Masuk

Jaga Tradisi Baik di Madrasah, MA dan MTs. MH Troso Selenggarakan Halal Bihalal

Featured Jaga Tradisi Baik di Madrasah, MA dan MTs. MH Troso Selenggarakan Halal Bihalal

Troso, MAMHTROSO.com – Seluruh siswa dan guru Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso selenggarakan Halal Bihalal pagi ini, Sabtu (22/5/2021). Namun sebelum acara Halal Bihalal dimulai, Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso memberikan sedikit tausiyah kepada siswa-siswi agar lebih memahami makna shilaturrahim. Dengan memahami pentingnya menjaga hubungan shilaturrahim ini, harapan ke depannya siswa akan memiliki dasar yang baik dalam kehidupannya, baik dalam keluarga maupun masyarakat.

Sebelum tausiyah di mulai, beliau mengajak seluruh siswa dan guru untuk berdoa bersama. Pertama, doa untuk orang tua dan guru, semoga sehat rohani-jasmaninya dan dimudahkan jalan rizkinya. Yang kedua mendoakan para siswa, semoga semakin sadar akan hakikat kehidupan dan semoga mendapat ilmu yang bermanfaat. Ketiga mendoakan madrasah, semoga semakin maju dan memberkahi umat.

Kepala Madrasah mengajak semua siswa untuk merefleksi diri, merenung dengan seksama bahwa semua manusia pasti mati dan tidak luput dari kesalahan ataupun dosa. Tidak pandang seberapa gagahnya, seberapa tinggi jabatannya, bahkan Fir’aun yang mengaku sebagai Tuhan juga akhirnya mati. Maka dari itu semua manusia harus menyadari bahwa sifat rendah hati mau saling maaf memaafkan itu sangat penting. Tidaklah pantas jika manusia menjadi pribadi yang angkuh atau sombong. Karena sejatinya manusia adalah tempatnya salah dan lupa.

اَلْاِنْسَانُ مَحَلُّ الْخَطَاءِ وَالنِّسْيَانِ

Dan itulah termasuk kelemahan manusia, Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ

Sejatinya semua kekuatan adalah dari fadhol-Nya Allah SWT. Maka semua manusia harus memiliki sifat rendah hati.

صِلَةُ الرَّحِمِ وَحُسْنُ الْخُلُقِ وَحُسْنُ الْجِوَارِ يُعَمِّرْنَ الدِّيَارَ وَيَزِدْنَ فِى اْلاَعْمَارِ

Artinya : “Silaturrahim, akhlak mulia, baik dengan tetangga, akan dapat menciptakan kemakmuran sebuah kampung, wilayah, kota, negara dan juga akan menjadikan panjang umur ”.

Secara batiniyah menambah umur ini maksudnya adalah menambah kebaikan selama hidupnya. Meskipun secara lahiriyah mungkin umurnya tidak panjang, namun karena kebaikan dan jasa-jasanya nantinya akan selalu dikenang meskipun sudah tiada, itulah sejatinya makna dari umur panjang.

Maka siswa-siswi harus selalu berusaha menjaga silaturahim antar sesama dan membiasakan diri untuk merendahkan hati agar selalu mendapat keberkahan selama hidupnya. Dengan perilaku siswa-siswi tersebut harapannya madrasah juga akan dianugrahi kemakmuran sebagaimana implikasi dari manfaat menjaga hubungan silaturrahim tersebut di atas.

Setelah itu kemudian diadakan halal bihalal dengan seluruh siswa dan para guru. (Syah)

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 22 Mei 2021 09:09

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.