Masuk

Apel Pagi – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Iman Kepada Allah Adalah Dasar Kesadaran Siswa

Featured Apel Pagi – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Iman Kepada Allah Adalah Dasar Kesadaran Siswa

Troso, MAMHTROSO.com – Sebelum dilaksanakannya Pekan Ulangan Bersama ke-1 (PUB I) Semester Gasal Tahun 2022 siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara ikuti apel pagi, Sabtu pagi kemarin (24/9/2022).

Apel pagi ini dimulai pada pukul 07.00 WIB, dan setidaknya diikuti oleh seluruh siswa dan para guru yang memadati gedung serbaguna. Drs. H. Nur Kholis Syam’un, selaku Pengurus Yayasan Pendidikan Islam sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Matholi’ul Huda Troso, beliau memberikan banyak nasihat, informasi, dan juga pesan kepada seluruh civitas akedemika MTs. dan MA Matholi’ul Huda Troso. Apel pagi ini juga sebagai wadah untuk memupuk paradikma islami yang harus dimiliki oleh setiap warga Matholi’ul Huda Troso.

Diawal ceramahnya, beliau mengajak seluruh siswa doa bersama. Doa untuk semua keluarga, kerabat, guru, semoga yang sakit cepat sembuh, rizki dilancarkan dimudahkan oleh Allah. Dan semoga semua orang tua dan guru, madrasah dan yayasan semoga semakin kaya dan semakin memberkahi umat.

Pertama, beliau menyampaikan apa arti dari nama madrasah, Matholi’ul Huda. Kata “Matholi'ul” sendiri adalah Jamak Taksir dari Tunggal matla' yang memiliki arti “tempat terbit”. Kemudian arti dari Huda adalah Petunjuk. Maka Matholi’ul Huda adalah “Tempat terbitnya petunjuk”.

“Manusia-manusia yang di Matholi'ul Huda adalah manusia yang mendapat petunjuk, atau manusia-manusia yang membawa petunjuk. Apakah ketika kamu di sini tambah lebih baik, atau buruk. Indikator adalah beriman kepada Allah, Allah selalu melihat. Manusia kalau sudah tidak takut dosa, ketika manusia sudah tidak menganggap Allah itu ada, maka itulah awal kehancuran”, ungkap beliau.

Maka beliau berpesan betul kepada seluruh siswa agar tanamkan keimanan dalam diri. Agar tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dimurka oleh Allah SWT. Seperti contoh ngepek ketika ulangan, melakukan maksiat, anak berani orang tua, anak kendel karo gurune. Hal-hal tersebut dilakukan karena biasanya sudah tidak takut dosa atau tipis imannya.

Selain itu beliau juga menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh siswa. Mulai dari kebersihan kelas dan membuang sampah, pembayaran administrasi sekolah, pembiasaan gerakan infaq, dll. Siswa diajak doa bersama, semoga Allah memberikan kelancaran untuk pembangunan Gedung Serbaguna Matholi’ul Huda Troso yang sudah menghabiskan biasa lebih dari 1 miliar. Semoga semakin memberkahi, dan dapat digunakan berbagai macam kegiatan siswa baik ibadah, belajar, maupun kegiatan-kegiatan yang lain.

إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ ءَامَنُوا۟ بِرَبِّهِمْ وَزِدْنَٰهُمْ هُدًى

“Sesungguhnya mereka beriman kepada Tuhannya, dan kami tambah petunjuk”. (Surat Al Kahfi : 13).

(Syah)

Terakhir diperbarui pada Selasa, 27 September 2022 08:25

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.