MA Matholi'ul Huda Troso

MA Matholi'ul Huda Troso

Seorang web administrator, reporter, dan penulis berita di MA Matholi'ul Huda Troso.

Surel situs web: http://www.mamhtroso.com/

3 Siswa MA Matholi’ul Huda Troso Mengukir Prestasi di Kejuaraan Karate Tingkat Kabupaten Jepara

Troso, MAMHTROSO.com – 3 siswa Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara mengukir prestasi di Kejuaraan Karate Antar Dojo/Ranting Se-Kabupaten Jepara, Ahad (27/11/2022) kemarin. Mereka adalah Yusuf Izza Mushabillah (XI MIPA-1), Ahmad Fariqul Anam (XI MIPA-1), dan Naila Izzanatul Faizani (X IPS-1).

Kejuaraan Karate ini diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia Kabupaten Jepara. Mereka bertiga mengikuti Kelas festival kata yaitu kelas yang dipertandingkan untuk karateka-karateka baru dari sabuk putih sampai sabuk hijau.

Deny Sulisdiyanto dan Abdul Basir, selaku pelatih (senpei) ekstrakurikuler karate di MA Matholi’ul Huda Troso mengungkapkan bahwa salah satu diselenggarakannya event ini adalah untuk memberi kesempatan bagi karateka-karateka baru untuk berprestasi dan juga untuk menjaring bibit-bibit baru.

Untuk kategori putra, Yusuf Izza Mushabillah berhasil meraih juara 2, Ahmad Fariqul Anam di juara 3, dan Naila Izzanatul Faizani berhasil meraih juara 2 kategori putri. Kejuaraan Karate ini dilaksanakan di Gedung Wanita Jepara yang setidaknya diikuti oleh 311 orang peserta. (Syah)

Baca selanjutnya...

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MA MH Troso : Alhamdulillah Berjalan Baik

Troso, MAMHTROSO.com – Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara dilaksanakan kemarin, Selasa (1/11/2022).

Lihat galeri kegiatannya - klik 

PKKM merupakan interpretasi data tentang kualitas kinerja kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Madrasah dan merupakan bentuk upaya pengawasan binaan untuk dapat mengembangkan kompetensi lembaga pendidikan madrasah.

"Sebagaimana dalam Petunjuk Teknis dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru Tenaga Pendidikan Madrasah yang ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Kepala Madrasah," ungkap Ibu Dra. Hj. Ida Nunung Puspowati, M.S.I. selaku pengawas satuan pendidikan MA Matholi’ul Huda Troso dalam sambutan pembukaan PKKM.

"Ada Empat komponen penilaian tugas utama kepala madrasah dinilai setiap tahun yaitu Usaha Pengembangan Madrasah, Pelaksanaan Tugas Manajerial, Pengembangan Kewirausahaan, Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan”, imbuhnya.

Sementara itu H. Ahmad Harisul Haq, Lc. selaku Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso menyambut baik 2 orang penilai penilai PKKM kali ini. Selain Ibu Dra. Hj. Ida Nunung Puspowati, M.S.I. datang pula Bapak Drs. M. Asyhari, S.H., M.S.I.

Sebagaimana yang terjadwal acara PKKM ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dan selesai pada pukul 11.00 WIB. Alhamdulillah semua dapat berjalan dengan baik. (Syah)

Baca selanjutnya...

Intan Afriza Attatin Maliha Meraih Juara III LBPK Tingkat Nasional Tahun 2022

Troso, MAMHTROSO.com - Intan Afriza Attatin Maliha berhasil meraih Juara III pada Lomba Baca Puisi Kreatif (LBPK) ke-11 Tingkat Nasional, Sabtu (29/10/2022) kemarin. Siswa Kelas XII MIPA-2 ini menjadi satu-satunya perwakilan dari Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso di ajang tingkat nasional ini.

Melihat bakatnya ketika berhasil menjadi jawara di Lomba Baca Puisi pada Class Meeting tahun lalu, menjadikan Waka. Kesiswaan, Karwadi, S.Ag. mantap untuk mengikut-sertakannya pada ajang yang lebih tinggi yaitu LBPK XI tingkat Nasional. Ajang perlombaan ini diselenggarakan oleh komunitas seniman jepara yang tergabung dalam Gaperto Art Community.

Di perlombaan ini Intan membacakan sebuah puisi yang berjudul “Sungai Pelangi” karya Alumni MA Matholi’ul Huda Troso, Sefi Ariswanto. Tahap pertama yaitu tahap seleksi, dengan membuat video berdurasi 10 menit. Sesuai dengan judulnya “Sungai Pelangi” latar pembuatan video diambil di bawah jembatan sungai belakang Masjid Datuk Ampel Troso Selatan. Karena memang termasuk permasalahan lingkungan di Desa Troso adalah limbah industri tenun yang mencemari sungai.

Usai tahap seleksi, Intan ternyata berhasil masuk sepuluh nominasi terbaik dan melaju ke tahap berikutnya. Pada tahap ini perlombaan dilaksanakan langsung di depan para juri yang bertempat di Wisata Pantai Tirto Samudro Bandengan Jepara.  Dewan Juri dinahkodai oleh Sosiawan Leak, sastrawan dari Solo. Berbagai propertipun tidak luput disiapkan untuk menunjang tampilannya. Dan pada akhirnya, tiba malam penganugrahan pemenang Lomba baca Puisi Kreatif XI, Intan berhasil meraih juara ke-3. Selamat dan sukses untuk Intan Afriza Attatin Maliha, Semoga pretasi demi prestasi dapat menginspirasi dan membawa keberkahan untuk seluruh sivitas akademika Matholi’ul Huda Troso. (Syah)

Baca selanjutnya...

2 Drama Kolosal Sang Kyai dan Kisah Uwais Al Qarni, Memeriahkan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. dan Hari Santri Nasional Tahun 2022 di Matholi’ul Huda Troso

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Pondok Pesantren (Ponpes) Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. sekaligus Hari Santri Nasional Tahun 2022 secara bersamaan hari ini, Ahad (23/10/2022).

Lihat gelari foto - klik 1klik 2klik 3

Seperti biasa acara peringatan ini diisi dengan beberapa ritual doa dan makan bersama (kepungan). Namun kali ini cukup berbeda, karena terdapat pula tampilan dari perwakilan siswa Madrasah Tsanawiyah dan pengurus OSIS maupun Pengurus Dewan Ambalan Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso.

Acara dimulai pada pukul 07.30 WIB dibuka oleh Siti Meylani Fauziah (X MIPA-1) dan Wafa Hasna Tauliyah (X MIPA-2) sebagai pembawa acara. Dan seluruh sivitas akademika MTs., MA, dan Ponpes Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara dengan pakaian serba putih bersarung duduk memadati Gedung Serbaguna lantai 1.

Dalam kesempatan ini Hj. Siti Muzayaroh, S.Ag. menyampaikan mauidzoh hasanah. Beliau menyampaikan banyak hal, terutama yang berkaitan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW. dan Hari Santri Nasional. Menurutnya memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad atau sering disebut Maulid Nabi Muhammad SAW. adalah salah satu bentuk mahabbah atau aktuliasasi dari rasa cinta kepada Rasulullah. Selain memperbanyak sholawat tentu saja harus bisa meniru apa yang menjadi kebiasaan Rasulullah. Terutama adalah dari “kesederhanaan dan ahlaknya”.

Beliau mencontohkan kehidupan siswa mulai dari pagi ketika sarapan, ketika diberi uang saku, ketika di kelas, harusnya apapun yang didapat selalu disyukuri. Tidak perlu mengeluh dan menginginkan yang lebih mewah. Justru dari hal-hal tersebut mengajarkan nilai-nilai kesederhanaan. Rasulullah meskipun mendapat istri yang kaya raya Khadijah tetapi kehidupannya tetap sederhana. Dan tentu saja jika semuanya mengaku cinta dengan Rasulullah harusnya setiap saat selalu meniru dan terobsesi dari orang yang dicintainya.

Hj. Siti Muzayaroh, S.Ag. juga menyampaikan berkaitan dengan Hari Santri Nasional. Sesuai temanya “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”, beliau menggambarkan penampilan santri yang sederhana itu ternyata adalah memiliki marwah untuk menjaga agama dan negara. Karena salah satu cara menjadi orang mulia adalah dengan keimanan dan akhlak yang baik. Dan semua itu tentu tidak lepas dari ilmu agama.

Setelah mauidzoh hasanah dilanjutkan dengan istighatsah, tahlil, bacaan al barzanji, dan doa. Berurutan dipimpin oleh ibu-ibu guru MTs. dan MA Matholi’ul Huda Troso. Mulai dari Hani’ah, S.Pd., Hj. Muarrofah, S.Ag., Dewi Setiana, S.Pd.I., Siti Muyassaroh, S.H., dan Fista Nihayah, S.Pd.

Sebelum makan bersama (kepungan) siswa-siswi dengan antusias menyaksikan drama kolosal dari perwakilan siswa Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso dengan judul Uwais Al Qarni Pemuda Terkenal di Langit. Diperankan oleh M. Idham Kholiq (IX A) mengisahkan seorang pemuda miskin yang menggendong ibunya dari Yaman ke Mekkah untuk menunaikan ibadah Haji. Dari kisah ini dapat diambil pelajaran bahwa untuk meneladani Baginda Rasulullah salah satunya adalah berbakti kepada orang tua.

Sementara siswa perwakilan dari MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara Pengurus OSIS dan Dewan Ambalan juga menampilkan sebuah drama kolosal yang berjudul “Sang Kyai dan Perjuangan Para Santri”. Mengadopsi dari Film Sang kyai, M. Khotibul Umam (XII IPS-2) sebagai tokoh utamanya yang berperan menjadi KH. Hasyim Asy’ari. Dalam kisahnya menceritakan perjuangan K.H. Hasyim Asy’ari dalam memperjuangan kemerdekaan Indonesia dari Bangsa Jepang dan mempertahankan kemerdekaan dari Bangsa Belanda. Meskipun persiapan kurang dari 2 minggu tetapi mereka mampu menampilkan drama kolosal ini dengan maksimal untuk memeriahkan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional Tahun 2022 kali ini. (Syah)

Baca selanjutnya...
Berlangganan RSS feed