Masuk

13 Mata Lomba Digelar di Class Meeting Semester Gasal Tahun 2021 MA MH Troso

Troso, MAMHTROSO.com – Pengurus OSIS Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara selenggarakan Class Meeting Semester Gasal Tahun 2021. Acara ini dilaksanakan setidaknya selama 9 hari mulai Selasa (7/12/2021) sampai Kamis (16/12/2021).

Pada tahun kemarin agenda Class Meeting ini tidak dilaksanakan karena kasus Covid-19 yang meningkat termasuk di wilayah Jepara dan sekitarnya. Namun pada semester ini H. Ahmad Harisul Haq, Lc. selaku Kepala Madrasah memutuskan agar Pengurus OSIS mengadakan kegiatan tiap akhir semester ini meskipun tidak semeriah sebelum pandemi mewabah.

Jika biasanya Class Meeting di tahun-tahun sebelumnya diadakan begitu meriah dengan tampilan siswa-siswi di panggung Nada dan Dakwah, kemudian Pitutur Agami dan musik band, serta mata lomba yang sangat banyak. Namun Class Meeting kali ini sedikit ada pembatasan. Disamping itu juga halaman yang sebelumnya dijadikan sebagai pusat kegiatan Class Meeting, sekarang masih dalam tahap pembangunan.

Setidaknya ada 13 mata lomba yang diadakan mulai dari Lomba Kaligrafi, Poster, Lari Ban, Majalah Dinding, Mengukir Sandal, Teatrikal Puisi, Tarik Tambang, Merias Wajah, Pitutur Agami, Dakwah, Al Barzanji, Bola Basket, dan Bola Voli. (Syah)

Lihat galeri kegiatannya – klik

  • 0
  • Baca: 20 kali

Pengecoran Lantai 2 Gedung Serba Guna Matholi’ul Huda Seluas 460 m2 Rampung Sehari

Troso, MAMHTROSO.com –  Untuk mengembangkan fasilitas pendidikannya, Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Matholi’ul Huda Troso hari ini melaksanakan pengecoran lantai 2 gedung serba guna, Jum’at (10/12/2021).

Pengecoran ini selesai dalam waktu satu hari, dengan menggunakan Jasa Jayamix. Berbeda dengan pada tahun kemarin menggunakan truck molen dengan kapasitas 3 kibek sehingga menghabiskan waktu cukup lama. Hal tersebut karena akses jalan yang cukup sempit. Namun pengecoran kemarin menggunakan truck molen dengan kapasitas 5 kibek. Sehingga waktu pengecoran bisa lebih cepat.

Dari total luas sekitar 460 meter persegi dengan ketebalan 13 cm sehingga pengecoran pada gedung ini membutuhkan setidaknya 60 meter kibek. Gedung serba guna ini rencana akan digunakan untuk pusat kegiatan siswa Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, Santri Pondok Pesantren Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara. Terutama untuk sholat berjama’ah, dll.

Pada proses pengecoran ini menghabiskan lebih dari 50 juta. Dan total pengeluaran dalam pembangunan gedung serba guna ini dengan 3 lantai diperkirakan akan menghabiskan dana sekitar 1 M. Semoga pembangunan diberikan kelancaran oleh Allah dan semoga suatu hari nanti akan menjadi lembaga pendidikan dan pondok pesantren besar, maju, dan memberkahi umat. (Syah)

  • 0
  • Baca: 89 kali

Karwadi, S.Ag. Raih Juara Terfavorit 1 pada Kompetisi Video Baca Puisi

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara kembali mengukir prestasi. Kali ini lewat salah satu gurunya yang bernama Karwadi, S.Ag. pada Kompetisi Video Suka Baca Puisi. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Yayasan Jungpara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang bertepatan pada Hari Kamis (20/5/2021).

Kompetisi ini diambil dari peserta lomba baca puisi yang sebelumnya diadakan oleh Disdikpora untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional. Kemudian semua video peserta diupload lagi melalui Channel Youtube Yayasan Jungpara. Ada sebanyak 164 video dari kompetisi Suka Baca Puisi. Sampai batas waktu yang ditentukan oleh Panitia, Video Baca Puisi karya Karwadi, S.Ag. berhasil mendapat jumlah “like” terbanyak dan berhak meraih Juara Terfavorit 1.

Penyerahan penghargaan pada kompetisi ini diberikan oleh langsung oleh Ketua Yayasan Jungpara, Sarjono, S.E., Ahad (14/11/2021). Karwadi, S.Ag. sangat bersyukur atas raihannya dalam prestasi ini. Meskipun bisa dikatakan usianya tidak muda lagi, tetapi tidak menyurutkan semangatnya untuk terus berprestasi. (syah)

  • 0
  • Baca: 132 kali

MA dan MTs. MH Troso Peringati Maulid Nabi Muhammad 1443 H dan Hari Santri Nasional 2021

Troso, MAMHTROSO.com – Seluruh sivitas akademika MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso berkumpul di halaman untuk mengikuti Peringatan Hari Besar Islam, yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW. 1443 H dan Hari Santri Nasional Tahun 2021, Kamis (20/10) kemarin. Seluruh siswa dan guru memakai pakaian serba putih dalam acara ini dengan membawa bekal nasi dan lauk untuk makan bersama (kepungan atau bancaan).

Lihat galeri kegiatannya - klik

Acara ini dimulai pada pukul 08.00 WIB di halaman Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso dengan dipimpin oleh Zairzalif Izzana (XII IPA-3) dan Rahma Fitriani (XII IPS-3) sebagai pembawa acara. Serangkaian acara telah disusun untuk mengisi peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri kali ini. Mulai dengan Istighatsah yang dipimpin oleh Ustad H. Ismail, S.Pd.I. dilanjutkan dengan Bacaan Tahlil yang dipimpin Ustad Noor Ubaidillah, S.Pd.I.

Kemudian Acara Inti Maulid Nabi yaitu dengan lantunan sholawat nabi dan pembacaan Albarzanji ditugaskan kepada para siswa kelompok rebana gabungan dari siswa Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso yang dibimbing oleh Bapak Ilham Luthfi. Siswa begitu antusias mengikuti acara Maulid Nabi ini. Usai Maulid Albarzanji barokah doa dipimpin oleh Ustad Drs. H. Nur Kholis Syam’un.

Dilanjutkan mauidloh hasanah oleh Ustad Muhammad Arsyad, beliau menyampaikan beberapa hal terkait dengan betapa mulianya ajaran yang dibawa oleh Rasulullah SAW. “Ajaran Nabi Muhammad SAW. adalah mata air yang jernih, sungai-sungai yang besar ibaratnya adalah para kyai, alim ulama.” Ungkapnya.

Beliau berpesan agar siswa-siswi menjadi manusia-manusia yang sholeh-sholehah. Karena hanya amal sholehlah yang nantinya dapat menyelamatkan manusia dari api neraka. Beliau juga mengingatkan khusus para siswa agar selalu menjaga kehormatannya. “Kalian putri-putri harganya mahal, tidak usah diobral-obral, tidak usah posting-posting foto yang mengubar aurat di sosial media”, pungkasnya. (Syah)

  • 0
  • Baca: 168 kali

Hebat ! Siswa MAMH Troso Pecangaan Jepara Juara I Cerkas dan Juara III Bercerita – Hari Museum Nasional

Troso, MAMHTROSO.com - Bertepatan pada Hari Museum Nasional, Madrasah Aliayah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara, menerima penghargaan atas prestasi yang diperoleh yaitu Juara III lomba bercerita Bahasa jawa dialek jepara dan Juara I Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kebudayaan yang diselenggarakan oleh Museum R.A. Kartini Jepara, Selasa (12/10/2021).

Lihat galeri kegiatannya - klik disini

Prestasi Juara III lomba cerita jawa berdialek Jepara diperoleh oleh Rahma Fitriyani (XII IPS 3) yang sebelumnya membawakan cerita dengan judul “Suronggotho” pada hari Kamis (30/9) di Museum R.A. Kartini Jepara.

Adapun pada LCC Kebudayaan, tim yang diketuai oleh Dwi Alfina Rizqiana Safitri (XI IPA 2) dengan anggota Intan Afriza Attatin Maliha (XI IPA 2) dan Fatimatuz Zahroh (X IPS 2) berhasil memperoleh Juara I dan mengalahkan tim lain dari SMA/Sederajat se-Kabupaten Jepara pada babak penyisihan dan babak final pada Kamis (7/10).

“Prestasi ini membuktikan bahwa meskipun di masa pandemi, siswa-siswi masih tetap bisa berkarya sekaligus melestarikan budaya dan sejarah bangsa khususnya tentang R.A. Kartini dan Jepara di Hari Museum Nasional. Semoga, hal ini bisa menginspirasi siswa-siswa yang lain untuk terus semangat belajar dan berprestasi”, Ungkap Siska Noviana Dewi, Guru Pembimbing tim MA Matholi’ul Huda Troso Jepara. (Sis/Syah).

  • 0
  • Baca: 164 kali

PROGRAM DONASI WAKAF TANAH YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM MATHOLI'UL HUDA TROSO PECANGAAN JEPARA - PONPES MATHOLI'UL HUDA

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Bismillahirrohmanirrohim

Dengan niat mulia dan mengharap Ridha dari Allah SWT. kami membuka kesempatan untuk Anda, untuk ber- Investasi Pahala Jariyah dalam Program Donasi Wakaf Tanah YPI. Matholi'ul Huda Troso Pecangaan Jepara - PONPES Matholi'ul Huda dibawah Pimpinan Drs. H. Nur Kholis Syam'un.

Tanah wakaf ini akan digunakan untuk Pengembangan Pendidikan Umat, Para Siswa dan Santri yang ada di bawah naungan YPI. Matholi'ul Huda Troso. Mulai dari RA, MI, MTs., MA, Madin Awaliyah, Madin Wushtho, dan Pondok Pesantren dengan Program Tahfidz dan Kitab Kuning.

Luas Tanah Keseluruhan:
7.000 Meter persegi

Harga tanah per meter:
Rp. 200.000,- /M2

Dengan total harga:
Rp. 1.400.000.000,- Juta

Anda bisa ikut serta dalam Wakaf Tanah sesuai dengan kemampuan. Semoga total keseluruhan bisa tercapai, amin.
Partisipasi Anda Dapat Disalurkan Ke:
Bank Rakyat Indonesia (BRI), no rek: 5895-01-031744-53-0 a/n YAPIM MATHOLI'UL HUDA.
Konfirmasi 1 ke http://wa.me/+6281325673372
Konfirmasi 2 ke http://wa.me/+6281325633710
Konfirmasi 3 ke http://wa.me/+62895631971656
Setiap donatur yang telah melakukan transfer dimohon untuk dapat memberikan konfirmasi.

Donasi juga bisa dibawa langsung ke alamat kami di MTs-MA Matholi'ul Huda Troso. Alamat : Jl. Raya Bugel KM.2 Troso Pecangaan Jepara 59462, Peta: https://bit.ly/LokasiMHTroso

Laporan Donasi harian dapat antum lihat di link berikut : https://bit.ly/3mOOVUw

Ttd,
H. Sunarto
Ketua Yayasan Pendidikan Islam Matholi'ul Huda Troso
 
Saudaraku! Ingatlah bahwa harta yang anda wakafkan adalah salah satu harta yang akan menemani anda hingga di akhirat.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ : مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ
"Bila anak adam meninggal, maka pahala semua amalannya terputus, kecuali dari tiga amalan: Sedekah Jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang selalu mendo’akan untuknya." (HR. Muslim).

Semoga Allah memberi limpahan pahala bagi yang membantu dakwah illallah ini.

Jika belum mampu membantu dana Donasi Wakaf Tanah, Anda bisa memberikan Infaq, Shodaqoh Jariyah Anda dalam jumlah nomimal berapapun. Dan juga bisa berpartipasi dalam amal ini dengan menyebarkan pesan ini, semoga menjadi jariyah yang tidak akan terputus pahalanya, amin.

  • 0
  • Baca: 287 kali

YPI Matholi’ul Huda Troso Hari ini “Nduduk Pondasi” - Bangun Gedung Serba Guna 3 Lantai

Troso, MAMHTROSO.com – Untuk menunjang fasilitas sarana prasarana pendidikannya, Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Matholi’ul Huda Troso hari ini mulai “nduduk pondasi” untuk pembangunan gedung serba guna 3 lantai, Sabtu (7/8/2021). Gedung serba guna ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh para siswa dan santri dengan berbagai keperluan, seperti sholat berjama’ah, apel pagi, majlis ta’lim, dll.

Sebelum “nduduk pondasi” dilaksanakan, YPI Matholi’ul Huda Troso terlebih dahulu mengadakan manaqiban atau doa bersama. Acara manaqiban ini dihadiri oleh H. Sunarto dan H. Sulbi Ahmad. Mereka berdua adalah Ketua Yayasan dan Bendahara Yayasan Matholi’ul Huda Troso.

“Dengan tekad yang kuat dan selalu diniatkan untuk mendidik siswa-siswi baik dari Desa Troso maupun sekitarnya, semoga Allah selalu mengabulkan dan memberikan kelancaran dalam pembangunan ini”, ungkap H. Sunarto sebelum acara manaqiban dimulai.

Selain pengurus yayasan acara doa bersama ini juga dihadiri oleh beberapa guru. Acara doa bersama dibuka oleh Drs. H. Nur Kholis Syam'un, Tahlil dipimpin oleh Noor Ubaidillah, S.Pd.I., sementara H. Ismail, S.Pd.I dan H. Ahmad Harisul Haq, Lc. membaca manaqibnya. Kemudian barokah doa dipimpin oleh Drs. H. Sobari.

Gedung ini dibangun di atas tanah kira-kira seluas 650 m2 yang semula adalah halaman utama Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso. Ada sekitar 35 kotak cakar ayam yang hari ini digali dengan escavator. Semoga tidak ada halangan apapun, selalu diberikan kelancaran oleh Allah SWT. sampai gedung baru ini bisa berdiri kokoh. (Syah)

  • 0
  • Baca: 303 kali

Perpisahan dan Pelepasan Siswa Kelas XII Tahun 2021 – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Jadilah Manusia yang Tahu Perjuangan dan Pengorbanan

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara selenggarakan Acara Perpisahan dan Pelepasan Siswa Kelas XII Tahun 2021 pagi ini, Jum’at (9/7/2021). Dilaksanakan di Aula madrasah dengan dihadiri oleh seluruh siswa Kelas XII yang berjumlah 145 orang dan seluruh dewan guru.

Galeri kegiatannya - klik di sini

Aulia Fitriani (XII IPA-2) sebagai pembawa acara membuka acara tersebut pada pukul 07.15 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan bacaan tahlil yang dipimpin oleh H. Ismail, S.Pd.I. dan barokah doa dipimpin oleh H. Ahmad Harisul Haq, Lc.

Pidato perpisahan pertama dari siswa Kelas XII yang diwakili Nilam Maharani (XII IPA-2). Nilam mengungkapkan bahwa selama 3 tahun merasakan susah, senang, tangis, dan tawa semuanya dirasakan di madrasah ini. Karena semua itu dalam rangka pendidikan untuk siap terjun di masyarakat setelah ini. Dia juga menyampaikan banyak terima kasih kepada para guru.

“Semoga guru-guru selalu diberikan kesabaran dan keikhlasan dalam mengajar. Semoga madrasah semakin maju. Maaf kepada Bapak dan Ibu Guru, Mohon doa semoga kami diberikan kemudahan kedepannya”, imbuhnya.

Setelah itu tiba giliran Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah memberikan sambutan dan amanat. Pertama, beliau menyampaikan tentang bagaimana perjuangannya untuk melaksanakan agenda-agenda madrasah, mulai dari pembelajaran daring yang menimbulakn banyak fitnah, karena nyatanya siswa yang harusnya belajar di rumah malah lebih banyak yang klayapan tidak jelas. Maka mengindari fitnah tersebut melalui ijtihat para pengurus Yayasan secara bertahap melaksanakan pembelajaran tatap muka. “Saya tidak bisa membayangkan betapa merananya anak-anak yang sekolah di SMA Negeri, SMK Negeri. Kalau ada anak yang senang karena tidak sekolah berarti anak tersebut tidak normal. Kita bersyukur, meskipun dengan keterpaksaan dan tidak maksimal, tetapi tetap bisa berjalan. Yang terpenting tetap hati-hati, yang sehat tetap beraktivitas, yang sakit diberobatkan”, ungkap beliau.

Yang kedua, beliau bercerita bagaimana perjuangan untuk mendirikan Madrasah Tsanawiyah dan menyusul berikutnya mendirikan Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso dan pada tahun ini YPI. Matholi’ul Huda Troso mendirikan pondok pesantren. Karena sejak dulu ada juga orang yang mengolok-ngolok, membuli, dsb. Tetapi karena didasari dengan niat baik, tekat yang kuat dan semuanya Allah yang yang menentukan. Pondok Pesantren (Ponpes) Matholi’ul Huda Troso akan meleburkan dualisme Salaf dan Modern. Santri di Ponpes Matholi’ul Huda Troso akan dibimbing agar memahami kitab kuning sebagaimana di pondok salaf tetapi juga mampu berkomunikasi dengan bahasa arab dan inggris sebagaimana di pondok modern.

Berikutnya beliau memberikan amanat kepada siswa-siswi Kelas XII, agar nantinya menjadi manusia-manusia yang tahu arti perjuangan, pengorbanan. “Jadilah manusia yang bermasyarakat. Pendidikan Tinggi itu penting tetapi kalau tidak peduli dengan masyarakat semuanya akan sia-sia. Jadilah manusia yang gampangan dalam arti positif. Mumpung masih muda yang mau melanjutkan pendidikan, yang semangat dan yang mau bekerja, hati-hati dijaga dirimu. Sempatkan doakan madrasah setelah sholat maktubah. Tolong dijaga madrasah dengan jadi orang yang baik. Jadi spanduk yang baik untuk madrasah”, imbuhnya.

Terakhir, beliau atas nama pribadi dan mewakili seluruh guru menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh siswa. Jika selama 3 tahun ini mungkin ada kekhilafan dalam mendidik siswa-siswi. Dan berdoa bersama untuk para guru, orang tua, dan siswi-siswi semuanya.  

Usai acara perpisahan dan pelepasan ini madrasah akan memberikan beberapa dokumen kepada siswa-siswi yang sudah dinyatakan lulus. Diantaranya adalah Surat Keterangan Lulus (SKL) Sementara, Raport, Sertifikat bahasa arab, sertifikat bahasa inggris, piagam komputer, piagam tata boga, piagam tata busana dan piagam pengurus osis dan dewan ambalan untuk siswa yang menjadi pengurus. (Syah)

  • 0
  • Baca: 312 kali
Berlangganan RSS feed