MA Matholi'ul Huda Troso

MA Matholi'ul Huda Troso

Seorang web administrator, reporter, dan penulis berita di MA Matholi'ul Huda Troso.

Surel situs web: http://www.mamhtroso.com/

MA MH Troso Selenggarakan Pekan Ulangan Bersama (PUB) Ke-2 Semester Gasal 2018-2019

Troso, MAMHTROSO.com – Di Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018-2019 ini Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso selenggarakan Pekan Ulangan Bersama (PUB) yang ke-2. Salah satu evaluasi pembelajaran tersebut dimulai hari ini, Ahad (11/11/2018) dan rencananya akan dilaksanakan selama 4 hari ke depan sampai Hari Rabu (14/11/2018).

Diikuti oleh seluruh siswa MA Matholi’ul Huda Troso yaitu sebanyak 60 orang siswa Kelas X MIA, 87 orang siswa Kelas X IIS, 107 orang siswa Kelas XI IPA, 98 orang siswa Kelas XI IPS, 106 orang siswa Kelas XII IPA, dan 99 orang siswa Kelas XII IPS. Total peserta PUB ke-2 Semester Gasal kali ini mencapai 557 orang siswa yang terbagi menjadi 17 ruangan.

Pekan Ulangan Bersama ini adalah salah satu bentuk evaluasi hasil belajar peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaan sebanyak satu atau dua Kompetensi Dasar (KD). Bentuk evaluasi pembelajaran ini seperti halnya ulangan harian akan tetapi terorganisir secara sentral dari madrasah dan dilaksanakan dengan bersamaan sesuai dengan jadwal yang dibuat oleh panitia.

Peserta PUB juga menempati ruangan yang telah disiapkan denah tempat duduk sistem silang dengan kelas yang lain sebagaimana ulangan akhir semester. Cuma perbedaannya adalah soal yang diujikan kepada siswa adalah dari guru yang mengajarnya sendiri. Sehingga soal-soal yang diujikan lebih tepat sasaran sesuai dengan KD yang diajarkan. Soal yang diujikan dalam PUB berjumlah 10 – 15 buah yang semuanya berbentuk uraian dengan durasi waktu mengerjakan sekitar 40 - 50 menit.

Di MA Matholi’ul Huda Troso PUB ini adalah pengganti dari evaluasi konvensional Ulangan Tengah Semester (UTS). PUB sudah sejak lama diadakan di MA Matholi’ul Huda Troso dengan berbagai format dan teknis telah dievaluasi agar dapat berjalan dengan efektif. PUB ini ditetapkan sebagai agenda rutin madrasah dua kali dalam satu semester dengan meniadakan Ulangan Tengah Semester. Meskipun begitu MA MH Troso tetap mengikuti Ulangan Akhir Semester (UAS) dan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) dari Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) dan Kemenag.

Ada sebanyak 16 Mata Pelajaran yang diujikan kepada setiap jurusan dalam PUB kali ini. Mapel Umum yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sejarah, dan PKn. Jurusan IPA yaitu Biologi, Kimia, Fisika, Lintas Minat Sosiologi, Lintas Minat Geografi, dan Matematika Peminatan. Jurusan IPS yaitu Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Lintas Minat Biologi, Lintas Minat Kimia, dan Sejarah Peminatan. Sedangkan untuk XII karena masih menggunakan kurikulum KTSP ditambah dengan Keterampilan Grafis, Penjaskes, dan TIK. (Syah)

Baca selanjutnya...

Berita Duka : Bpk. Slamet Jono Ayahanda Putri Luthfiyatul Mahbubah Tutup Usia

Troso, MAMHTROSO.com - Setelah bertahun-tahun berjuang melawan penyakit stroke Slamet Jono ayahanda Putri Luthfiyatul Mahbubah salah satu siswi dari Kelas XII IPA-3 MA Matholi’ul Huda Troso Sabtu kemarin (10/11/2018) pulang ke Rahmatullah. Semasa masih sehat beliau tercatat pernah menjadi salah satu dosen dan juga pengurus di Stienu Jepara. Dan terakhir beliau tercatat sebagai Staf Bag. Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Unisnu Jepara.

Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso juga ikut mengaturkan rasa bela sungkawanya dengan bertakziyah. Sebelum prose pembelajaran dimulai pada pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB lebih dari 1.200-an orang siswa dan seluruh dewan guru menuju ke rumah duka yang sangat dekat dengan kampus madrasah.

Rombongan takziyah ini dipimpin oleh H. Musthofa Kamal. “Kita doakan semoga almarhum mendapatkan ampunan dan tempat yang layak di sisi Allah SWT,” kata H. Musthofa Kamal saat memberikan sambutan mewakili rombongan dari MA MH Troso.

Dilanjutkan Tahlil dipimpin oleh Noor Ubaidillah, S.Pd.I. dan doa dipimpin oleh Ahmad Azhari Nasir, S.H.I., M.S.I. (Syah)

Baca selanjutnya...

Ulat Kecil yang Berani

MAMHTROSO.COM -- Dikisahkan, ada seekor ulat kecil sejak lahir menetap di daerah yang tidak cukup air, sehingga sepanjang hidupnya, dia selalu kekurangan makanan. Di dalam hati kecilnya ada keinginan untuk pindah dari rumah lamanya demi mencari kehidupan dan lingkungan yang baru. Tapi dari hari ke hari dia tidak juga memiliki keberanian untuk melaksanakan niatnya. Hingga suatu hari, karena kondisi alam yang semakin tidak bersahabat, si ulat terpaksa membulatkan tekat memberanikan diri keluar dari rumahnya, mulai merayap ke depan tanpa berpaling lagi ke belakang.

Setelah berjalan agak jauh, dia mulai merasa bimbang, katanya dalam hati, “Jika aku sekarang berbalik kembali ke rumah lama rasanya masih keburu, mumpung aku belum berjalan terlalu jauh. Karena kalau aku berjalan lebih jauh lagi, jangan-jangan jalan pulang pun takkan kutemukan lagi, mungkin aku akhirnya aku tersesat dan… entah bagaimana nasibku nanti!”

Ketika si ulat sedang maju mundur penuh kebimbangan dan pertimbangan, tiba-tiba ada sebuah suara menyapa di dekatnya, “Halo ulat kecil! Apa kabar? Aku adalah kepik. Senang sekali melihatmu keluar dari rumah lamamu. Aku tahu, engkau tentu bosan kekurangan makan karena musim dan cuara yang tidak baik terus menerus. Kepergianmu tentu untuk mencari kehidupan yang lebih baik, kan?”

Si ulat pun menjawab, “Benar. Aku memutuskan pergi dari sarangku untuk kehidupan yang lebih baik. Apakah engkau tahu, apa yang ada di depan sana?”

“Aku tahu, jalan ke depan yang akan kau lalui, walaupun tidak terlalu jauh tetapi terjal dan berliku, dan lebih jauh di sana ada sebuah goa yang gelap yang harus kau lalui, tetapi setelah kamu mampu melewati kegelapan, akan terbentang sebuah tempat yang terang, indah dan sangat subur. Kamu pasti menyukainya. Di sana kau pasti bisa hidup dengan baik seperti yang kamu inginkan.”

Si kepik dengan bersemangat memberi dorongan kepada ulat yang tampak ragu dan ketakutan. “Kepik, apakah tidak ada jalan pintas untuk sampai ke sana?”

“Tidak sobat. Jika kamu ingin hidup lebih baik dari hari ini, kamu harus melewati semua tantangan itu. Nasihatku, tetaplah berjalan langkah demi langkah, fokuskan pada tujuanmu. Niscaya kamu akan tiba di sana dengan selamat. Selamat jalan dan selamat berjuang sobat!” Sambil berteriak penuh semangat, si kepik pun meninggalkan ulat.

Pembaca yang budiman,

Memang benar! Kemenangan, kesuksesan adalah milik mereka yang secara sadar, tahu apa yang menjadi keinginannya sekaligus siap menghadapi rintangan apapun yang menghadang, serta mau memperjuangkannya habis habisan melalui cara yang benar/halal.

Pengertian sukses secara sederhana memang demikian, telah dipraktikkan oleh manusia sukses berabad-abad lampau sampai saat ini sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Maka untuk meraih kesuksesan yang maksimal, kita tidak memerlukan teori teori kosong yang rumit. Cukup tahu akan nilai yang akan dicapai dan take action! Ambil tindakan!

Salam Sukses Luar Biasa!!!

http://www.andriewongso.com/ulat-kecil-yang-berani/

 

Baca selanjutnya...

Oportunis

Oportunis berasal dari bahasa Inggris opportunity: peluang. Sedangkan akhiran -is merujuk pada orangnya. Dari kacamata ini, sepertinya wajar saja, hanya berarti “orang yang mengambil peluang”. Tapi tunggu dulu—oportunis adalah sikap yang suka mengambil tiap kesempatan belaka dengan mengacuhkan prinsip yang dia pegang. 

Contoh, saat terjadi bencana alam—banyak yang kesulitan mencari tempat berlindung, bahan makanan, serta MCK. Bagi sebagian orang, saat seperti itu waktunya membantu sesama. Namun bagi oportunis, dia akan berusaha cari keuntungan. Misal menyewakan rumahnya untuk menginap, menjual makanan lebih mahal atau menarik biaya MCK lebih dari biasa. Oportunis cenderung pintar mengambil peluang, tak peduli sekecil apapun asal menguntungkan. “Untung” untuk diri sendiri, bukan yang lain. 

Bila yang memiliki sifat ini seorang pemimpin atau pejabat publik yang dipilih oleh rakyat, digaji gede, kerjanya duduk, rapat (bahkan sambil tidur) yang menaungi nasib banyak orang, tapi hanya mementingkan diri sendiri untuk keuntungan pribadi—apakah wajar?

Kiai ToHar

https://www.caknun.com/2018/oportunis/

 

Baca selanjutnya...
Berlangganan RSS feed