Masuk

Hari Ke-5 Puasa Bulan Ramadhan 1439 H, MA MH Troso Selenggarakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun 2018

Troso, MAMHTROSO.com – MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara selenggarakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk siswa Kelas X dan XI mulai hari ini, Senin (21/5/2018). PAT atau yang biasanya dikenal dengan istilah Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) ini adalah bentuk evaluasi pembelajaran terakhir yang harus diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI sebelum mereka naik ke jenjang kelas berikutnya. Ada sebanyak 413 siswa sebagai peserta PAT dan terbagi menjadi 12 ruang.

PAT kali ini dilaksanakan selama 8 hari dengan mengujikan 16 mapel untuk kelas X dan XI. Untuk Kelas X mengujikan 5 mapel PAI yaitu Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, SKI, Fikih, dan Bahasa Arab. Kemudian 5 mapel umum yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Sejarah Indonesia, dan PKn. 3 mapel jurusan untuk IPA yaitu biologi, fisika, kimia dan jurusan IPS yaitu Sosiologi, geografi, ekonomi. Dan terakhir 3 mapel peminatan dan lintas minat untuk jurusan IPA yaitu matematika (peminatan), sosiologi dan geografi (lintas minat). Untuk jurusan IPS yaitu sejarah (peminatan), kimia dan biologi (lintas minat).

Sama halnya dengan Ulangan Akhir Semester Gasal, MA Matholi’ul Huda Troso mengikuti soal-soal yang berasal dari Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) 01 Jepara. Akan tetapi pada PAT ini KKMA 01 Jepara telah membagikan kisi-kisi soal kepada masing-masing satuan pendidikan. Sehingga dengan kisi-kisi tersebut siswa dapat belajar lebih terarah untuk mempersiapkan diri mengerjakan soal-soal dalam Penilaian Akhir Tahun (PAT).

PAT ini berlangsung tepat pada hari kelima puasa bulan Ramadhan 1439 H. Hal ini ternyata sama dengan pelaksanaan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) pada tahun ajaran sebelumnya, yaitu pelaksanaan UKK pada saat itu yaitu bertepatan hari ketiga puasa. Meskipun begitu pihak madrasah tetap melaksanakan PAT sesuai dengan jadwal yaitu setiap harinya siswa menghadapi 2 mapel yang diujikan. Pada mapel pertama dimulai pada pukul 07.30 sampai 09.30 WIB dan mapel kedua diujikan mulai pukul 10.30 sampai 12.00 WIB. Setelah itu seluruh siswa mengikuti sholat dzuhur berjama’ah sebelum pulang.

Sementara untuk siswa kelas XII tetap masuk seperti biasa untuk mempersiapkan panggung gembira (PG) Tahun 2018. (Syah)

  • 0
  • Baca: 1 kali

LKP Ke-6 Tahun 2018 – Ajang Kompetisi Pramuka Penegak Sarana Pergerakan Siswa MA MH Troso

Troso, MAMHTROSO.com – Salah satu agenda besar gerakan pramuka di MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara yaitu Lomba Keterampilan Penegak (LKP) Ke-6 pagi ini telah sukses dilaksanakan, Senin (14/5/2018). LKP ini adalah ajang kompetisi pramuka penegak yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara tiap akhir semester. Mengingat pramuka sudah sejak lama dimasukkan dalam salah satu kegiatan intrakurikuler madrasah, sehingga sesuai dengan program gugus depan 09.115-09.116 dan Ambalannya Setia Budi – Fatmawati menyelenggarakan ajang lomba ini sebagai puncak dan pembuktian siswa kelompok manakah yang nantinya akan menjadi kelompok terbaik.

Lihat galeri kegiatannya – klik tautan ini.

Upacara Pembukaan LKP ke-6 Tahun 2018 pagi tadi dilaksanakan pada pukul 07.30 WIB. Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Ka. Mabigus 09.115-09.116 MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara bertindak sebagai Pembina upacara membuka langsung LKP Ke-6 Tahun 2018 ini. Dalam amanatnya beliau menyampaikan bahwa jauh sebelum para Menteri Pendidikan membuat kebijakan gerakan pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah-sekolah, di MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara sudah mengintrakan kegiatan pramuka sejak dulu. Karena untuk membentuk karakter siswa harus dengan berkegiatan dan pergerakan. Dan itu sesuai dengan madzhab di MA Matholi’ul Huda Troso yaitu Madzhab Pergerakan. Siswa-siswinya dibiasakan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan agar terbiasa bergerak, dengan harapan nantinya di masyarakat para alumni MA Matholi’ul Huda Troso juga sebagai motor penggerak di masing-masing lingkungan masyarakatnya.

LKP ke-6 ini diikuti oleh sebanyak 18 kelompok pramuka, yang terdiri dari 8 kelompok putra dan 10 kelompok putri. Mereka semua berlomba-lomba untuk menjadi kelompok terbaik atau kelompok tergiat pada LKP Ke-6 kali ini. Setiap kelompok beranggotakan 35 – 40 siswa. Dari total siswa MA MH Troso sebanyak 650-an siswa, 60-an siswa Kelas XII yang tergabung dalam dewan ambalan bertindak sebagai panitia kegiatan, dan yang lainnya siswa dari Kelas X hingga Kelas XII yang berjumlah 590-an sebagai peserta lomba. Ada 7 mata lomba yang terdiri dari 3 kategori, yaitu tehnik pramuka, keterampilan dan permainan.  7 mata lomba tersebut adalah Lomba Baris-Berbaris Bertongkat, Lomba Senam Pramuka, Lomba Perpetaan, LCTP, Sandi, Video Iklan Layanan Masyarakat, dan Permainan Tradisional Gobak Sodor.

Setelah upacara pembukaan, kegiatan lomba semua dimulai pada pukul 08.30 WIB. Lomba Senam Pramuka dilaksanakan di halaman utama MA MH Troso. Lomba baris-berbaris bertongkat diadakan di halaman MTs. MH Troso. Lomba Sandi dan LCTP dilaksanakan di Hall Muslimat NU. Lomba Permainan Gobak Sodor dilaksanakan di lapangan utara Musholah Bpk. Sarwan. Lomba Perpetaan dilaksnakan di Lapangan Datuk Ampel. Dan Lomba Pembuatan Video Iklan Layanan Masyarakat yang mengangkat tema Pancajiwa dilaksanakan di Multimedia 2 MA MH Troso.

Semua perlombaan selesai pada pukul 13.00 WIB, kemudian siswa-siswi mengikuti sholat dzuhur berjama’ah, baru kemudian pada pukul 13.30 WIB hasil perlombaan LKP ke-6 diumumkan. Dengan sistem rekap nilai, kelompok tergiat 1 putra diraih oleh kelompok 13 yang dibina oleh Mohammad Asad, S.Pd. selanjutnya Kelompok 17 binaan dari H. Ahmad Harisul Haq, Lc dan Kelompok 14 binaan dari Ahmad Azhari Nasir, S.H.I. berturut-turut berhasil sebagai kelompok tergiat 2 dan 3. Sementara untuk kelompok putri sebagai tergiat 2 dan 3 diraih oleh kelompok 2 dan 5 yang masing-masing dibimbing oleh Luthfi Karlina Wahyu, S.Pd. dan Fetty Amaliyah, S.E. Akhirnya sebagai kelompok tergiat 1 putri sekaligus sebagai juara umum karena mendapatkan perolehan rekap nilai terbanyak yaitu kelompok 4 yang dibina oleh Fista Nihayah, S.Pd.     

Untuk menyelenggarakan LKP ini memang sudah dipersiapkan sejak awal semester. Dimana semula materi-materi pramuka, keterampilan, dan permainan yang dilombakan ini sudah disampaikan oleh para Dewan Ambalan pada saat latihan rutin setiap minggunya, yaitu setiap hari Selasa pada jam pelajaran ke-7 dan ke-8. Dua bulan sebelum pelaksanaa LKP Dewan Ambalan membentuk panitia dan menyusun petunjuk tenis perlombaan. Sampai kemudian 2 minggu sebelum pelaksaanaan lomba, seluruh kelompok mengikuti latihan bersama setiap hari setelah jam pelajaran selesai. (Syah)

  • 0
  • Baca: 84 kali

Apel Pagi – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Semuanya Harus Bergerak dengan Keikhlasan

Troso, MAMHTROSO.com – Seluruh civitas akademika MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara berkumpul di halaman madrasah sebelum dimulainya proses belajar mengajar untuk mengikuti apel pagi, Ahad (13/5/2018).

Apel pagi ini dilaksanakan secara kondisional oleh Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso untuk menyampaikan informasi atau motivasi kepada sebanyak 1.300-an siswa dan seluruh jajaran guru.

Diawal pembicaraannya, beliau mengingatkan panca jiwa yang pertama yaitu tentang keikhlasan. Semua pergerakan di madrasah harus diniatkan atas dasar keikhlasana. “keikhlasan itu tidak tampak, dan jangan ditampak-tampakkan, hanya diri sendiri dan Allah yang tahu keikhlasan. Tetapi hasil dari keikhlasan begitu nyata di masyarakat”, ungkapnya.

Seluruh siswa di MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara harus ikhlas diisi ilmunya, dididik karakternya. Jika ada siswa yang tidak sopan dengan gurunya hanya karena merasa siswa tersebut telah membayar uang administrasi maka akan ditindak lanjut, bahkan kalau perlu dikeluarkan. Kalau guru bukanlah buruh yang dibayar siswa, tetapi guru adalah pendidik siswa dan pembentuk karakter baik siswa.

متى يتم البناء اذا كنت تبنى والاخر يهدم

“Kapan Anda membangun bangunan yang sempurna, jika Anda membangun dan yang lainnya menghancurkannya”.

Madrasah ini ingin membangun siswa-siswinya memiliki karakter baik, jika ada satu atau dua anak yang tidak ikhlas untuk dididik, maka dia akan merusak dan menghancurkan tatanan yang ada di madrasah. Dan anak yang seperti ini jika tidak merubah sikapnya, tidak menjaga lisannya, tidak mengubah etikanya, pasti nanti tidak akan menjadi manusia yang mulia di masyarakat.

Selanjutnya, Kepala madrasah menyampaikan informasi terkait dengan libur awal Bulan Ramadhan. Mulai Hari Rabu (16/5/2018) akan diliburkan selama 3 hari yaitu sampai Jum’at (18/5/2018). Hari Sabtu siswa-siswi harus masuk kembali karena pada hari Senin (21/5/2018) akan diadakan Penilaian Akhir Sekolah (PAS) Semester Genap Tahun Pelajaran 2017-2018.

Jadi PAS atau biasanya yang disebut Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) pada tahun ini dilaksanakan pada saat Bulan Puasa. Begitupun juga siswa Kelas XII yang masih tetap masuk sekolah karena mempersiapkan Panggung Gembira yang rencananya akan dilaksanakan pasca Hari Raya Idhul Fitri atau tepatnya tanggal 30 Juni 2018.

Kepala Madrasah mengajak berdoa bersama agar seluruh siswa dikuatkan terutama siswa Kelas XII yang memiliki agenda besar, dan seluruh siswa juga agar dikuatkan dan disadarkan karena ternyata masih banyak sekali hal-hal yang harus dibenahi terutama dalam hal etika. Dan rencananya nanti pada tahun ajaran baru akan dibuat buku etika siswa. Dengan harapan itu akan menuntun siswa-siswi MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso agar lebih beretika, sopan santu, dan berakhlakul karimah.  Di MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara siswa terus diajak untuk menjaga sunnah (tradisi) baik, memang dirasa berat tetapi jika semua kalau diniatkan atas dasar ikhlas maka efeknya nanti akan nampak jika siswa-siswi sudah terjun di lingkungan masyarakat.

Setelah itu Kepala Madrasah juga mengajak doa bersama agar orang tua, para guru, semuanya urusannya dimudahkan dan semuanya disadarkan akan arti hakikat pendidikan. Karena banyak orang tua sekarang yang menilai sekolah yang baik adalah sekolah yang gedungnya bagus dan megah. Padahal tidak jarang yang memakai kedok pendidikan yang sebetulnya tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan profit atau sering disebut proyek pendidikan.

المدرسة بأبنائها لاببنائها

“Madrasah unggul karena anak-anaknya, bukan karena gedung dan bangunannya”, pungkasnya. Madzhab di MA dan MTs. Matholi'ul Huda Troso adalah madzhabnya kegiatan. Dengan banyaknya agenda kegiatan siswa-siswi terbiasa menjadi penggerak di setiap kegiatan yang diikutinya. Dengan terbiasa bergerak di madrasah harapannya di masyarakat nanti para siswa juga menjadi penggerak di lingkungannya masing-masing. Orang pintar saja di masyarakat tidak cukup, tanpa dibarengi dengan keterampilan sosialisasi dan bermasyarakat yang baik. (Syah)

  • 0
  • Baca: 48 kali

Rihlah Tarbawiyah Iqtishodiyah - Siswa Akhir KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Kunjungi MA Matholi’ul Huda Troso

Troso, MAMHTROSO.com – Serombongan siswa akhir Kuliyatul Muallimin al-Islamiyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Putra 1, Ponorogo Jawa Timur, Rabu pagi kemarin (9/5/2018), menyambangi kampus MA Matholi’ul Huda Troso.

Lihat Galeri Kegiatan - klik tautan ini.

Lawatan ini merupakan agenda rutin tiap akhir tahun pelajaran sebagai bentuk kegiatan kunjungan tentang Pendidikan dan kewirausahaan (Rihlah Tarbawiyah Iqtishodiyah) siswa Akhir menjelang diwisuda. Sebanyak 84 santri periode 1439/2018 dan 4 pembimbingnya yang dipimpin oleh Ustadz Taufiqur Rohman tiba di MA Matholi’ul Huda Troso sebelum subuh.

Pada pukul 07.00 WIB rombongan santri Gontor ini berkumpul di Aula untuk mengikuti acara sambutan dari Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso, Drs. H. Nur Kholis Syam’un yang juga salah satu senior alumni dari Pondok Modern Darussalam Gontor. Usai sambutan seluruh santri dan ustadz kemudian nyambangi berbagai macam jenis wirausaha industri yang ada di Jepara. Diawali dari industri kain tenun ikat Troso Handiqa Jaya, industri Meuble di wilayah Desa Langon, dan terakhir industri rotan di Desa Teluk Wetan Kecamatan Welahan.

Setelah kunjungan dari tiga tempat wirausaha industri tadi rombongan kembali ke Kampus MA Matholi’ul Huda Troso sekitar pukup 15.30 WIB untuk melakoni olah raga dan pertandingan persahabatan dengan siswa MA Matholi’ul Huda Troso di berbagai cabang olah raga. Mulai dari Sepak Bola, Futsal, Bola Basket, Badminton, dan Tenis Meja. Tentu MA Matholi’ul Huda Troso sebagai tuan rumah mengeluarkan siswa terbaiknya di masing-masing bidang olah raga tersebut. Pertandingan Sepak Bola yang diadakan di lapangan Datuk Ampel Troso, Fahris Anwar, dkk. harus menelan kekalahan dengan skor tipis 2-1 dimenangkan oleh kesebelasan Gontor. Untuk pertandingan Bola Basket Siswa Gontor dipaksa takluk dari Tim MA MH Troso. Maulana Malik Ibrahim, dkk. berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 29-19. Sementara untuk cabang yang lain seperti Futsal, Badminton, dan Tenis Meja berhasil dimenangkan oleh siswa MA Matholi’ul Huda Troso. Dari beberapa pertandingan ini tujuannya sebenarnya tidak untuk mencari kalah menang, akan tetapi supaya tumbuh ukhuwah islamiyah antara siswa MA MH Troso dengan siswa atau santri Gontor.

Malam ramah tamah juga digelar untuk menyambut kunjungan siswa akhir KMI Pondok Modern Darussalam Gontor. Acara ramah tamah ini kemudian diisi dengan duel band antara  MH Band, yaitu band siswa MA Matholi’ul Huda Troso dilanjutkan dengan penampilan band dari siswa Gontor. MH Band yang dimotori oleh Ramdhan Kholid membawakan 3 lagu yang berjudul Mauju’ Qolbi, Kembali Bersama, dan shut up and dance. Ketiga lagu itu berturut-turut dinyanyikan oleh Wido Sari, Rhamdan Kholid dan Sumiati. Sementara Band dari siswa Gontor yang sudah terlihat sangat mahir membawakan banyak lagu. Dominan lagu-lagu karya mereka sendiri, dan beberapa lagu dari band-band nasional seperti Sheila on 7, Slank, dll. Acara yang dimulai sekitar pukul 19.30 WIB ini berlangsung selama 2 jam lebih yaitu sampai pukul 22.00 WIB.

Masih pada tujuan yang sama yaitu dalam rangka rihlah tarbawiyah iqtishodiyah atau kunjungan pendidikan dan kewirausahaan. Pagi ini rombongan siswa akhir Gontor juga mengikuti kegiatan kewirausahaan di madrasah tentang bisnis online, dilanjutkan berkunjung ke beberapa industri wirausaha di Jepara lainnya yaitu industri pembuatan rebana di Troso milik Mbah Muhsin dan budidaya ternak lele di Desa Petekeyan dan terakhir mengunjungi wahana air di Jepara Ourland Park (JOP) salah satu wanaha air terbesar di Jawa Tengah. (Syah)

  • 0
  • Baca: 59 kali

Santriwati Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Putri 1 Mantingan Ngawi menyambangi Kampus MA Matholi’ul Huda

Troso, MAMHTROSO.com – Serombongan santriwati kelas 6 Kuliyatul Muallimin al-Islamiyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Putri 1 Mantingan Ngawi menyambangi Kampus MA Matholi’ul Huda Troso pagi ini, Selasa (8/5/2018). Ini adalah kunjungan yang kesekian kalinya, karena sudah menjadi agenda rutin setiap tahun para satri dari gontor ke MA Matholi’ul Huda Troso. Kunjungan ini sebagai salah satu tujuan study tour yang bertajuk Educational and Economic Study Final Grade Student 2018.

Ustad Asif sebagai pemimpin rombongan membawa sebanyak 85 santriwati, 4 pembimbing, dan 2 ustad senior. Sesampai di Kampus MA Matholi’ul Huda Troso pada pukul 08.00 WIB rombongan disambut hangat oleh Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala madrasah MA Matholi’ul Huda Troso yang juga merupakan alumni dari Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo.

Sebelum melanjutkan perjalanan ke Limo Aplication salah satu wirausaha kerajinan Kain Tenun Ikat Troso, seluruh santriwati berkumpul di Aula madrasah mengikuti acara ramah tamah dengan Kepala Madrasah Aliyah matholi’ul Huda Troso. Dalam acara tersebut Ustad Asif sebagai pemimpin rombongan menyampaikan kata pengantarnya. Beliau mengungkapkan bahwa study tour ini bertujuan untuk mempersiapkan siswi gontor agar memiliki pengetahuan dalam bidang wirausaha ketika nanti terjun di masyarakat. “Dalam pendidikan santriwati memang tidak 100 % sama dengan pendidikan para satri putra Gontor yang disiapkan untuk menjadi kader-kader pemimpin umat, namun santriwati ini disiapkan untuk menjadi pendamping para pemimpin umat”, tandasnya.

Setelah pengantar dari ketua rombongan, kemudian dilanjutkan sambutan dari Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah matholi’ul Huda Troso. Beliau mengungkapkan sangat senang dan bangga bisa didatangi oleh para santri Gontor setiap tahunnya. Karena berharap keberkahan, karunia, dan energi positif Gontor bisa ikut mengalir di madrasah ini.

Menurutnya tidak semua tanah bisa ditanami dengan Gontor karena setiap lingkungan masyarakat memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Apalagi di pedesaan yang kesadaran pendidikan masih sangat kecil, akan tetapi minimal ruh dari Gontor dan serpihan-serpihannya dapat dilanjutkan oleh para-para santrinya. Di MA Matholi’ul Huda Troso madzhabnya adalah madzhab kegiatan dan pergerakan. Banyak sekali agenda-agenda kegiatan yang dijalankan di MA Matholi’ul Huda Troso, mulai dari intrakurikulernya Muhadlarah, Tata Busana, Tata Boga, gerakan pramuka, sampai kemudian agenda MH Variety Show, Class Meeting, sampai Panggung Gembira. Siswa diajak bergerak agar terlatih memecahkan sebuah masalah (problem solving). “Karena setiap orang pandai, belum tentu dapat berfikir bagaimana menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain”, ungkanya.

Drs. H. Nur Kholis Syam’un juga ingin para santri Gontor ikut mendoakan rencana Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Matholi’ul Huda Troso untuk mempersiap Boarding School. Karena proyek pembangunan gedung 3 lantai yang nantinya membutuhkan biaya milyaran, pengembangannya ini mengandalkan infaq dari para siswa. Seluruh siswa di YPI. Matholi’ul Huda Troso mulai dari KB, MI, MTs., MA, Madin Awaliyah dan Wustho total ada sebanyak 2600-an siswa.

Hampir kurang lebih 30 menit sambutan, Kepala madrasah kemudian membuka sesi tanya jawab dengan para santri. Banyak santri yang bertanya tentang orientasi madrasah ke masyarakat, keorganisasian di madrasah, mata pelajaran apa saja yang diajarkan di madrasah, terakhir tentang cerita inspiratif dari pengalaman pribadi Drs. H. Nur Kholis Syam’un.

Setelah acara ramah tamah selesai sekitar pukul 10.00 WIB, para santri foto bersama dengan para pembimbing, ustad, dan kepala madrasah di halaman. Langsung dilanjutkan menuju ke Limo Aplication Kerajinan Kain Tenun Ikat Troso. Dan Pagi ini bergantian santri putra Gontor yang bertolak ke MA Matholi’ul Huda Troso. Untuk santri putra akan ada banyak acara yang harus dilaksanakan mulai dari perjalanan wirausaha, pertandingan persahabatan di bidang olah raga, dan malam ramah tamah yang diisi dengan penampilan MH Band dan Band dari Gontor nanti malam. (Syah)

  • 0
  • Baca: 47 kali

MA MH Troso Gelar Pekan Ulangan Bersama (PUB) Kedua Semester Genap Tahun 2017-2018

Troso, MAMHTROSO.com – Sebelum Pelaksanaan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) pada Semester Genap ini Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso selenggarakan Pekan Ulangan Bersama (PUB) ke-2 mulai kemarin, Kamis (4/5/2018).

PUB ini adalah salah satu sistem evaluasi belajar di MA Matholi’ul Huda Troso yang dilaksanakan dua kali dalam satu semester. Dengan meniadakan Ulangan Mid Semester, PUB menjadi sistem evaluasi andalan karena soal-soal yang dikeluarkan tepat sasaran sesuai dengan materi yang disampaikan oleh masing-masing guru mengampu.

Ada sebanyak 209 siswa Kelas X dan 204 siswa Kelas XI yang mengikuti PUB kali ini. Sementara untuk siswa Kelas XII tetap masuk sekolah untuk mempersiapkan Panggung Gembira pasca pelaksanaan UAMBN, UN, dan USBN. Seperti biasanya PUB dilaksanakan selama 4 hari dengan mengujikan 16 mapel, setiap harinya siswa menghadapi 4 jenis soal mapel yang berbeda. Untuk kelas X ada sebanyak 5 mapel PAI yaitu aqidah akhlak, sejarah kebudayaan islam, fiqih, Bahasa arab, dan qur’an hadits. Kemudian 5 mapel umum yaitu Bahasa inggris, pkn, Bahasa Indonesia, matematika, sejarah. Dan 3 mapel jurusan IPA yaitu kimia, fisika, biologi. 3 mapel jurusan IPS yaitu geografi, ekonomi, sosiologi. Sementara untuk kelas XI mengujikan 5 mapel PAI, 6 mapel umum, 3 mapel sesuai jurusan ditambah penjaskes, TIK, dan keterampilan grafis.

Sebelum PUB dilaksanakan setiap guru mapel memberikan bank soal setelah pertemuan atau setiap proses belajar mengajar. Sesuai dengan SK dan KD yang diajarkan pada hari itu guru memberikan soal post test tetapi soal tersebut dijadikan soal PUB yang akan datang. Sehingga siswa sudah dapat mempersiapkan matang-matang untuk menghadapi PUB ini.

Bentuk soal yang diujikan pada PUB semuanya soal esay atau uraian yang berjuamlah 5 – 15 soal tergantung tingkat kesulitannya karena waktu yang diberikan untuk mengerjakan hanya 45 menit. Stetapi sebelum itu siswa diberi waktu 20 menit untuk belajar di dalam ruangan. Sampai saat ini bentuk evaluasi belajar ini dirasa lebih efektif di MA Matholi’ul Huda Troso. (Syah)

  • 0
  • Baca: 44 kali

Siswa Kelas XII MA MH Troso Jaga Tradisi Saat Kelulusan Tanpa Corat-coret dan Konvoi di Jalan

Troso, MAMHTROSO.com - Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso berikan pengumuman kelulusan siswa Kelas XII dengan sistem online Kamis (3/5/2018) pukul 17.00 WIB sore kemarin.

Pengumuman kelulusan dengan sistem online ini sudah dilaksanakan selama 3 tahun ini. Selain lebih cepat dan praktis dengan menggunakan teknologi digital, juga meminimalisir kemungkinan siswa berkumpul corat-coret pakaian, konvoi di jalan, dan pesta-pesta untuk merayakan kelulusan seperti siswa di sekolah-sekolah lain. Siswa kelas XII MA Matholi’ul Huda Troso dengan mudah bisa mengakses hasil pengumuman kelulusannya dengan akses internet yang dipunyainya bisa melalui android ataupun laptop.

Dengan membuka website resmi MA MH Troso dengan domain www.mamhtroso.com, kemudian pilih pengumuman kelulusan. Untuk mengetahui hasil dari pengumuman kelulusan ini siswa cukup log in dengan username menggunakan nomor induk siswa (NIS) dan password 3 angka terakhir nomor ujian.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan siswa dapat dinyatakan lulus jika sudah memenuhi 3 syarat. Yang pertama, menyelesaikan seluruh program pembelajaran. Kedua, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik. Dan ketiga, Lulus USBN dan UAMBN.

Berdasarkan peraturan tersebut di atas, dari 221 orang siswa kelas XII MA Matholi’ul Huda Troso untuk poin pertama dan ketiga semuanya bisa dinyatakan lulus. Tetapi ada sebanyak 35 siswa yang belum diumumkan karena pertimbangan poin ke dua tentang nilai sikap/perilaku. Yaitu 23 siswa karena pertimbangan kedisiplinan, sikap, dan perilaku. Sementara ada 12 siswa karena belum melunasi biaya administrasi. Mereka akan terus diperhatikan sampai semua agenda kemadrasahan selesai termasuk kedisiplinan dalam mempersiapkan panggung gembira. Dan akan diumumkan pada saat Perpisahan (Muwadda’ah) pasca pelaksanaan panggung gembira 2018. (Syah)

  • 0
  • Baca: 49 kali

HARDIKNAS Kecamatan Pecangaan - 37 Siswa MA MH Troso Laksanakan Tugas dengan Baik di Upacara Pengibaran Bendera

Troso, MAMHTROSO.com – Siswa MA Matholi’ul Huda Troso yang tergabung dalam Petugas Upacara dan Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) laksanakan tugas dengan baik pada upacara pengibaran bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) di Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara pagi ini, Rabu (2/5/2018).

Petugas Upacara Pengibaran Bendera Peringatan HARDIKNAS di Kecamatan Pecangaan ini melibatkan 37 siswa. Harirotus Su’adah sebagai pembawa acara, Hena Haati Auniyah sebagai pembaca Pembukaan UUD 1945, Fendi Setiawan sebagai perwira upacara, dan M. Rizki Maulana Fatah sebagai pemimpin upacara. Pemimpin pasukan yang terdiri dari 4 petugas yaitu Fiqi Saputro, Nova Al Faqih, A. Jody Renata, dan Abdul Rochman mereka memimpin pasukan mulai dari kelompok para guru, siswa tingkat SMA, siswa tingkat SMP, dan siswa tingkat SD.

Adi Setiawan memimpin Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) yang terdiri dari pasukan 8 dan pasukan 17. Fima Kurnia Robbi, Wahyu Aji Wijanarko, dan Yunita Hidayah berhasil mengibarkan bendera Merah Putih ke puncak tiang dengan baik sesuai dengan iringan lagu Indonesia Raya yang ditugaskan kepada SMP 2 Pecangaan. 37 Petugas Upacara dari MA Matholi’ul Huda Troso ini dikoordinatori oleh 2 siswa kelas XII yaitu Muthik Hanim Mufallahah dan Nailis Sa’adah.

Ditunjuk sebagai petugas upacara di tingkat kecamatan, M. Rizki Maulana Fatah, dkk. tidak lebih dari 1 minggu mempersiapkan diri. Akan tetapi karena siswa yang bertugas sudah terbiasa menjadi petugas upacara di madrasah, maka dengan modal itu seluruh petugas berhasil tampil dengan baik.

Sebelum dilaksanakan upacara pengibaran bendera, Panitia Peringatan HARDIKNAS Kecamatan Pecangaan juga mengundang MI Matholi’ul Huda 01 Troso untuk menampilkan Polisi Cilik (POCIL) untuk para tamu undangan dan peserta upacara.

Galeri kegiatannya, klik tautan ini.

Upacara diikuti oleh ratusan pelajar dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah, serta sejumlah guru dan instansi pemerintahan se-Kecamatan Pecangaan.

Camat Pecangaan Muh Tahsin, saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, mengakatakan bahwa Hardiknas sudah selayaknya diperingati untuk memberi semangat kepada para pelaku pendidikan agar terus berikhtiar dalam memajukan dunia pendidikan yang semakin terjangkau dan bermutu. Untuk itu pada tahun ini Peringatan Hari Pendidikan Nasional mengangkat tema “Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan”.

Tema tersebut karena mutu pendidikan di Indonesia masih rendah. Kalah jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga sekalipun, apalagi dengan negara maju. Berbagai kendala seperti masalah insfrastruktur, sumber belajar, tenaga pendidk, dan peran orang tua dan lingkungan kerap mengemuka. Padahal pendidikan merupakan pondasi kemajuan sebuah bangsa.

Lebih lanjut Muh Tahsin juga mengungkapkan sisi pendidikan juga memiliki peran penting dalam membangun dan melestarikan budaya. Di mana Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat beragam dan menjadi kekayaan budaya tersendiri. Namun jika tidak dapat dikelola dengan baik justru bisa berubah menjadi sumber konflik.

“Pendidikan harus mampu mendukung keberagaman kebudayaan. Sehingga dengan penguatan pendidikan secara tidak langsung akan berdampak pula pada majunya kebudayaan Indonesia”, pungkasnya. (Syah)

  • 0
  • Baca: 91 kali
Berlangganan RSS feed