, sabun mandi, piring, sandal, dll. Semua anggota yang hadir mendapatkan doorprize ini, bahkan ada banyak anggota yang mendapat 2 sampai 3 jenis doorprize karena insentif kehadiran bagi anggota yang tidak hadir juga ikut dijadikan doorprize. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Jumat, 24 Januari 2020 11:28

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.