Masuk

Sekilas

MA Matholi'ul Huda Troso.

Madrasah Aliyah (MA) Matholi'ul Huda Troso adalah institusi pendidikan menengah atas yang berorientasi Islam. Terletak 13 Km dari pusat kota Jepara, MA Matholi'ul Huda Troso hadir menjawab harapan masyarakat yang mendambakan pendidikan yang terjangkau namun tetap berkualitas dan berdaya saing. Letak MA Matholi'ul Huda Troso cukup strategis karena terletak di jalur Kecamatan Pecangaan, menjadikan madrasah ini mudah dijangkau oleh peserta didik.

Berawal dari gagasan the Founding Fathers untuk memenuhi harapan masyarakat yang mendambakan pendidikan formal dengan menyesuaikan 'isi kantong' namun tetap memiliki daya saing dengan pendidikan formal dengan biaya selangit. Akhirnya Yayasan Pendidikan Islam Matholi'ul Huda Troso yang diketuai oleh KH. Abdul Jalil al-Hafidz pada tanggal 21 Juli 2003 secara resmi berdiri MA Matholi'ul Huda Troso.

Berbagai upaya terus dilakukan oleh pihak madrasah untuk mengembangkan kualitas akademis para peserta didik, salah satu usaha yang ditempuh adalah dengan menunjuk guru pengampu mata pelajaran yang memang kompeten di bidangnya. Selain itu pembenahan infrastruktur madrasah juga terus digiatkan dari awal pendirian hingga sekarang. Hal itu dimaksudkan agar tercipta suasana belajar mengajar yang nyaman dan lengkap.

MA Matholi'ul Huda Troso dikepalai oleh Drs. H. Nur Kholis Syam'un semenjak tahun awal berdiri (2003) hingga sekarang (2015). Walau masih terhitung muda, bukan berarti miskin akan prestasi. Sebaliknya, sejak berdirinya madrasah ini, selalu menorehkan prestasi-prestasi yang membanggakan, baik bidang akademik maupun bidang nonakademik.

Berbagai terobosan yang inovatif dilakukan oleh kepala madrasah dan pihak-pihak yang membantunya untuk memberikan 'sesuatu yang lebih' dan 'sesuatu yang lain dari yang lain' kepada peserta didik. Di antara dari sekian banyak inovasi tersebut adalah memasukkan pelajaran ekstra (pelajaran tambahan) menjadi pelajaran intra, seperti Tata busana, Muhadatsah, Bahasa Inggris Praktis, Nasyid, Pramuka, Keterampilan grafis, Muhadlarah bahasa Indonesia, Muhadlarah bahasa Jawa, dan Tata Boga (memasak). Langkah-langkah tersebut tidak lain adalah untuk memberikan keterampilan peserta didik untuk hidup di masyarakat kelak.

Kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler juga semakin diperbanyak dan semakin bervariasi sesuai dengan minat yang diinginkan siswa. Beberapa ekstrakurikuler tersebut adalah Kelompok Kajian Kitab Kuning (K4), Kelompok Peneliti Remaja (KPR), Arabic Club, English Club, Kelompok Musik Band, Rebana, Marching Band, Bola Basket, Pencak Silat, Tae Kwondo, Pasukan Khusus (PASUS), Patroli Keamanan Sekolah (PKS), serta kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang lain.

Pada Tahun Pelajaran 2015, MA Matholi’ul Huda Troso memunculkan beberapa program baru. Selain diadakan Variety Show sebagai ajang ekpresi siswa yang dilaksanakan setiap semester. Juga diadakan kegiatan Shobah Farhah (Morning Fun) setiap senin pagi untuk memberikan suasana menyenangkan dan media refreshing bagi siswa-siswinya. Ada 3 jenis kegiatan yang termasuk dalam Shobah Farhah (Morning Fun). Pertama, Kegiatan Kesenian, diantaranya adalah Musik band, Rebana, Tilawatil Qur’an, Seni Sastra Indonesia, Kepenyiaran Radio, Menyulam, dan Marching Band. Kedua, Kegiatan Keilmuan, diantaranya adalah Kajian Kitab Kuning (K4), Kelompok Peneliti Remaja (KPR), Kelompok Diskusi Remaja (KDR), Arabic and English Club, Patroli Keamanan Sekolah (PKS), Palang Merah Remaja (PMR), Pasukan Khusus (PASUS) dan Jurnalisme. Ketiga, Kegiatan Keolahragaan, diantaranya adalah Bola Basket, Bola Voli, Tenis Meja, Pencak Silat, Tae Kwondo, Sepak Bola, Futsal, dan Badminton.

Semua itu berorientasi pada motto madrasah “Maju untuk Berkhidmad” dan visi madrasah, yaitu "Luhur dalam Budi, Tinggi dalam Prestasi" yang menjadi ruh dalam setiap gerak MA Matholi'ul Huda Troso dalam melayani masyarakat menuju manusia yang berbudi luhur, namun juga berprestasi yang tinggi.