MA Matholi'ul Huda Troso

MA Matholi'ul Huda Troso

Seorang web administrator, reporter, dan penulis berita di MA Matholi'ul Huda Troso.

Surel situs web: http://www.mamhtroso.com/

Kecuali Engkau yang Mendengarkan

Dalam bebrayan antara sesama kami manusia
Selama kerjasama dengan manusia makhluk istimewa
Meskipun didasari cinta dan dimulai dengan niat mulia
Huruf-huruf yang kami tata sangat susah menjadi kata
Kata yang kami susun gagal membangun makna
Dan makna tak berhasil sampai sebagai dirinya
Ketika makna dimaknai ia terpecah menjadi beribu makna
Tatkala seribu makna itu dipersatukan
Hasilnya tak ada yang sama dengan satupun dari seribu
Sehingga akhirnya seluas-luas ruang kehidupan
Dihabiskan manusia untuk kebencian dan perang
Dengan mesiu, pedang maupun teknologi kemunafikan
65 tahun sudah aku mencobanya tanpa putus asa
Tapi kini sebisa mungkin mulut kubungkam
Kecuali Engkau dan kekasih-Mu yang mendengarkan

Idulfithri 1439-H

https://www.caknun.com/2018/kecuali-engkau-yang-mendengarkan/

Baca selanjutnya...

Berhenti Pada Mati

Wahai Maha Diri Sejati
Berpuluh-puluh abad sudah berlari
Aku tak kunjung kenal diri
Diri yang selama ini coba kukenali
Selalu belum tentu diri
Bukan Engkau yang azali
Yang ternyata benar-benar kami cari
Kami tempuh peradaban tak tahu diri
Bangunan-bangunan hidup kami hanya dhonny
Sembahyang mata kuda kami sebut rohani
Universitas kami cacat tinggal sepertiga diri
Terlanjur hampir seabad bikin Negara
Melampiaskan nafsu dan menguras bumi
Membangun sistem perampokan
Atas hak milik anak cucu sendiri
Dan puncak prestasi ilmu kami
Adalah menyangka hidup berhenti pada mati
Setiba di kuburan baru mulai
Jiwa gemetar, terlambat merasa ngeri
Aduhai kami makhluk sok jagoan pemberani

Idulfithri 1439-H

https://www.caknun.com/2018/berhenti-pada-mati/

Baca selanjutnya...

Tahun Ajaran Baru 2018-2019, Civitas Akademika MTs. dan MA Matholi’ul Huda Troso Gelar Sholat Dzuha, Sujud Syukur Berjamaah, dan Halal bi Halal

Troso, MAMHTROSO.com - Civitas akademika MTs. dan MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara menggelar sujud syukur berjamaah, Selasa pagi kemarin (18/7/2018). Acara itu digelar setiap awal tahun pelajaran sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT. Acara itu juga menandai dimulainya tahun ajaran baru 2018-2019.

Lihat galeri kegiatannya - klik tautan berikut.

Acara sujud syukur ini diikuti oleh setidaknya 1.200 orang siswa dan guru di halaman Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso. Selain itu, tampak hadir pula sejumlah sesepuh dan pengurus YPI Matholi’ul Huda Troso.

Rangkaian acara sujud syukur sendiri dimulai sekitar pukul 07.00 WIB. Seluruh jamaah terlihat memadati halaman madrasah. Beberapa jamaah juga tampak membuat saf di teras-teras kelas. Seluruh jamaah laki-laki tampak berpakaian rapi dan bersarung, sementara jamaah perempuan yang berbaris di saf belakang terlihat memakai mukena.

Kegiatan kali ini diawali dengan sholat Dhuha berjamaah sebanyak 4 rakaat. Bertidak sebagai imam sholat adalah Waka Humas MA Matholi’ul Huda Troso, H. Mustofa Kamal. Seusai sholat, acara dilanjutkan dengan sujud syukur berjamaah dengan imam yang sama. Sebelum dua acara dimulai, beliau sempat menjelaskan tata cara pelaksanaan sholat Dhuha dan sujud syukur yang benar.

Seusai sujud syukur, barokah doa dipimpin oleh KH. Ali Ahsan acara dilanjutkan dengan panyampaian sambutan Ketua Yayasan Pendidikan Islam Matholi’ul Huda Troso oleh H. Sunarto. Beliau menyampaikan rasa syukurnya kepada Allah SWT. Karena setiap tahunnya seluruh siswa MTs. dan MA Matholi’ul Huda Troso masih bisa melaksanakan tradisi baik yaitu sholat dzuha dan sujud syukur berjama’ah. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk peribadatan yang bertujuan untuk mempersiapkan hati dan pikiran para siswa untuk mengikuti proses pembelajaran selama satu tahun. Dan siswa juga diajarkan apapun keadaan yang dihadapi harus pandai-pandai bersyukur.

H. Sunarto lebih lanjut mengungkapkan rasa syukurnya kepada para orang tua yang telah membesarkan dan mendidik anak-anaknya. Karena yang membekali dan membentuk kepribadian anak pertama kali adalah dari orang tua. Beliau juga bersyukur kepada para guru yang terus dengan sabar dan ikhlas mendidik siswa-siswi. Karena hanya dengan dasar keikhlasanlah semua akan bergerak dengan indah. Dengan pandai bersyukur itulah yang membuat madrasah lebih maju.

Usai sambutan dari Ketua Yayasan, acara dilanjutkan dengan halal bi halal yang dilaksanakan secara berurutan dari siswa Kelas XII hingga Kelas VII. Seluruh siswa bersalam-salaman dengan sesepuh, jajaran pengurus yayasan, dan dewan guru. Sesama siswa juga bersalam-salaman hingga membentuk barisan mengular memenuhi halaman madrasah.

Dengan diadakannya kegiatan spiritual pada awal tahun pelajaran seperti ini tujuannya adalah mempersiapkan mental siswa dan para guru untuk melaksanakan proses belajar mengajar (PBM) selama satu tahun ke depan. (Syah)

Baca selanjutnya...

Percaya Alien hingga Ritual Aneh, Ini Fakta dan Cerita Unik Seputar 4 Presiden AS

MAMHTROSO.COM -- Jika saat ini banyak orang dibuat "terkesima" dengan tindak-tanduk atau kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, percayalah, bahwa ada sejumlah presiden AS sebelumnya yang memiliki kebiasaan atau perilaku yang tak kalah unik dengan 'sang miliarder nyentrik'.

Hal itu wajar, mengingat jumlah presiden AS yang relatif cukup banyak jika dibandingkan dengan beberapa negara lain. 

Memasuki usia 242 tahun kemerdekaannya, 44 orang telah mengabdi sebagai presiden Amerika Serikat.

Yang pertama adalah George Washington. Sementara itu, ada Grover Cleveland yang menjabat sebagai presiden untuk dua periode tak berurutan, menjadikannya presiden ke-22 dan ke-24 AS.

Barack Obama, yang menjabat sebagai presiden untuk dua periode berurutan, menjabat sebagai presiden ke-44 AS.

Petahana saat ini, Donald Trump, menjabat sebagai Presiden ke-45 AS.

Tapi, sebagaimana 'manusia biasa', beberapa di antara mereka punya fakta unik dan pernah menjadi korban kejadian lucu dalam kesehariannya.

Dari berbagai contoh, berikut, fakta atau cerita unik seputar empat presiden Amerika Serikat, dirangkum dari situs humor satir AS Cracked, Kamis (12/7/2018).

https://www.liputan6.com/global/read/3586995/percaya-alien-hingga-ritual-aneh-ini-fakta-dan-cerita-unik-seputar-4-presiden-as

Baca selanjutnya...
Berlangganan RSS feed