Masuk

MA Matholi’ul Huda Troso Gelar Ujian Madrasah (UM) 2021 dengan Sistem CBT Berbasis Andorid

Featured MA Matholi’ul Huda Troso Gelar Ujian Madrasah (UM) 2021 dengan Sistem CBT Berbasis Andorid

Troso, MAMHTROSO.com - MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara menggelar ujian madrasah (UM) untuk siswa Kelas 12 Tahun Pelajaran 2020-2021, Senin (22/3/2021) kemarin. Evaluasi akhir ini dilaksanakan selama 7 hari dengan mengujikan 14 mata pelajaran.

Diikuti oleh seluruh siswa kelas 12 yang berjumlah 148 siswa, terdiri dari 59 program IPA dan 89 siswa dari program IPS. Panitia Ujian Madrasah di MA Matholi’ul Huda Troso membagi peserta ujian menjadi 7 ruangan. Sehingga setiap ruangan hanya berisi 20 sampai 25 siswa untuk menjaga jarak antar siswa.

Ujian Madrasah ini dilaksanakan dengan sistem tatap muka di madrasah dengan aplikasi Computer Based Test (CBT) berbasis Android. Jadi siswa cukup membawa Smartphonenya untuk mengerjakan soal-soal ujian ini. Panitia ujian madrasah MA Matholi’ul Huda Troso berinisiatif meminta Master Soal Ujian Madrasah dalam bentuk soft copy dari Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) 01 Jepara. Kemudian dilanjutkan proses editing supaya dapat dimasukkan dalam aplikasi CBT. Madrasah juga mengembangkan sitem ujian ini supaya siswa tidak bisa mengakses internet ketika sedang mengerjakan soal. Hal tersebut untuk mencegah siswa berbuat curang.  

Kepala Madrasah, Drs. H. Nur Kholis Syam’un mengambil kebijakan tersebut karena Ujian Madrasah ini harus dilaksanakan dengan baik dengan prinsip kejujuran. Jika siswa mengerjakan secara daring atau dengan sistem lembar jawab kertas di rumah, maka tidak menutup kemungkinan siswa dapat mengerjakannya dengan cara-cara yang tidak jujur, misal menggunakan internet, membuka buku, atau bahkan dikerjakan bersama-sama dengan teman yang lain.

Pasca pelaksanaan Ujian Madrasah ini siswa kelas 12 akan diliburkan selama 1 minggu, kemudian akan mengikuti beberapa ujian praktik. Diantaranya adalah ujian praktik Desain Grafis, Fikih, dan Qur’an. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Kamis, 01 April 2021 12:24

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.