Masuk

Kebijakan Kemenag Terkait Virus Covid-19, Kepala Madrasah MA Matholi’ul Huda Troso Kumpulkan Siswa-Siswinya

Featured Kebijakan Kemenag Terkait Virus Covid-19, Kepala Madrasah MA Matholi’ul Huda Troso Kumpulkan Siswa-Siswinya

Troso, MAMHTROSO.com – Kepala Madrasah mengadakan apel pagi untuk seluruh civitas akademika MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso pagi ini, Senin (16/3/2020). Apel ini terkait dengan kebijakan kemenag tentang dampak Virus Covid-19 yang sudah mewabah ke Indonesia.

Dalam apel pagi ini beliau Drs. H. Nur Kholis Syam’un pertama kali menyampaikan satu ungkapan dalam bahasa inggris, “Not Even God himself Could Sink this Ship” artinya Bahkan Tuhan sendiri tidak bisa menenggelamkan Kapal ini. Kalimat itu pernah diucapkan oleh pembuat Kapal Titanic yang begitu besar yang menunjukkan betapa sombongnya orang itu. Namun pada akhirnya pertama kali berlayar kapal itu-pun tenggelam.

Begitupun asal muasal Virus Corona yang pertama kali muncul di Wuhan Tiongkok. Karena Tiongkok sekarang mengalami kemajuan yang luar biasa, Presidennya Xi Jinping pernah berpidato di peringatan 70 tahun berdirinya China bahwa, “Tidak ada kekuatan yang bisa mengguncang fondasi dari negara yang hebat ini, Tidak ada kekuatan yang bisa menghentikan rakyat China dan negara China untuk terus maju”. Kalimat yang berkonotasi jumawa dansombong itu akhirnya diingatkan oleh Allah dengan wabah virus ini yang mewabah di negaranya. Sehingga pelajaran yang berharga dari bencana ini adalah sekuat apapun manusia tidak pantaslah menjadi sombong.

Kedua, beliau mengingatkan agar aqidah yang harus tetap diyakini oleh seluruh umat islam khususnya seluruh siswa-siswi bahwa mati dan hidup semua adalah kehendak Allah. Jangan hanya takut kepada Virus karena takut mati, tapi takutlah kepada Allah agar tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang-Nya. Meskipun begitu sebagai manusia harus tetap selalu hati-hati dan waspada.

 وَلِكُلِّ اُمَّةٍ اَجَلٌ ۚ فَاِذَا جَاۤءَ اَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُوْنَ سَاعَةً وَّلَا يَسْتَقْدِمُوْنَ

Artinya : Dan setiap umat mempunyai ajal. Apabila ajalnya tiba, mereka tidak dapat meminta penundaan atau percepatan sesaat pun.

Kemenag tadi malam telah menyampaikan edaran terkait kebijakan meliburkan siswa-siswi madrasah selama 2 minggu kepada Kanwil Kemenag Provinsi, Kankemenag Kab/Kota, serta Kepala Madrasah untuk mencegah menyebaran Virus Covid-19 ini. Dan seluruh siswa mulai besok pagi diliburkan sampai tanggal 27 Maret 2020. Menyikapi hal tersebut Kepala Madrasah kemudian mengadakan rapat dengan seluruh guru dan memutuskan untuk memberikan tugas kepada siswa-siswi selama di rumah. Tugas ini nanti disampaikan oleh guru mapel sesuai dengan jadwalnya kepada wali kelas dan selanjutnya wali kelas menyampaikan kepada siswa-siswi melalui online. Tugas itu akan dikumpulkan kepada guru pada saat masuk, dan bagi yang tidak mengerjakan maka akan diberi sanksi yang berat.

Beliau juga mengingatkan bahwa libur ini dalam rangka mencegah penyebaran virus, jadi siswa harus tetap di rumah masing-masing untuk mengerjakan tugas sekolah dan menghindari keramaian. Tidak malah kemudian “nglayap” atau jalan-jalan sebebasnya.

Terakhir, Kepala Madrasah mengajak doa bersama semoga seluruh siswa, guru, orang tua, dan semuanya diberikan keselamatan oleh Allah. Semoga siswa Kelas IX dan XII dimudahkan belajarnya untuk menghadapi ujian. Dan semoga madrasah semakin berkembang, maju, dan menjadi besar untuk umat. (syah)

Surat edaran dan jadwal pelajaran siswa selama di rumah :

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 11 April 2020 09:18

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.