Masuk

Ambalan Setiabudi – Fatmawati MA Matholi’ul Huda Troso Sukses Laksanakan LKP X Tahun 2022

Featured Ambalan Setiabudi – Fatmawati MA Matholi’ul Huda Troso Sukses Laksanakan LKP X Tahun 2022

Troso, MAMHTROSO.com – Gerakan Pramuka Gugus Depan 09.115-09.116 MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara Ambalan Setiabudi – Fatmawati selenggarakan Lomba Keterampilan Penegak ke-10 (LKP X) Tahun 2022, Senin (13/6/2022) kemarin.

Lihat galeri foto kegiatannya – klick disini

LKP ini adalah salah satu ajang lomba kepramukaan di MA Matholi’ul Huda Troso tiap akhir semester. Selain sebagai wadah kreatifitas siswa, juga sebagai salah satu media pendidikan dengan nilai-nilai Gerakan pramuka yang positif lainnya.

Sempat mandek selama kurang lebih 2 tahun akibat dari pandemic Covid-19, kali ini LKP dilaksanakan cukup berbeda. Upacara pembukaan yang biasanya dilaksanakan outdoor di halaman madrasah, sekarang berubah menjadi Gedung serba guna. Sehingga upacara pembukaan LKP X ini dilaksanakan secara indoor.

Dewan Ambalan Setiabudi – Fatmawati sebagai sangga kerja atau panitia pelaksana, telah merancang beberapa mata lomba yang cukup menarik. Ada 6 lomba yang dipertandingkan, yaitu Lomba Cerdas Tangkas Pramuka (LCTP), Lomba Orientering, Lomba Pionering, Lomba Pertolongan Pertama, Lomba Kewirausahaan, dan Lomba Video Iklan Layanan Masyarakat.

Sebanyak 16 kelompok pramuka, yang terdiri dari 7 kelompok putra dan 9 kelompok putri. Masing-masing kelompok terdiri dari sekitar 25 sampai 30 orang siswa. Mereka semua berlatih, berlomba-lomba untuk menjadi kelompok terbaik, atau sebagai Juara Umum LKP X.

Pada Lomba Cerdas Tangkas Pramuka (LCTP) materi yang diujikan adalah tentang sejarah ambalam, sejarah pramuka, tehnik pramuka, dan berita terkini. Pada babak penyisihan dilaksanakan di Gedung serba guna untuk menyeleksi 5 kelompok yang masuk final. Di final ada 3 babak, yaitu soal wajib, soal lemparan, dan soal rebutan. Ada yang menarik di soal rebutan ini, karena peserta yang bersedia menjawab harus menyelesaikan tantangan dari panitia.

Kemudian lomba orientering, setiap peserta dibekali peta. Mereka harus mencari letak-letak pos dengan petunjuk arah dan jarak yang mereka hitug dari peta. Dan di setiap pos mereka diberi tantangan untuk mempraktikkan semaphore, morse, dan sandi. Bagi peserta yang berhasil finish terlebih dahulu dan menjawab soal-soal di pos dengan benar, merekalah pemenangnya.

Lomba pionering, atau keterampilan ikatan dan simpul. Dengan peserta 4 orang masing-masing kelompok, mereka harus membuat kursi taman. Kreatifitas desain, kebenaran simpul dan kekuatan yang menjadi 3 poin penting dalam lomba ini.

Selanjutnya lomba pertolongan pertama. Fokus lomba ini adalah materi bantuan hidup dasar, peserta harus bisa mempraktikkan dengan benar tehnik resusitasi jantung paru untu memberikan pertolongan pertama untuk kasus darurat yang berkaitan dengan nafas dan nadi.

Lomba Kewirausahaan yang berfokus pada bidang kuliner dan banner promosi. Setiap peserta harus berkreasi membuat jajanan dan minuman yang unik, dan membuat media promosi dengan mendesain x banner. Penentuan harga juga sangat penting dalam lomba ini.

Terakhir, adalah Lomba Video Iklan Layanan Masyarakat yang bertema “Ayo sekolah dan mondok di MA Matholi’ul Huda Troso”. Banyak proses yang harus dilalui peserta ini. Mulai dari membuat konsep cerita (story board), kemudian shooting, rekaman, sampai editing. Mereka berlomba-lomba untuk menjadi kreator video yang hasilnya bisa ditonton oleh seluruh siswa di lantai 1 gedung serba guna.

Lomba Keterampilan Penegak X Tahun 2022 ini, yang berhasil menjadi Juara Umum 1 Putra adalah Kelompok 4 yang dibimbing oleh Karwadi, S.Ag. Kemudian Juara Umum 2 dan 3 berturut-turut adalah kelompok 2 yang dibimbing oleh Siti Saudah, S.Pd.I. dan Kelompok 3 yang dibimbing oleh Muhammad Arsyad. Untuk kelompok putri, sebagai Juara Umum 1 diraih oleh kelompok 11 yang dibimbing oleh Ainun Nadhifah, S.Pd.Si. Kemudian Juara Umum 2 dan 3 putri berturut-turut adalah Kelompok 14 yang dibimbing oleh Siska Noviana Dewi, S.Si. dan Kelompok 16 yang dibimbing oleh Fista Nihayah, S.Pd. (Syah)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.