Masuk

Pelantikan Pengurus OSIS dan Dewan Ambalan 2021-2022 – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Jadilah Manusia-manusia yang Prigel, Terampil, Cekatan, dan Berani

Featured Pelantikan Pengurus OSIS dan Dewan Ambalan 2021-2022 – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Jadilah Manusia-manusia yang Prigel, Terampil, Cekatan, dan Berani

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara selenggarakan Laporan Pertanggung-Jawaban dan Serah Terima Jabatan pengurus OSIS dan Dewan Ambalan selama dua hari berturut-turut. Dua hari itu tercatat Senin (14/6/2021) kemarin dan Selasa (15/6/2021) siang ini adalah hari dilaksanakannya agenda pamungkas dari masing-masing organisasi siswa tersebut.

Memang tidak seperti biasanya Ketua OSIS dan Pradana Dewan Ambalan yang biasanya menggunakan sistem voting atau pemilihan umum, namun kali ini pengurus baru adalah dari hasil musyawarah guru dan kepala madrasah. Namun untuk susunan kepengurusannya tetap diserahkan secara langsung kepada siswa. Begitu juga dengan proses Laporan Pertanggung-Jawaban dan Serah Terima Jabatan yang biasanya dilaksanakan Hall Muslimat NU dengan disaksikan oleh seluruh siswa-siswi dan dewan guru, kali ini dilaksanakan di Aula Madrasah dengan dihadiri oleh para pengurus saja, baik pengurus lama periode 2020-2021 maupun pengurus baru periode 2021-2022.

Di Kepengurusan OSIS yang baru dilantik ini ada perubahan jumlah yang sangat signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya berjumlah sekitar 80 sampai 90-an orang siswa. Kali ini Kepala Madrasah menghendaki hanya sekitar 40 sampai 45-an orang siswa saja. Hal tersebut untuk pertimbangan keefektifan dalam bekerja kedepannya. Sebagai Ketua OSIS baru tahun 2021-2022 dijabat oleh Ahmad Zakky Zain (XI IPA-3), dan Zairzalif Izzana (XI IPA-3) sebagai wakilnya. Sedangkan untuk Pradana Putra masa bakti 2021-2022 dijabat oleh Muhammad Ilham Ainun Nijam (XI IPA-1) dan Saidatul Ummah (XI IPA-3) sebagai Pradana Putrinya.

Dua acara ini berjalan cukup singkat. Setelah dibuka oleh Pembawa Acara, langsung dilanjutkan dengan  pembacaan Laporan Pertanggaung-Jawaban, setelah itu penanda-tangan berita acara serah terima jabatan oleh Ketua OSIS dan Pradana untuk Dewan Ambalan. Terakhir adalah Sambutan dan amanat dari Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara.

Di acara Laporan Pertanggung-Jawaban dan Serah Terima Jabatan Pengurus OSIS, beliau berpesan agar selalu ingat bahwa hidup di dunia ini tidak hanya ada hukum adat, Sunnatullah, dan tidak semua yang ada dunia ini karena sebab akibat. Belum tentu orang yang menikah dengan keluarga kaya pasti nantinya menjadi kaya. Belum tentu orang yang pintar pasti menjadi orang yang sukses. Belum tentu anak yang belajar di  perguruan tinggi favorit pasti akan terjamin masa depannya cerah. Tetapi yang perlu diingat adalah semua yang menentukan adalah Allah.

Sebagai manusia memang diwajibkan ikhtiar (berusaha), wajib berusaha meraih cita-cita, tetapi jangan sampai fanatik dan mendewa-dewakan usaha tersebut. Karena muaranya harus diingat bahwa yang terpeting adalah manfaat untuk diri sendiri, dan orang lain.

فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”.

Pada siang ini pada acara Laporan Pertanggung-Jawaban dan Serah Terima Jabatan Pengurus Dewan Ambalan Setiabudi – Fatmawati Gugus Depan 09.115-09.116, beliau juga mengingatkan bahwa madrasah ini memiliki madzhab pergerakan. Dari pergerakan inilah kemudian direalisasikan dengan banyaknya kegiatan-kegiatan yang diagendakan oleh madrasah. Hal tersebut tentu ada tujuan yang sangat mulia untuk mendidik siswa-siswi semua. Karena pada umumnya remaja saat ini lebih sibuk dengan hp-nya dan kemudian pacaran. Maka itu akan lebih baik jika waktu luang itu digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun untuk madrasah.

“Maka ketika ada komentar yang kurang baik tentang kegiatan kita, maka the show must go on, go a head !. Kita yang harusnya mencerahkan masyarakat, bukan kita yang dicerahkan oleh masyarakat. Apalagi banyak sekali orang yang saat ini memiliki watak egoistik, “emoh rekoso”. Karena menjadi orang yang bermanfaat, orang yang mulia, tidaklah mudah”, tegas beliau.

Kegiatan ini adalah salah satu media atau wasilah (jalan) untuk mendidik siswa-siswi menjadi pribadi yang terampil, cekatan, dan berani. Dan dari kegiatan tersebut madrasah menanamkan dasar kepada siswa-siswi agar menjadi orang-orang yang prigel, cekatan, menjadi pionir-pionir di madrasah maupun di masyarakat. (syah)

Galeri kegiatan Laporan Pertanggung-Jawaban dan Serah Terima Jabatan Pengurus OSIS 2021 – klik

Galeri kegiatan Laporan Pertanggung-Jawaban dan Serah Terima Jabatan Pengurus Dewan Ambalan 2021 - klik

Terakhir diperbarui pada Rabu, 16 Juni 2021 10:33

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.