Masuk

Siswa Kelas XII Gladi Bersih UNBK, Siswa Kelas X dan XI Lakoni Pekan Ulangan Bersama (PUB) Pertama Semester Genap Tahun 2020

Featured Siswa Kelas XII Gladi Bersih UNBK, Siswa Kelas X dan XI Lakoni Pekan Ulangan Bersama (PUB) Pertama Semester Genap Tahun 2020

Troso, MAMHTROSO.com – Sebanyak 207 siswa Kelas XII MA Matholi’ul Huda Troso ikuti Gladi Bersih UNBK mulai kemarin, Senin (24/2/2020).

Dari pantauan awak www.mamhtroso.com pihak madrasah telah menyediakan 3 laboratorium komputer yang masing-masing berisi sekitar 36 – 40 komputer. Sehingga untuk siswa Kelas XII yang berjumlah 207 dengan 6 kelas dapat dijadikan hanya menjadi 2 sesi saja.

Sebelumnya Puspendik telah melaksanakan Simulasi 1 UNBK yang mana telah dilakukan beberapa bulan yang lalu. Sedangkan untuk pelaksanaan ini bukan lagi Simulasi melainkan langsung ke Gladi Bersih UNBK. Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, bahwa pelaksanaan Simulasi dilakukan sebanyak dua kali dan diakhiri dengan satu kali Gladi Bersih. Sehingga terhitung sebanyak 3 kali dalam uji coba UNBK. Namun pada tahun ini hanya satu kali simulasi dan langsung diakhiri dengan Gladi Bersih. Sehingga hanya melakukan Uji Coba UNBK sebanyak 2 kali saja.

Tujuan Dilaksanakan Gladi Bersih UNBK pastinya mempunyai suatu tujuan utama yang akan dicapai. Baik itu pada pengenalan menu-menu baru atau sistem teknis dan non teknis pada pelaksanaan UNBK. Namun yang jelas untuk memastikan kesiapan sekolah dan madrasah melaksanakan UNBK. Untuk memastikan Aplikasi sudah dapat berjalan dengan baik, Infrastruktur di pusat dan di sekolah sudah siap dan berfungsi dengan baik, Tim Pelaksana Pusat, Helpdesk, Proktor dan panitia sudah memahami tugas dan tanggung jawabnya. Data infrastruktur (jaringan internet, server dan klien) sudah tercatat dengan benar, dan Data Peserta (Biodata, mata ujian dan penempatan server) sudah tercatat dengan lengkap dan benar. Memperkenalkan bentuk soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) kepada siswa. Dan juga memperkenalkan bentuk soal AKM kepada Guru.

Di MA Matholi’ul Huda Troso, selama dilaksanakan Gladi Bersih UNBK ini secara umum dapat berjalan dengan lancar. Alhamdulillah tidak ada kendala yang begitu signifikan. Memang ada beberapa komputer yang mengalami error namun masih ada komputer cadangan untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam melaksanakan gladi bersih UNBK.

Sedangkan di hari yang sama, untuk Kelas X dan XI juga melakoni Pekan Ulangan Bersama (PUB) Pertama di Semester Genap Tahun Pelajatan 2019-2020 mulai kemarin, Senin (24/2/2020). Pekan Ulangan Bersama ini rencananya akan dilaksanakan selama 5 hari kedepan dengan mengujikan semua mata pelajaran. Mulai dari mapel umum, mapel penjurusan, mapel agama, dan mapel peminatan maupun lintas minat.

Berbeda dengan UTS atau UAS, soal-soal PUB semuanya berbentuk soal uraian. Yaitu berjumlah antara 5 sampai 15 soal tergantung tingkat kesulitan yang disesuaikan dengan durasi waktu mengerjakan selama 50 - 60 menit. Meskipun bentuk soalnya berbeda tetapi penataan ruangan ulangan tetap dibuat sebagaimana ulangan semester, yaitu menggunakan sistem silang. Siswa Kelas X MIA duduk semeja dengan siswa Kelas XI IPS, dan sebaliknya siswa kelas X IIS duduk semeja dengan siswa XI IPA. (Syah)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.