Masuk

Ceramah Awal Tahun, Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Awali Niat yang Benar, dan Jangan Medzolimi Diri Sendiri

Featured Ceramah Awal Tahun, Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Awali Niat yang Benar, dan Jangan Medzolimi Diri Sendiri

Troso, MAMHTROSO.com – Memasuki tahun pelajaran baru 2022-2023, Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara mengadakan Cemarah Awal Tahun, Sabtu, (16/7/2022). Ceramah ini disampaikan oleh Drs. H. Nur Kholis Syam’un, beliau adalah salah satu pengurus Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Matholi’ul Huda Troso dan juga Pengasuh Pondok Pesantren Matholi’ul Huda Troso.

Diikuti oleh seluruh siswa mulai dari Kelas 7 sampai Kelas 12 termasuk santri baru. Acara ini dimulai pada pukul 07.15 WIB di Lantai 1 Gedung Serba Guna MTs. – MA Matholi’ul Huda Troso. Dalam ceramahnya, Drs. H. Nur Kholis Syam’un memulai dengan Istighfar dan Berdoa besama terlebih dahulu. Karena sebagai manusia pada umumnya memang sering melakukan kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja. Justru orang yang mengklaim dirinya adalah orang suci, termasuk sikap takabbur dan calon neraka. Dan memang seharusnya setiap manusia meminta taubat kepada Allah SWT.

Karena banyaknya kebiasaan orang yang mendzolimi dirinya sendiri. Inginnya menjadi orang yang mulia, tetapi keseharianya tidak mau melakukan perbuatan yang mulia. Maunya masuk surga, tetapi enggan melaksanakan sholat. Inginnya jadi anak yang pintar, tetapi tidak pernah belajar. Contoh-contoh perbuatan tersebut adalah bentuk mendzolimi diri sendiri. Astaghfirullah.

Setelah itu beliau mengajak doa bersama, baik untuk seluruh siswa, untuk orang tua, para guru, dan untuk proyek yayasan. Semoga semua siswa disadarkan akan kewajiban, dimudahkan dalam menuntut ilmu, semoga para orang tua dimudahkan rizkinya, semoga para guru diberi kesabaran, diberikan pentunjuk dalam membimbing para siswa, dan semoga setiap proyek dan kegiatan Yayasan selalu dilancarkan oleh Allah SWT. Dibarokahi dengan membaca surat Al Fatihah tiga kali.

Siswa dengan guru yang sama, pelajaran yang sama, kelas juga sama. Tetapi nanti pasti hasilnya berbeda-beda. Karena yang membedakan adalah niat. Siswa yang memiliki niat kuat, tentu dalam proses belajarnya akan bersungguh-sungguh. Berbeda dengan siswa yang dari awal tidak memiliki niat kuat, asal berangkat, maka tentu saja nantinya tidak mendapatkan apa-apa. Maka Drs. H. Nur Kholis Syam’un, mengingatkan agar seluruh siswa dan santri harus menata niat dengan benar.

Selanjutnya, beliau menyampaikan agenda hari ini. Untuk siswa lama yaitu daftar ulang dan mengembalikan raport. Sedangkan untuk calon siswa dan satri baru diagendakan mendapat surat pengumuman penerimaan peserta didik baru.

Berbeda di sekolah lain, Uang Daftar Ulang mungkin digunakan untuk dana pembangunan, dll. Tetapi di MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara, uang daftar ulang ini digunakan untuk kebutuhan administrasi siswa sendiri. Uang Daftar Ulang sebesar Rp 350.000,- nantinya digunakan untuk membayar SPP selama 2 bulan (Juli – Agustus) Rp 60.000,-/bulan. Kemudian LKS Semester Gasal Rp 90.000.,-. Uang OSIS Rp 50.000,-. Uang Komputer I (Semester Gasal) Rp 50.000,-. Uang Pekan Ulangan Bersama I Rp 20.000,-. Alat kebersihan kelas Rp 20.000,-.

Selanjutnya, seragam untuk siswa baru, tidak usah buru-buru dan memaksa orang tua. Di MA Matholi’ul Huda Troso toleransi minimal 1 bulan. Yang penting masuk sekolah telebih dahulu, mengikuti setiap agenda dan pelajaran dengan baik. Besok pagi Hari Ahad (17/6/2022) diagendakan untuk siswa lama, Kelas XI dan XII pembagian buku, LKS, dan Ruang Kelas. Sedangkan untuk siswa baru, Hari Senin akan diagendakan Daftar Ulang.

Terakhir, beliau menyampaikan arti dari nama Madrasah Matholi'ul Huda. Matholi’ul yang berarti tempat muncul dan Huda artinya petunjuk. Sehingga Matholi’ul Huda berarti tempat munculnya petunjuk. Majlis ini ditutup dengan Kafarotul Majlis sebanyak tiga kali. (Syah)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.