MA Matholi'ul Huda Troso

MA Matholi'ul Huda Troso

Seorang web administrator, reporter, dan penulis berita di MA Matholi'ul Huda Troso.

Surel situs web: http://www.mamhtroso.com/

SEKOLAH BERASRAMA MEMBENTUK JATI DIRI YANG LEBIH KUAT

By : Shaleka Alaeka

 

Pendidikan berbasis asrama atau yang lebih sering disebut dengan boarding school merupakan salah satu bentuk alternatif pendidikan yang semakin menjadi tren di dunia pendidikan saat ini. 

Terdapat berbagai bentuk dan karakteristik pendidikan yang berbasiskan asrama atau boarding school. Sebagai orang awam, pengelompokan sekolah berasrama yang paling mudah diidentifikasi adalah asrama keagamaan dan juga asrama umum. 

Sekolah berasrama keagamaan adalah sekolah berbasis agama yang terfokus pada penguasaan ilmu-ilmu agama. Seperti, menghafal Al-Qur'an, kajian kitab kuning, dll.

Adapun sekolah berasrama umum adalah, sekolah-sekolah formal reguler yang mengikuti kurikulum nasional, kegiatan asramanya pun terfokus pada pendidikan-pendidikan umum. Sekolah berasrama model inilah yang banyak disinggung oleh 'Bapak Pendidikan Nasional Indonesia' yaitu Ki Hajar Dewantara, sehingga diyakini bahwa, pendidikan berbasis asrama adalah model pendidikan ideal di Indonesia.

Selain sebagai model pendidikan ideal di Indonesia, sekolah berbasis asrama juga  memiliki banyak manfaat untuk para siswanya. Baik manfaat dalam pembentukan jati diri ataupun kecerdasan otak.

 Manfaat-manfaat boarding school dalam pembentukan jati diri, antara lain:

1. Membuatmu menjadi lebih bertanggungjawab.

    Dengan peraturan khusu yang ada di asrama, akan mengajarkanmu untuk lebih bertanggung jawab pada dirimu sendiri.

    Walaupun mungkin pada awalnya akan terasa sangat berat untuk mematuhi peraturan-peraturan asrama, tapi seiring dengan berjalannya waktu            makan peraturan-peraturan tersebut akan berubah menjadi kebiasaan baik untukmu.

2. Mandiri

    Setelah resmi memasuki asrama, kamu harus siap melepaskan kenyamanan ala rumahan, dan juga ketergantungan pada orang tua.

    Karena di asrama kamu tidak akan lagi bisa bertemu kedua orangtuamu, ataupun menikmati fasilitas layaknya ketika berada di rumah.

    Di sini, kamu akan belajar untuk terbiasa mengurus segala sesuatunya sendiri. Dan dengan terbiasa melakukan segala sesuatu sendiri inilah yang          membuatmu cenderung percaya diri, dan lebih berani menjalani hidup.

3. Melatih kedisiplinan.

    Jika kemandirian penuh sudah menjadi rutinitas, rasa tanggung jawab pun semakin meninggi. Satu lagi manfaat yang bisa membentuk karaktermu        menjadi lebih baik. Yaitu, kedisiplinan.

 

Dengan bersekolah di asrama, hidupmu akan menjadi lebih teratur. Karena, seluruh kegiatan yang ada di sana sudah diatur juga terjadwal dengan baik. Baik itu jadwal kegiatan ataupun beribadah.

 Selain beberapa poin di atas, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari sekolah berasrama. Namun, jika disimpulkan manfaat utama dari bersekolah di boarding school adalah kamu akan memiliki karakter dan kepribadian yang kuat.

Hal ini sangat bermanfaat untuk masa depanmu. Bagaimanapun juga, karakter dan kepribadian itu akan sangat berguna bagimu untuk hidup bermasyarakat.

Baca selanjutnya...

Viral, Pikap Jadi-jadian Ini Bikin Heboh Warganet

MAMHTROSO.COM -- Modifikasi kendaraan yang tidak umum rupanya bisa menimbulkan kehebohan masyarakat, khususnya warganet. Kali ini sebuah pikap yang bisa terlepas dari bak mencuri perhatian.

Bagian depan dari pikap ini bahkan bisa dipisahkan dari bak belakang yang biasa digunakan untuk memuat barang. Sehingga pikap ini mendapat julukan 'kepala buntung'.

Kehadirannya pun begitu mencuri perhatian masyarakat dan kian viral bahkan hingga ke akun-akun komedi luar negeri. Penasaran seperti apa penampakan pikap 'kepala buntung' viral ini? Simak ulasan selengkapnya.

Kepala Bisa Dilepas dari Badan

Sebuah mobil pikap berwarna hitam baru saja berhasil mencuri perhatian masyarakat luas. Pikap ini bukanlah pikap biasa, melainkan memiliki keistimewaan tak ditemukan pada mobil pikap lainnya.

Diketahui bagian depan dari mobil ini yaitu tempat di mana sopir biasa mengemudi dapat dilepas. Bagian depan atau kepala mobil ini bisa dipisahkan dari badan atau bak yang biasa dipakai untuk memuat barang.

Seperti dikatakan dalam tayangan saluran Youtube BAPAK MUSTOFA KEPALA JENGGOT, mobil pikap tersebut sontak menjadi sorotan banyak kalangan. Mobil pikap yang mendapat julukan 'kepala buntung' itu pun juga berhasil mencuri perhatian akun-akun komedi di luar negeri.

"Banyak yang terhibur dengan sosok pikapku, atau pikap buntung ini hahaha. Bahkan banyak di upload di kanal-kanal komedi luar negeri," ungkap keterangan dalam tayangan.

Berbadan Motor

Bahkan ketika dipisahkan dari badannya, pikap ini tetap masih bisa dikendarai. Nampak dari tayangan yang beredar, pikap tersebut mempunyai badan motor.

Sehingga nampak memiliki sebanyak tiga roda. Di bagian depan sudah terdapat dua roda, dan didukung dengan satu roda di bagian belakang. 

Komentar Warganet

Untuk mengisi bahan bakar, tempatnya pun terletak di bagian belakang dekat dengan satu rodanya. Kehadirannya pun sontak mencuri banyak pihak. Banyak dari mereka yang memberikan reaksi lewat ragam komentar yang ditinggalkan.

"Kekreatifan orang Indonesia yg membuat orang Jepang menangis melihatnya.....lanjutkan bang ide ide yg g masuk akal jadi fantastik," tulis komentar akun Haris Andrea.

"Bapak mustofa memang kreatif.Amazing.Iki nembe karya anak bangsa," lanjut Mas Ali Mancing.

"Sumpah keren bngt bang, kreatif inovatif dan imajinasi yg tinggi...karya karya yg bikin anak indonesia selalu bangga," papar Wahyu Firmansyah.

"NGAKAK ABIS SUMPAH," timpal Ricky Hidayat. 

https://www.liputan6.com/otomotif/read/4680823/viral-pikap-jadi-jadian-ini-bikin-heboh-warganet

 

Baca selanjutnya...

2 Perlindungan yang Dijanjikan Allah SWT kepada Hamba-Nya

MAMHTROSO.COM -- Allah SWT memberikan dua macam perlindungan kepada hamba-Nya.

Dua macam perlindungan tersebut dijelaskan Ibnu Atha’illah as-Sakandari dalam kitabnya yang terkenal, yaitu al-Hikam.

Imam sufi besar yang hidup pada abad ke-13 itu mengatakan dalam mahakaryanya itu: 

الستر على قسمين. ستر المعصية، وستر فيها: فالعامة يطلبون من الله تعالى الستر فيها؛ خشية سقوط مرتبتهم عند الخلق، والخاصة يطلبون من الله الستر عنها؛ خشية سقوطهم من نظر الملك الحق.

"Tutup (perlindungan) Allah itu ada dua. Yang pertama adalah Allah menutupi (menghalangi) manusia dari perbuatan maksiat. Yang kedua, Allah menutupi aib-aib manusia yang melakukan maksiat. Manusia pada umumnya berharap Allah menutupi aib-aib maksiat mereka, karena khawatir derajat mereka jatuh di mata makhluk. Sedangkan orang-orang khusus (khas) berharap Allah menutupi (menjauhkan) mereka dari perbuatan maksiat karena khawatir kedudukan mereka jatuh di mata Allah."

Dalam buku terjemahan “Al-Hikam: Kitab Tasawuf Sepanjang Masa”, Syekh Abdullah Asy Syarqawi menjelaskan perkataan dari Ibnu Atha’illah tentang dua macam tirai Allah tersebut.

Pertama, menurut dia, tirai yang menghalangi seorang hamba dari kemaksian, misalnya dengan tidak memberinya sebab-sebab untuk melakukan maksiat. 

Kedua, tirai penutup saat hamba melakukan maksiat, misalnya dengan menutupi aibnya di hadapan semua orang saat ia melakukan maksiat atau sesudahnya.

Lebih lanjut, Syekh Abdullah mengatakan, manusia awam yang tidak memiliki keimanan selalu didominasi oleh pandangan mereka terhadap makhluk. 

Mereka selalu berharap dari makhluk berbagai manfaat dan keselamatan dari bahaya, sehingga mereka bersikap riya’ dan berpura-pura di hadapan semua makhluk.

Menurut Syekh Abdullah, mereka selalu tamak dan sombong di hadapan manusia. Mereka juga tidak suka jika manusia mengetahui hal-hal buruk yang ada pada diri mereka yang dapat menjatuhkan kedudukan mereka.

Oleh sebab itu, menurut dia, manusia cenderung meminta agar Allah menutupi aib mereka saat melakukan maksiat atau bahkan saat menyukainya. Hal itu dikarenakan mereka takur martabatnya jatuh di mata makhluk.

Jika makhluk mengetahui kondisi mereka, tentu mereka tidak akan mendapatkan apa yang mereka harapkan, yaitu manfaat dan keselamatan dari bahaya. Mereka itu lah orang-orang yang bersandar kepada selain Allah SWT.

Menurut Syekh Abdullah, mereka adalah ahli syirik tersamar yang dapat mengeluarkan pemiliknya dari hakikat keimanan. Tentang mereka, Allah SWT berfirman dalam penggalan surat An Nisa ayat 108: 

يَسْتَخْفُونَ مِنَ ٱلنَّاسِ وَلَا يَسْتَخْفُونَ مِنَ ٱللَّهِ وَهُوَ مَعَهُمْ 

“Mereka bersembunyi dari manusia, tetapi mereka tidak bersembunyi dari Allah, padahal Allah beserta mereka,” (QS  An Nisa’ ayat 108). 

https://www.republika.co.id/berita/r0tnxq320/2-perlindungan-yang-dijanjikan-allah-swt-kepada-hambanya

 

Baca selanjutnya...

Ketika Serangan Pemukim ke Al Aqsa Dilindungi Polisi Israel

MAMHTROSO.COM -- Pemukim rezim Zionis melancarkan serangan besar-besaran terhadap warga Palestina di Masjid Al Aqsa pada Ahad (10/10) dengan dukungan pasukan Israel. 

Menurut laporan Palestina Al-Youm, pemukim Zionis meneriakkan slogan anti-Islam setelah melakukan penyerangan di halaman Masjid Al Aqsa, menyebabkan bentrok antara pemukim Zionis dan warga Palestina tidak terelakkan. 

Mohammad Hamadeh, anggota senior Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas, baru-baru ini mengumumkan bahwa gerakan tersebut telah mengeluarkan seruan untuk kesiapan publik dalam membela Masjid Al Aqsa. 

Anggota senior Hamas tersebut menyatakan bahwa tindakan permusuhan pemukim Zionis dalam melancarkan serangan brutal terhadap Masjid Al Aqsa sepenuhnya terorganisasi dan telah direncanakan dengan matang, diperparah dengan adanya dukungan dari polisi Israel.

Sementara itu, Al-Yusufiye, sebuah pemakaman di dekat Masjid Al Aqsa dihancurkan secara sepihak oleh Israel. Ahmed al-Dajani, Direktur Eksekutif Komisi Perlindungan Makam Muslim, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa pengadilan Israel telah memberikan izin kepada Direktorat Arkeologi Israel untuk melakukan penggalian di lokasi yang dekat dengan kuburan.

Akibatnya, tulang belulang jenazah di dalamnya, kebanyakan merupakan warga Palestina, berserakan di sekitar pemakaman.  Beberapa warga Palestina datang untuk menyelamatkan sisa-sisa tubuh kerabat dan keluarga yang dikuburkan disana, ketika alat berat telah meninggalkan pemakaman.

Ahmed mengatakan, pemakaman itu merupakan rumah dari orang-orang Muslim yang menjadi korban dalam konflik terpecahnya Yerusalem menjadi dua bagian, yang terjadi antara 1948-1967. 

Pemakaman Al-Yusufiye, yang terletak di sebelah tembok yang mengelilingi Kota Tua, adalah salah satu kuburan Muslim tertua di Yerusalem yang diduduki.

Israel dilaporkan tengah merencanakan pembangunan sebuah taman di dekat pemakaman Al-Yusufiye, yang membuat  area pemakaman akan terdampak konstruksi.

Sebelumnya, pemerintah Israel juga berusaha menghancurkan tangga bersejarah yang mengarah ke Kota Tua dan Masjid Al Aqsa, namun upaya itu berhasil dicegah warga Palestina. 

https://www.republika.co.id/berita/r0tehf320/ketika-serangan-pemukim-ke-al-aqsa-dilindungi-polisi-israel

 

Baca selanjutnya...
Berlangganan RSS feed