Masuk

Mamat Cowi Ayahanda Ummi Nabila Rosyadah Meninggal, Seluruh Siswa dan Guru MA MH Troso Takziyah

Troso, MAMHTROSO.com – Mamat Cowi, warga Desa Troso RT 5 RW 1 kecamatan Pecangan Jepara, meninggal dunia pada Selasa (28/1/2020) malam hari sekitar pukul 19.00 WIB. Ayah dari siswi MA Matholi’ul Huda Troso, Ummi Nabila Rosyadah (XII IIS-2) itu berpulang setelah menderita penyakit stroke.

Seluruh siswa dan guru MA MH Troso berinisiatif melaksanakan takziyah untuk mendoakan dan menyampaikan rasa bela sungkawa atas meninggalnya ayahanda dari salah satu siswa kelas 12 ini. Rombongan diberangkatkan pada pagi hari sebelum proses pembelajaran di laksanakan. Seluruh siswa berjalan beriring-iringan menuju ke rumah duka yang berjarak sekitar 200 meter dari Kampus MA MH Troso.

Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso langsung memimpin rombongan takziyah. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bela sungkawanya, dan mendoakan semoga segala amal kebaikannya diterima serta mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah SWT. Selain itu pula beliau berpesan agar keluarga yang ditinggal diberikan kesabaran dan ketabahan atas musibah yang menimpa.

Kepergian ayah 5 anak itu tak hanya menyisakan duka bagi keluarga almarhum saja. Kesedihan juga dirasakan para pelayat, termasuk ratusan civitas akademika MA MH Troso yang bertakziyah di rumah duka.

Acara takziyah diisi dengan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh Ustadz Ahmad Azhari Nasir, S.H.I., M.S.I. dan barokah doa dipimpin oleh Ustadz H. Ismail, S.Pd.I. (syah)

  • 0
  • Baca: 51 kali

Tutup Buku Tahun 2019, Koperasi Karyawan (KOPKAR) Matholi’ul Huda Troso Bukukan Aset Sebesar 1,9 Milyar

Troso, MAMHTROSO.com – Koperasi Karyawan (KOPKAR) Yayasan Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara laksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) pagi ini, Jum’at (24/1/2020). Diselenggarakan di Aula MA Matholi’ul Huda Troso, mulai pukul 08.00 WIB. RAT kali ini dihadiri sedikitnya sekitar 128 anggota, dari total jumlah anggota sebanyak 149 orang. Baik dari unit RA, MI, MADIN, MTs. dan MA.  

Rapat yang berisi laporan pengurus dan pengawas Tahun 2019 serta penyusunan program kerja Tahun 2020 dilaksanakan lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya dilaksanakan pada Bulan Februari bahkan Bulan Maret, namun pada RAT kali ini pengurus dan pengawas berkomitmen untuk melaksanakan lebih awal yaitu di Bulan Januari.

Mustain, S.Sos.I. selaku sekretaris koperasi berperan langsung menjadi pembawa acara. Dengan rangkaian acara dimulai dari tahlil bersama dipimpin oleh Ahmad Azhari Nasir, S.H.I. M. Si. Serta barokah doa dipimpin oleh Surihan. Laporan umum dari bendahara KOPKAR Matholi’ul Huda Troso, yaitu Noor Faizin, S.Ag.

Dilanjutkan sambutan dari Perwakilan Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Menengah Kecil dan Transmigrasi Tenaga Kerja, Ibu Rumyati. Beliau menyampaikan bahwa dari 650 koperasi yang ada di Jepara, KOPKAR Matholi’ul Huda Troso berada di peringkat 15. Yang berarti 99% mencapai sempurna dan dalam keadaan sangat sehat. Sebelum membuka RAT pada pagi hari ini, beliau juga berpesan agar seluruh komponen koperasi baik dari pengurus dan anggota semuanya harus berbuat yang terbaik untuk kesehatan koperasi. Diantaranya selalu tepat waktu dalam membayar angsuran tiap bulannya. Selain itu agar koperasi menjadi lebih besar lagi, anggota tidak hanya aktif membayar simpanan wajib tetapi juga mengembangkan dengan menggunakan uang koperasi untuk usaha-usaha mikro lainnya. Bahkan beliau mengusulkan supaya memberikan reward kepada anggota yang memiliki jasa tertinggi kepada Koperasi.   

Fadholi, S.Pd.I. selaku Ketua KOPKAR Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara menyampaikan laporan pengurus dengan singkat. Bahwa volume kredit mengalami kenaikan 13,41 % dari tahun sebelumnya. Total aset KOPKAR Matholi’ul Huda Troso sampai Desember Tahun 2019 sebesar Rp 1.883.800.000,-.

Dilanjutkan dengan laporan dari pengawas KOPKAR Matholi’ul Huda Troso, oleh Drs. H. Nur Kholis Syam’un. Pertama beliau menyampaikan rasa syukurnya, karena koperasi yang telah berdiri sejak tahun 2002 dan dinotariskan secara resmi tahun 2007 sampai saat ini di tahun 2020 dapat berjalan dengan baik dan sehat. Beliau lebih menyampaikan perjuangan bagaimana pertama kali mendirikan koperasi di madrasah. Dimulai pada tahun 2001 bersama dengan H. Abdullah Handiq untuk mengadakan dana awal dengan pinjaman dari bank. Tetapi dalam perjalanan beberapa tahun ternyata salah satu dari anggota mengalami macet dalam kreditnya. Ahirnya pada 2001 bersama KH. Abdul Jalil dan H. Sucipto, S.Ag. membentuk lembaga keuangan yang bernama Koperasi Karyawan (KOPKAR) dan resmi dinotariskan pada tahun 2007. Yang pada saat peresmian awal langsung dihadiri oleh Bupati Jepara, Drs. H. Hendro Martojo, MM.

Penyusunan program kerja Tahun 2020 KOPKAR Matholi’ul Huda Troso dipimpin langsung oleh Fadholi, S.Pd.I. Tidak banyak yang berubah dari Tahun 2020. Dari beberapa bidang hanya ada perubahan pada bidang usaha. Jika pada tahun sebelumnya jasa pinjaman sebesar 1,5 %, untuk Tahun 2020 terhitung mulai Bulan Februari nanti jasa pinjaman diturunkan menjadi tinggal 1 %. Perubahan ini kemudian disepakati oleh seluruh anggota yang hadir.

Di akhir acara RAT pukul 10.00 WIB pengurus KOPKAR Yayasan Matholi’ul Huda Troso membagikan Selisih Hasil Usaha (SHU) dan doorprize sebanyak 282 macam. Doorprize tersebut berupa minyak goreng, paket mie instan, deterjen, sabun mandi, piring, sandal, dll. Semua anggota yang hadir mendapatkan doorprize ini, bahkan ada banyak anggota yang mendapat 2 sampai 3 jenis doorprize karena insentif kehadiran bagi anggota yang tidak hadir juga ikut dijadikan doorprize. (Syah)

  • 0
  • Baca: 75 kali

Jelang UNBK MA MH Troso Siapkan Mental Siswa Kelas XII DenganTry Out Selama 4 Hari

Troso, MAMHTROSO.com – Siswa Kelas XII MA Matholi’ul Huda Troso Tahun Pelajaran 2019-2020 mengikuti Try Out Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mulai kemarin, Senin (20/1/2020). Dan sesuai dengan jadwalnya Try Out ini akan dilaksanakan selama 4 hari yaitu sampai Kamis (23/1/2020).

MA Matholi’ul Huda Troso memiliki 3 ruang laboratorium komputer yang masing-masing ruang terdapat 36 unit komputer beserta cadangannya, sehingga total ada sekitar 120-an unit komputer yang digunakan. Sementara untuk siswa kelas XII yang berjumlah 200 lebih mengikuti Try Out UNBK ini dengan sistem 2 sesi setiap harinya. Bergiliran antara jurusan MIA dan IIS.

Pada hari pertama mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia. Kemudian untuk hari kedua sampai keempat berurutan adalah Matematika, Bahasa Inggris, dan mata pelajaran penjurusan pilihan.

Tujuan diadakan Try Out ini selain untuk memberikan tata cara pengerjaan soal dalam UNBK bagi calon peserta ujian nasional, juga untuk menguji kesiapan siswa untuk mempersiapkan UNBK yang akan dilaksanakan pada beberapa bulan mendatang. Karena setelah selesai mengerjakan ternyata muncul form hasil skor yang dapat dilihat oleh masing-masing siswa. Selain itu juga untuk menguji kesiapan ruang dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam UNBK. Baik mulai dari server, komputer client, dan perangkat-perangkat yang lain.

Yang paling penting dan yang menjadi sasaran utama dari Try Out ini adalah pematangan penguasaan mental dan teknik bagi siswa. Secara keseharian mereka sudah tidak asing dengan alat komunikasi canggih atau komputer, karena situasi ujian sangat berpengaruh terhadap mental siswa, maka Try Out juga berfungsi sebagai ajang penggemblengan mental. Dengan penggemblengan mental di harapkan siswa tidak gugup dan tenang dalam menghadapi ujian berbasis komputer, sehingga mereka bisa mendapatkan hasil nilai yang maksimal dan memuaskan.

Dengan tujuan tersebut maka Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso mengambil kebijakan untuk tidak memberikan waktu penuh 120 menit di setiap sesinya. Untuk sesi pertama biasanya dimulai pada jam ke-2 tepatnya pada pukul 08.30 WIB sampai pukul 10.15 WIB sesuai dengan waktu istirahat. Dan sesi kedua dimulai pada pukul 10.40 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Hal tersebut disebabkan selain tujuan utama Try Out UNBK ini sudah terpenuhi, siswa-siswi Kelas XII juga harus tetap mengikuti agenda madrasah lainnya, seperti Intrakurikuler Pramuka, Muhadlarah, dll. (Syah)  

  • 0
  • Baca: 73 kali

Peringati Hari Amal Bakti (HAB) Ke-74 Kementerian Agama, MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso Selenggarakan Apel Pagi, Asmaul Husna, Khotmul Qur’an dan Istighatsah Bersama

Troso, MAMHTROSO.com – Meskipun Hari Jum’at seluruh Civitas Akademika MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso berangkat ke madrasah hari ini, Jum’at (3/1/2020). Masuk perdana setelah libur Semester Gasal ini digunakan untuk memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Kementerian Agama Tahun 2020.

lihat galerinya - klik 

Lebih dari 1.200-an siswa dan guru sejak pagi tadi mengikuti serangkaian acara peringatan HAB ke-74 kali ini. Mulai dari apel pagi di halaman madrasah yang dipimpin langsung oleh Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala MA Matholi’ul Huda Troso. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan asma’ul khusna, khotmul qur’an, dan istighatsah di dalam kelas masing-masing.

Pada apel pagi kali ini berbeda, karena Drs. H. Nur Kholis Syam’un menceritakan sejarah tentang berdirinya Departemen Agama hingga menjadi Kementerian Agama dan juga sejarah berdirinya lembaga-lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Matholi’ul Huda Troso.

Kementerian Agama adalah kementerian yang bertugas menyelenggarakan pemerintahan dalam bidang agama. Usulan pembentukan Kementerian Agama pertama kali disampaikan oleh Mr. Muhammad Yamin dalam Rapat Besar (Sidang) Badan Penyelidik Usaha – Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), tanggal 11 Juli 1945. Namun dengan berbagai berdebatan di banyak sidang, akhirnya Kementerian Agama berhasil dibentuk pada tanggal 3 Januari 1946. Dengan sejarah yang panjang itu semestinya lembaga-lembaga pendidikan yang ada dibawah naungan Kementerian agama wajib memperingati Hari Amal Bakti (HAB). Termasuk yang dilaksanakan di MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso pada pagi ini.

Sejak Tahun 1947 para tokoh, sesepuh, dan kyai di Troso sudah mendirikan pendidikan madrasah tingkat dasar, menempati tanah wakaf dari Bpk. Abdul Ghoni. Pada tahun 1965 juga mendirikan pendidikan menengah pertama, Muallimin di gudang kain milik Bpk. Sudar. Setelah 2 - 3 tahun Mualllimin dipindahkan ke kampung Krajan. Namun karena situasi politik yang tidak kondusif, akhirnya Muallimin dipindahkan ke Pecangaan pada tahun 1971 dan menjadi cikal bakal lembaga pendidikan Yayasan Walisongo Pecangaan. Dan nama Walisongo itu sendiri adalah atas usulan KH. Abdul Jalil Al Khafid. Hampir seluruh pendirinya adalah orang Troso kecuali KH. Mahfudz Asymawi Pecangaan Kulon. Berlanjut Tahun 1988 YPI. Matholi'ul huda Troso mendirikan Raudlatul Atfal (RA) atas inisiatif dari para pengurus Muslimat NU, RA ini didirikan di atas tanah wakaf milik Bpk. Karmisan dan Ibu Darmi. Kemudian setelah berjalan beberapa tahun pengelolaan RA ini dilimpahkan kepada YPI Matholi’ul Huda Troso. Pada tahun 1989 pendidikan madrasah tingkat dasar baru dinotariskan dan resmi menjadi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Matholi’ul Huda 01 Troso dibawah naungan YPI Matholi'ul Huda Troso dengan kepengurusan yang baru yang diketuai oleh KH. Abdul Jalil Al Hafidz mengganti pengurus yang lama. Pada awal tahun 1990-an YPI Matholi'ul Huda Troso bersama para tokoh, sesepuh, dan para kyai Desa Troso mendirikan Madrasah Dinniyah Awaliyah dan Wustho. Dan akhirnya pada tahun 1996 mendirikan Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Matholi’ul Huda Troso pertama kali ditempatkan di Gedung Muslimat NU disekat menjadi 3 kelas. Dan pada tahun 2003 mendirikan Madrasah Aliyah (MA) Matholi’ul Huda Troso.

Dalam sebuah perjalanan pasti ada duri, tidak mungkin jalan itu selalu lurus. Begitupun perjalanan madrasah kita sudah biasa mendapat banyak fitnahan. Namun semuanya harus dihadapi dengan kominten yang kuat. Semuanya harus satu visi dan satu tujuan, maka fitnah-fitnah itu akan terkikis dengan perjalan madrasah yang luar biasa.

المَدْرَسَةُ بِأَبْنَائِهَا وَبَنَاتِهَا لَابِبِنَائِهَا

“Madrasah yang baik dan bermutu tergantung pada baik dan mutunya para murid, guru, dan pengelolanya. Bukan berdasarkan gedung dan bangunannya yang megah”, ungkap beliau di akhir-akhir pidatonya.

Usai apel pagi, seluruh siswa masuk ke kelas masing-masing dan langsung mengadakan asma’ul husna, khotmul qur’an, dan istighatsah bersama. (syah)

  • 0
  • Baca: 160 kali

Gugus Depan 09.115-116 MA Matholi’ul Huda Troso Melantik 200 Anggota Pramuka Penegak Bantara Dan 150 Anggota Penegak Laksana

Troso, MAMHTROSO.com – Seperti biasa pada liburan Semester Gasal Pramuka Gugus Depan 09.115-09.116 MA Matholi’ul Huda Troso Ambalan Setiabudi – Fatmawati selenggarakan Ujian Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penegak Bantara dan Laksana kemarin, Selasa dan Rabu (24-25/12/2019). Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari berturut-turut. Untuk hari pertama diagendakan Ujian SKU Penegak Bantara Siswa Kelas X yang ikuti setidaknya ada 200-an siswa. Sementara untuk hari kedua diagendakan Ujian SKU Penegak Laksana untuk Siswa Kelas XI yang diikuti sekitar 150 anggota. 

Lihat galerinya - link 1 - link 2

Acara ini dimulai pada pukul 06.30 WIB sampai pukul 15.00 WIB di kampus madrasah MA Matholi’ul Huda Troso. Setiap peserta ujian harus menyelesaikan 22 nomor jenis ujian di Buku SKU Penegak baik tingkat Bantara maupun Laksana. Dewan Ambalan sebagai sangga kerja menyiapkan 9 ruang untuk ujian SKU ini. Setiap ruang terdapat 4 sampai 6 penguji oleh Pembina yang dibantu Dewan Ambalan. 

Dengan sistem roling setiap peserta harus menyelesaikan ujiannya dari ruang 1 sampai di ruang 9. Apabila ada peserta yang tidak memenuhi kriteria kelulusan maka tim penguji memberikan kesempatan untuk belajar kembali dan mengulang ujian SKU ini sampai peserta bisa mencapai kriteria kelulusannya.

Sebelum ujian SKU ini dilaksanakan, seluruh peserta baik tingkat Penegak Bantara maupun Laksana pada satu minggu sebelumnya diberikan materi ujian yang sudah dipersiapkan oleh pembina. Sebagain besar ujian dilaksanakan dengan metode tanya jawab secara lisan atau praktik langsung.

Dari 22 nomor ujian SKU semuanya memiliki nilai-nilai positif untuk pembentukan karakter anggota pramuka penegak. Pertama, nilai religius. Setiap anggota harus dapat menjelaskan dan menjabarkan berkaitan dengan Rukun Iman, Rukun Islam, Sholat Sunnah, Sholat Berjama’ah, Tajhizul Jenazah, Zakat, sampai menghafal hadits-hadits pendek dan surat tematik dari Al Qur’an. Kedua, nilai sosial. Terdapat beberapa nomor ujian yang berkaitan dengan tata cara diskusi, menyampaikan kritik, kehidupan bertoleransi, cara komunikasi, sampai pada kerja bakti. Ketiga, nilai pengetahuan. Anggota pramuka penegak harus setidaknya memahami AD & ART Gerakan Pramuka, Sejarah Pramuka, Tanda Alam, dll. Keempat, nilai patriotik. Terdapat materi pengamalan pancasila, peran Indonesia di ASEAN dan PBB. Kelima, nilai keterampilan. Peserta juga diuji tentang kewirausahaan, pionering aplikatif, aturan baris-berbaris, dll. Dan yang terakhir nilai kesehatan. Bagian akhir nomor ujian SKU juga menguji pengetahuan olah raga, perkembangan fisik, kesehatan reproduksi, dan memahami jenis-jenis penyakit baik karena infeksi, degeneratif, dan yang disebabkan pola hidup tidak sehat.

Hingga pukul 14.00 WIB seluruh anggota hampir semuanya dapat menyelesaikan ujian ini dengan baik. Meskipun ada beberapa siswa yang belum bisa menyelesaikan semua nomor ujian SKU, namun dari pembina mengambil kebijakan untuk memberikan tugas agar dikerjakan di rumah sebagai syarat kelulusan. Kemudian Dewan Ambalan langsung mengadakan upacara pelantikan. Seluruh peserta dengan khidmat mengikuti upacara tersebut dengan mengucapkan tri satya bersama-sama sebagai kode kehormatan gerakan pramuka.

Dengan ujian SKU ini bagi siswa yang sudah lulus berhak memakai Tanda Kecakapan Umum (TKU) yang berarti di atas pundak mereka memiliki tanggung jawab yang lebih untuk menjaga nama baik Ambalan dan berusaha memajukan gerakan pramuka dengan menjadi pribadi yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, dan menjunjung nilai-nilai luhur. (Syah)

  • 0
  • Baca: 128 kali

Apel pagi – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Madrasah yang Bermutu Tergantung Mutu Murid-Muridnya Bukan Gedungnya

Troso, MAMHTROSO.com – Sebelum memasuki hari libur Semester Gasal tahun 2019, Drs. H. Nur Kholis Syam’un Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso mengadakan apel pagi, Senin kemarin. (23/12/2019). Apel kali ini diikuti oleh seluruh siswa MA Matholi’ul Huda Troso di halaman madrasah sebelum memasuki ruang kelasnya masing-masing.

المَدْرَسَةُ بِأَبْنَائِهَا وَبَنَاتِهَا لَابِبِنَائِهَا

“Madrasah yang baik yang bermutu tergantung bagaimana baik dan mutunya murid-murid itu. Bukan berdasarkan gedung dan bangunannya yang megah”, ungkap beliau di awal-awal pidatonya.

Dari ungkapan tersebut jelas bahwa gedung, bangunan dan fasilitas itu hanya alat penunjang pendidikan. Akan tetapi yang terpenting adalah kualitas dari para siswa-siswinya. Hal tersebut sudah menjadi salah kaprah untuk masyarakat umum. Bahwa bangunan yang bagus pasti pendidikannya berkualitas. Anggapan ini memang kurang tepat mengingat faktanya siswa yang sekolah di MA Matholi’ul Huda Troso belum tentu kalah dengan siswa-siswi yang ada di sekolah bergedung megah. Semuanya tergantung niat dan kesungguhan dari siswa-siswinya.

Berlanjut dengan sekolah yang baik dan bermutu seyogyanya juga harus mencetak siswa-siswi yang bermutu pula. Artinya siswa mempunyai kepribadian, moralitas dan mentalitas yang baik, baru kemudian ditopang dengan akademis yang baik. Dan untuk mempunyai kepribadian, moralitas, dan mentalitas yang baik dibutuhkan pembiasaan. Maka diperlukan berbagai aktifitas dan kegiatan yang berkelanjutan dan konsisten. Maka dari itu di MA Matholi’ul Huda Troso memiliki madzhab pergerakan dan kegiatan.

Berikutnya Kepala Madrasah menyampaikan beberapa agenda madrasah ke depannya. Yang pertama, untuk Hari Selasa (24/12) dan Rabu (25/12) Gugus Depan 09.115/09.116 akan mengadakan kegiatan Ujian SKU dan Pelantikan Penegak Bantara Laksana, beliau menegaskan bahwa semua siswa Kelas X dan XI harus mengikuti kegiatan tersebut. Kedua, terkait dengan hari libur Semester Gasal Tahun 2019 beliau mengumumkan bahwa libur dimulai Hari Selasa (24/12) sampai Kamis (2/1). Dan kembali beliau menegaskan ketika waktu libur siswa jangan coba-coba berperilaku macam-macam. Seperti contoh rambut disemir, motor diprotoli, berpacaran, dll.

Terakhir untuk siswa Kelas XII diberitahukan bahwa mulai bulan Maret akan diselenggarakan Ujian Akhir Madrasah, Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Maka semuanya harus mempersiapkan dengan sebaik-baiknya. Hingga bulan April pada minggu pertama rencananya akan diagendakan piknik ke Jakarta. Namun harus selalu diingat bahwa Siswa Kelas XII baru dinyatakan tamat setelah mengikuti rangkaian kegiatan akhir, utamanya panggung gembira sampai perpisahan. Dan bagi yang tidak disiplin mengikuti agenda, maka tidak akan diluluskan.

Usai apel pagi, dilanjutkan dengan Pengumuman Hasil Perlombaan Class Meeting oleh Panitia atau OSIS MA Matholi’ul Huda Troso. Dari total 18 lomba dengan sistem medali keluar sebagai Juara Umum Class Meeting Semester Gasal Tahun 2019-2020 adalah Kelas XII MIA-1. Juara 2 Hasta Karya, Juara 1 Kalam Al jama’iy, Juara 1 Poster, Juara 2 Halang Rintang, Juara 1 Komik, Juara 2 Bola Basket, Juara 1 Bola Voli, dll. (Syah)

Lihat galerinya - klik

  • 0
  • Baca: 127 kali

Al Kalam Al Jama’iy, Lomba Lagu POP dan Pitutur Agami, Lomba Nada Dakwah – 4 Mata Lomba Pamungkas di Class Meeting Semester Gasal Tahun 2019

Troso, MAMHTROSO.com – Rangkaian lomba dalam ajang Class Meeting Semester Gasal Tahun 2019 di MA Matholi’ul Huda Troso ini mencapai puncaknya di 3 hari terakhir pelaksanaannya. Class Meeting yang belangsung selama 11 hari ini melombakan 18 jenis mata lomba. Ada 3 kategori lomba yaitu kategori olah raga, permainan, dan keterampilan. Kategori olahraga mulai dari Bola Basket, Bola Voli, dan Futsal. Pada kategori Permainan mulai dari Bola Sarung Putri, Halang Rintang, Permainan Tradisional. Kategori keterampilan mulai dari Tahlil dan Murottal, Al Kalam Al Jama’I, Cipta Puisi, Al Barzanji, Memasak, Hasta Karya, Komik, Majalah Dinding, Pitutur Agami, Pop Religi, Nada dan Dakwah Islami, dan Mengukir Sandal.

Dan di penghujung waktu lomba ada 4 lomba yang dilaksanakan secara berturut-turut cukup menyita perhatian 559-an siswa MA Matholi’ul Huda Troso. Lomba tersebut adalah Lomba Al Kalam Al Jama’ie, Lomba Lagu POP dan Pitutur Agami, Lomba Nada dan Dakwah.

Lomba Al Kalam Al Jama’iy dilaksanakan pada Hari Kamis kemarin (19/12/2019). Lomba ini merupakan choral speaking, suatu pertunjukan suara dari puisi, cerita atau percakapan berirama yang ditampilkan secara berkelompok. Para peserta menyanyikan lagu sambil berbalas pantun dan diikuti oleh seluruh peserta sebagai suara latar dengan suara yang kuat dan lantang. Meskipun lomba Kalam Jama’iy ini tidak terlalu populer di kalangan siswa dan masih menggunakan rekaman suara sendiri dengan tehnik lipsync. Akan tetapi para siswa terlihat cukup paiawai layaknya profesional memainkan Kalam Jama’iy. Berbagai kreasi kostum juga diperlihatkan 17 kelas yang mengikuti lomba tersebut. 

Klik galerinya

Kemudian Lomba Lagu POP dan Pitutur Agami dilaksanakan pada Hari Sabtu kemarin (21/12/2019). Lomba ini paduan antara lomba menyanyikan lagu pop diiringi oleh MH Band dengan pidato bahasa jawa atau disebut pitutur agami. MH Band yang memiliki 5 personel yaitu Yusuf Sigit Fauzan, Soya Angga Arifin Nuha, Bogi Asyhar, Muhammad Rofiq, dan Faiz Ulil Albab. Mereka membawakan 8 lagu yang berjudul Pintu Taubat dari Zivilia, Sesungguhnya dari Ungu, I Will Survive dari Bonda Prakoso, Rapuh dari Opic, Tuhan Maha Cinta dari Nidji, Kuatkan Aku dari Vagetos, dan Dealova dari Once. Sementara untuk lomba pitutur agami keliahatan juri merasa kebingungan karena seluruh peserta dapat tampil dengan baik. Hal tersebut karena sebelum lomba seluruh peserta dibimbing langsung oleh Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso.

Klik galerinya

Lomba pamungkas adalah Lomba Nada dan Dakwah yang diselenggarakan pagi tadi, Ahad (22/12/2019). Paduan antara lomba seni pidato para siswa dan langsung dikaitkan lagu Rhoma Irama. Diiringi langsung oleh Orkes Melayu Maherta yang berkolaborasi salah satu guru Nur Muzaroh, S.Pd. Ada 17 judul lagu Rhoma Irama yang dikonversi menjadi bahan lomba dakwah siswa dan diperkuat dengan dalil-dalil. Semuanya adalah lagu-lagu tentang dakwah islam diantara judulnya adalah Bersatulah, Generasi Muda, Roda Kehidupan, Nilai Sehat, Akhlak, Pemarah, Musafir, Yatim Piatu, Putri Muslimah, Kawula Muda, Nafsu Serakah, Azza, Rabbana, Tersesat, Kehilangan, Narkoba, dan Boleh Saja. Lomba ini ditutup dengan satu lagu dari OM Maherta dengan judul Insyaallah.

Klik galerinya

Sementara untuk besok pagi diagendakan apel pagi dan pengumuman hasil perlombaan Class Meeting Semester Gasal Tahun 2019. (Syah)

  • 0
  • Baca: 151 kali

Keseruan di Class Meeting MA MH Troso Tahun 2019 dengan 18 Mata Lombanya

Troso, MAMHTROSO.com - Class Meeting Semester Gasal Tahun 2019-2020 MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara bergulir mulai kemarin, Rabu (11/12/2019). Rencananya event tiap akhir semester ini akan berlangsung selama 10 hari yaitu sampai Ahad (22/12/2019).

Sebagaimana yang ungkapkan oleh Kepala madrasah, Drs. H. Nur Kholis Syam’un bahwa Class Meeting di MA Matholi’ul Huda Troso tidak hanya untuk mengisi waktu luang saja setelah usai melakoni Penilaian Akhir Semester (PAS). Tetapi Class Meeting juga sebagai media pendidikan madrasah di luar kelas. Dengan menumbuhkan kerjasama, solidaritas, sportifitas, dan nilai-nilai positif yang lain. Maka tidak ada kata bolos, tidak masuk sekolah dengan alasan sudah tidak ada pelajaran. Karena semua yang diagendakan madrasah adalah untuk pendidikan siswa-siswinya.

Class Meeting yang akan dilaksanakan oleh OSIS ini rencananya akan diadakan 18 mata lomba. 18 mata lomba dalam Class Meeting kali ini adalah :

A. Kategori Olah Raga

  1. Bola Basket
  2. Bola Voli
  3. Futsal

B. Kategori Permainan

  1. Permainan Bola Sarung Putri
  2. Halang Rintang
  3. Permainan Tradisional

C. Kategori Kesenian dan Keterampilan

  1. Tahlil dan Murottal
  2. Al Kalam Al Jama’i
  3. Cipta Puisi
  4. Al Barzanji
  5. Memasak
  6. Hasta Karya
  7. Komik
  8. Majalah Dinding
  9. Pitutur Agami
  10. Pop Religi
  11. Nada dan Dakwah Islami
  12. Mengukir Sandal

Jika di saat siswa mengikuti Proses Belajar Mengajar di dalam kelas dilarang untuk teriak-teriak, tetapi berbeda pada saat Class Meeting siapapun bebas teriak untuk memberikan suport kepada teman-temannya yang bertanding. Apalagi dengan lomba-lomba yang di laksanakan di halaman utama madrasah. Seluruh siswa dapat menyaksikan secara langsung dari lantai 1 hingga lantai 3 seperti di stadion pertandingan. Mereka menyaksikan keseruan pertandingan dengan teriakan-terikan mereka.

Class Meeting ini adalah kegiatan sekolah yang mempertemukan antar kelas dalam berbagai pertandingan dan perlombaan. Selain untuk mempererat tali silaturrahmi antar sesama siswa, juga menjadi ajang menambah keakraban antara siswa di sekolah. Menjadi media refreshing siswa seusai ujian semester dan menyalurkan bakat dan minat siswa dalam berbagai bidang kegiatan. Selain itu juga melatih mental bersaing dan sportifitas dalam perlombaan dan pertandingan. (Syah)

 

  • 0
  • Baca: 241 kali
Berlangganan RSS feed