Masuk

Singkat dan Cepat MA MH Troso Bagikan Raport Siswa Kelas X dan XI Semester Genap Tahun 2019-2020

Troso, MAMHTROSO.com – MA Matholi’ul Huda Troso agendakan pembagian raport siswa kelas X dan XI semester genap tahun pelajaran 2019-2020 hari ini, Selasa (30/6/2020).

Pembagian raport kali ini tidak seperti biasanya yang mengundang wali murid dan memberikan banyak informasi dari masing-masing wali kelas. Namun karena di tengah-tengah wabah covid-19, pembagian raport ini diambil oleh siswa sendiri dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yaitu dengan memakai masker dan cuci tangan.

Sesuai dengan surat edaran, pembagian raport ini dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB dengan pakaian bebas yang sopan. Sebelumnya secara singkat Kepala Madrasah memberikan pengarahan kepada seluruh siswa di halaman. Pertama, beliau mengajak seluruh siswa dan guru untuk beristighfar bersama-sama. Dilanjutkan dengan menyampaikan kabar duka dan rasa bela sungkawa, karena salah satu dari orang tua murid (Ibu Rubi’ah Ibunda dari Muhammad Arifin Ilham) telah meninggal dunia. Kemudian Kepala Madrasah mengajak doa bersama untuk orang tua agar selalu diberikan kesehatan. Dan mendoakan madrasah dengan membaca surat An Nasr 3 kali, agar tahun ini mendapat murid yang baik-baik dan banyak.

Setelah pembagian raport hari ini, siswa memasuki hari libur semester genap sampai tanggal 10 juli 2020. Sedangkan pada tanggal 11 Juli 2020 siswa masuk untuk daftar ulang bersamaan dengan pengumuman untuk calon peserta didik baru tahun 2020-2021. Daftar ulang siswa harus membayar 200 ribu dengan ketentuan untuk membayar SPP selama 2 bulan, LKS, dan perlengkapan kebersihan kelas.

Kemudian pada tanggal 13 Juli 2020, siswa kembali masuk untuk pembagian kelas, pembagian buku dan LKS. Memasuki tahun ajaran baru ini Kepala Madrasah memprediksikan masih tetap sebagai mana semester lalu. Yaitu pembelajaran dari rumah secara daring. Maka sekali lagi agenda tahunan madrasah di awal tahun pelajaran yaitu lomba menghias kelas dan 5K akan dihapus.

Sebelum pembagian raport dimulai, siswa-siswi diwajibkan untuk membersihkan kelasnya masing-masing selama 10 menit. Setelah kebersihan kelas, pembagian raport dilaksanakan dengan singkat dan siswa diwajibkan langsung pulang ke rumah masing-masing. Ada beberapa siswa yang belum bisa diberikan raportnya karena secara administratif belum lengkap dan juga ada beberapa siswa karena sikap yang masih ada catatan dari guru-guru. (syah)

  • 0
  • Baca: 21 kali

Pergantian Pengurus OSIS dan Dewan Ambalan Setiabudi-Fatmawati MA Matholi’ul Huda Troso Dilaksanakan dengan Singkat Kemarin

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso selenggarakan serah terima jabatan pengurus OSIS dan Dewan Ambalan secara singkat kemarin, Rabu (24/6/2020). Hal tersebut karena masih dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Covid-19.

Memang tidak seperti biasanya Ketua OSIS dan Pradana Dewan Ambalan yang biasanya menggunakan sistem voting atau pemilihan umum, namun kali ini pengurus baru adalah dari hasil musyawarah guru dan kepala madrasah. Namun untuk susunan kepengurusannya tetap diserahkan secara langsung kepada siswa. Begitu juga dengan proses Laporan Pertanggung-Jawaban dan Serah Terima Jabatan yang biasanya dilaksanakan Hall Muslimat NU dengan disaksikan oleh seluruh siswa-siswi dan dewan guru, kali ini hanya secara singkat dan sederhana pengurus baru diberikan pengarahan oleh Kepala Madrasah di halaman. Dengan dihadiri oleh seluruh pengurus baru yang berjumlah sekitar 60-an siswa dan sebagian pengurus lama.

Untuk tahun pelajaran 2020-2021 Ketua OSIS dijabat oleh Nilam Maharani (XI MIA-1), Wakil Ketua OSIS oleh Muhammad Sholikul Huda, Pradana Putra dijabat oleh Muhammad Ilham Syah (XI MIA-2) dan Pradana Putri dijabat oleh Aulia Fitriani (XI MIA-1).

Dalam rangka memantapkan kepengurusan baru, Drs. H. Nur Kholis Syam’un memberikan pengarahan yang singkat kemarin. Beliau berpesan agar pengurus baru dapat mengemban tugas lebih baik dan dapat memperbaiki seksi-seksi yang mungkin tahun kemarin masih berjalan kurang efektif. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus lama, semoga menjadi catatan sejarah dalam rangka ikut membesarkan madrasah.

Setelah pengarahan dari kepada madrasah, pengurus lama menanda-tangani berita acara serah terima jabatan dan diberikan kepada pengurus baru. (Syah)

  • 0
  • Baca: 41 kali

Lebih Disiplin dan Tertib - Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Online Tahun Pelajaran 2019-2020

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara selenggarakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) mulai kemarin, Senin (8/6/2020). PAT ini dijadwalkan selama 7 hari kedepan yaitu sampai pada hari Senin (15/6/2020). Dan ada 14 mata pelajaran yang diujikan baik mata pelajaran umum, mata pelajaran pendidikan agama islam, penjurusan, peminatan dan lintas minat.

PAT kali ini dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi google form sebagaimana yang pernah dipraktikkan pada saat Pekan Ulangan Bersama ke-2 Semester Genap (PUB) bulan kemarin. Hal tersebut karena sesuai dengan kebijakan untuk mengantisipasi adanya penyebaran virus covid-19. Hingga sekarang pembelajaran maupun berbagai macam ulangan dilaksanakan secara daring atau online.

Jika pada PUB kemarin soal yang diujikan berjumlah 25 pilihan ganda, PAT ini soal ditambah menjadi 30 soal pilihan ganda setiap mata pelajaran. Kecuali mata pelajaran eksak hanya mengujikan 25 soal pilihan ganda.

Evaluasi dari pelaksanaan PUB online bulan kemarin, kali ini pihak madrasah menegaskan agar seluruh siswa kelas X dan XI dapat mengikuti PAT ini dengan baik dan tepat waktu. Pasalnya tidak ada toleransi bagi siswa yang kurang prihatin terhadap pelaksanaan PAT ini. Siswa yang tidak mengikuti PAT satu mapel saja akan ditindak tegas oleh madrasah dengan memanggilnya dan mengerjakan di madrasah sendiri. Maka untuk mengantisipasi hal tersebut pihak madrasah langsung membuat tata tertib khusus untuk pelaksanaan PAT Online. Dan alhamdulillah, pelaksanaan PAT ini lebih baik dari pada PUB pada bulan kemarin. (Syah)

  • 0
  • Baca: 62 kali

Menyambut Hari Raya Idhul Fitri 1441 H, YPI Matholi’ul Huda Troso Rilis Video Cover Lagu “Lebaran”

Troso, MAMHTROSO.com - Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara meliris video cover lagu lebaran pagi ini, Jum’at (22/5/2020). Lagu yang berjudul “lebaran” ini dipopulerkan oleh H. Rhoma Irama dipilih langsung Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso. Bekerjasama dengan Hermansyah sebagai vocalis utama dan sebagai backing vocal salah satu guru Nur Muzaroh dan 2 siswa yaitu Sumiati dan Nilam Maharani.

“Pandai-pandailah mengambil hikmah, di hari raya yang mulia, tingkatkan iman, amal, dan taqwa serta perkuat ukhuwah”, salah satu potongan liriknya banyak sekali mengandung makna yang baik untuk dapat diterapkan oleh seluruh civitas akademika Matholi’ul Huda Troso.

Syaifur Rohman sebagai kreator, direktor, kameramen, sekaligus editing mengkonsep video cover ini dengan cukup singkat. Proses pengambilan suara dilakukan di Studio Musik MA Matholi’ul Huda Troso dan pengambilan video diambil di depan showroom kain tenun milik H. Sumarlan.

Tujuan diproduksinya video ini salah satunya untuk ucapan Selamat Hari Raya 1441 H dari YPI Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara, melalui nada dan dakwah sebagaimana yang dicetuskan oleh H. Rhoma Irama yang terkenal dengan lagu-lagu dakwahnya. (Syah)

Lihat video lengkapnya – klik di bawah ini

  • 0
  • Baca: 149 kali

Bakti Sosial Tahun 2020 - OSIS dan Dewan Ambalan MA MH Troso Bagikan 46 Paket Alat Kebersihan

Troso, MAMHTROSO.com - Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MA Matholi'ul Huda Troso bersama Pramuka MA Matholi'ul Huda Troso Gugus Depan 09.115 - 09.116 Ambalan Setiabudi - Fatmawati kemarin adakan bakti sosial dengan membagikan alat kebersihan ke musholla-musholla terdekat yang ada di wilayah Desa Troso, Kamis (21/5/2020).

Kegiatan bakti sosial ini adalah salah satu program kerja Dewan Ambalan dan OSIS setiap tahunnya. Fikri Aida Fitriyah (XII MIA-3) dan Wahyu Budi Santoso (XII MIA-1) sebagai pradana bersama Fatikha Amalia (XII MIA-1) dan Ahmad Setiawan (XII IIS-1) sebagai ketua osis dan wakil ketua osis selalu berupaya untuk melaksanakan setiap program kerjanya sebagaimana yang telah diputuskan dalam musyawarah program kerja (muker) di awal tahun. Dan kali ini melalui seksi sosial bersama pengurus harian Dewan Ambalan dan OSIS, memutuskan untuk mengadakan bakti sosial membagikan alat-alat kebersihan ke musholla-musholla terdekat yang ada di wilayah Desa Troso.

Kegiatan ini diikuti oleh sebagian anggota Dewan Ambalan dan Osis yaitu sebanyak 50 orang. Kegiatan bakti sosial ini dimulai pukul 09.00 WIB berkumpul di madrasah terlebih dahulu. Lalu dijelaskan arahan dan teknisnya terlebih dahulu oleh Pradana. Kemudian pada pukul 09.30 WIB berangkat ke lokasi yang telah dibagi oleh koordinator.

Meskipun di tengah wabah virus Covid-19 namun Dewan Ambalan dan Pengurus OSIS berupaya maksimal untuk merealisasikan programnya. Dalam pelaksanakan bakti sosial ini siswa yang bertugas tetap mematuhi aturan pemerintah dengan memakai masker dan tetap menjaga jarak dengan yang lain.

Ada 46 musholla yang dijadikan sasaran bakti sosial ambalan dan osis, mulai dari musholla Miftahul Huda, Ar-Rohman, Al-Hayat, Al-Falah dan yang lainnya. Adapun program bakti sosial yang diberikan adalah alat kebersihan berupa sapu, pengesat kaki/keset, pell dan tempat sampah.

Dengan adanya kegiatan bakti sosial ini semoga bisa memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat. Dan semoga menjadi amal positif untuk seluruh yang terlibat. (Ana/Sely)

  • 0
  • Baca: 104 kali

MA MH TROSO Selenggarakan Pekan Ulangan Bersama (PUB) Secara Online Selama 7 Hari

Troso, MAMHTROSO.com – Akibat dari virus Covid-19 seluruh sekolah mengubah sistem pendidikannya. Yang semula sistem konvensional berkumpul dan tatap muka langsung di kelas-kelas, kali ini hampir semua sekolah menggunakan sistem pembelajaran daring.

Begitu juga dengan pelaksanaan Pekan Ulangan Bersama (PUB) Ke-2 Semester Genap Tahun 2019-2020 kali ini laksanakan secara online. Tercatat mulai kemarin, Senin (11/5/2020) sampai Senin (18/5/2020) dijadwalnya PUB dengan mengujikan 14 mata pejaran. Dengan menggunakan aplikasi Google Form siswa dapat mengakses lembar ulangan secara daring melalui link-link yang dibagikan kepada masing-masing wali kelas. Sebelum dilaksanakannya PUB secara daring, pihak madrasah melaksanakan simulasi selama 2 hari untuk menguji kesiapan para siswa-siswinya.  

Sangat berbeda jika PUB biasanya disediakan lembar jawab dan soal berupa uraian sebanyak 5 sampai 10 soal, namun karena kali ini PUB dilaksanakan secara daring soal dibuat pilihan ganda berjumlah 20 sampai 25 soal.

Setiap hari dijadwalkan ada 2 mata pelajaran yang diujikan, dengan masing-masing mata pelajaran terdapat link untuk mengisi daftar hadir dan link untuk lembar jawab soal. Link daftar hadir selama 15 menit harus diisi untuk mengetahui kesiapan siswa untuk mengerjakan soal. Setelah berhasil mengisi daftar hadir, siswa baru bisa mengerjakan soal dan harus mengirim tepat sebelum waktunya selesai.

Dari perkembangan berita tentang virus Covid-19 sampai saat ini, pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) diperkirakan akan dilaksanakan secara daring juga. (Syah)

  • 0
  • Baca: 113 kali

Kebijakan Kemenag Terkait Virus Covid-19, Kepala Madrasah MA Matholi’ul Huda Troso Kumpulkan Siswa-Siswinya

Troso, MAMHTROSO.com – Kepala Madrasah mengadakan apel pagi untuk seluruh civitas akademika MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso pagi ini, Senin (16/3/2020). Apel ini terkait dengan kebijakan kemenag tentang dampak Virus Covid-19 yang sudah mewabah ke Indonesia.

Dalam apel pagi ini beliau Drs. H. Nur Kholis Syam’un pertama kali menyampaikan satu ungkapan dalam bahasa inggris, “Not Even God himself Could Sink this Ship” artinya Bahkan Tuhan sendiri tidak bisa menenggelamkan Kapal ini. Kalimat itu pernah diucapkan oleh pembuat Kapal Titanic yang begitu besar yang menunjukkan betapa sombongnya orang itu. Namun pada akhirnya pertama kali berlayar kapal itu-pun tenggelam.

Begitupun asal muasal Virus Corona yang pertama kali muncul di Wuhan Tiongkok. Karena Tiongkok sekarang mengalami kemajuan yang luar biasa, Presidennya Xi Jinping pernah berpidato di peringatan 70 tahun berdirinya China bahwa, “Tidak ada kekuatan yang bisa mengguncang fondasi dari negara yang hebat ini, Tidak ada kekuatan yang bisa menghentikan rakyat China dan negara China untuk terus maju”. Kalimat yang berkonotasi jumawa dansombong itu akhirnya diingatkan oleh Allah dengan wabah virus ini yang mewabah di negaranya. Sehingga pelajaran yang berharga dari bencana ini adalah sekuat apapun manusia tidak pantaslah menjadi sombong.

Kedua, beliau mengingatkan agar aqidah yang harus tetap diyakini oleh seluruh umat islam khususnya seluruh siswa-siswi bahwa mati dan hidup semua adalah kehendak Allah. Jangan hanya takut kepada Virus karena takut mati, tapi takutlah kepada Allah agar tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang-Nya. Meskipun begitu sebagai manusia harus tetap selalu hati-hati dan waspada.

 وَلِكُلِّ اُمَّةٍ اَجَلٌ ۚ فَاِذَا جَاۤءَ اَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُوْنَ سَاعَةً وَّلَا يَسْتَقْدِمُوْنَ

Artinya : Dan setiap umat mempunyai ajal. Apabila ajalnya tiba, mereka tidak dapat meminta penundaan atau percepatan sesaat pun.

Kemenag tadi malam telah menyampaikan edaran terkait kebijakan meliburkan siswa-siswi madrasah selama 2 minggu kepada Kanwil Kemenag Provinsi, Kankemenag Kab/Kota, serta Kepala Madrasah untuk mencegah menyebaran Virus Covid-19 ini. Dan seluruh siswa mulai besok pagi diliburkan sampai tanggal 27 Maret 2020. Menyikapi hal tersebut Kepala Madrasah kemudian mengadakan rapat dengan seluruh guru dan memutuskan untuk memberikan tugas kepada siswa-siswi selama di rumah. Tugas ini nanti disampaikan oleh guru mapel sesuai dengan jadwalnya kepada wali kelas dan selanjutnya wali kelas menyampaikan kepada siswa-siswi melalui online. Tugas itu akan dikumpulkan kepada guru pada saat masuk, dan bagi yang tidak mengerjakan maka akan diberi sanksi yang berat.

Beliau juga mengingatkan bahwa libur ini dalam rangka mencegah penyebaran virus, jadi siswa harus tetap di rumah masing-masing untuk mengerjakan tugas sekolah dan menghindari keramaian. Tidak malah kemudian “nglayap” atau jalan-jalan sebebasnya.

Terakhir, Kepala Madrasah mengajak doa bersama semoga seluruh siswa, guru, orang tua, dan semuanya diberikan keselamatan oleh Allah. Semoga siswa Kelas IX dan XII dimudahkan belajarnya untuk menghadapi ujian. Dan semoga madrasah semakin berkembang, maju, dan menjadi besar untuk umat. (syah)

Surat edaran dan jadwal pelajaran siswa selama di rumah :

  • 0
  • Baca: 341 kali

“Luar Biasa” Tampilan Siswa Kelas X dan XI MIA di Emha Variety Show (EVS) Tahun 2020

Troso, MAMHTROSO.com - Kembali adakan acara ajang kreasi seni dan budaya, MA Matholi’ul Huda Troso gelar Emha Variety Show (EVS) kemarin, Sabtu (14/3/2020). EVS ini adalah salah satu agenda rutin yang diselenggarakan oleh pihak madrasah setiap satu semester. Selain untuk hiburan untuk seluruh civitas akademika MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso, yang tak kalah penting dari kegiatan ini siswa dapat belajar secara langsung banyak ilmu di luar kelas. Seperti melatih keikhlasan, kerjasama, tanggung jawab, kebersamaan, kreatifitas, kewirausahaan, dan masih banyak nilai-nilai pendidikan lainnya. 

EVS ini berisi berbagai macam tampilan seperti halnya pentas seni yang melibatkan seluruh siswa-siswinya. Dari 17 kelas dibagi menjadi 2 bagian, ada yang bertugas untuk mengisi acara di panggung dan ada kelas yang mendapat tugas untuk mendirikan bazar-bazar jajan atau makanan ringan. Biasanya untuk Kelas XII dan XI IIS bertugas mengisi acara di panggung pada EVS Semester Gasal, kemudian untuk Kelas X dan XI MIA mendapat bagian untuk mengisi bazar-bazar. Dan pada semester berikutnya gantian untuk Kelas X dan XI yang mengisi acara di panggung, sementara untuk Kelas XII dan XI IIS mengisi bazar-bazar makanan dan minuman.

Untuk mempersiapkan EVS ini tidaklah hal yang mudah. Tidak jarang siswa-siswi kelas X dan XI  melibatkan para alumni atau siswa kelas XII untuk membantu suksesnya tampilan mereka. Mulai dari mengkonsep tema tampilan, memilih backsound, perekaman pengisi suara, mempersiapkan property, kostum, make up, dll. Meskipun acara ini bukanlah sebuah event perlombaan antar kelas, tetapi antusias siswa sangat kuat untuk dapat menyuguhkan tampilan yang luar biasa.

Lihat galeri kegiatannya – klik tautan berikut ini

Acara dimulai pada pukul 07.45 WIB dibuka oleh Wahyu Budi Santoso dan Eva Elviana Novitasari sebagai pembawa acara. Sebagai pembuka Kelompok rebana Muhammad Najmudin Said, dkk. langsung memainkan 4 lagu yang berjudul  Shollalloh ala Muhammad, Assubhu bada, Ya abal hasanain, dan Subhanallah. Dilanjutkan dengan tampilan MH Band yang membawakan 2 lagu berjudul Rela yang dipopulerkan Inka Cristy dinyanyikan oleh salah satu guru Nur Muzaroh, S.Pd. dan Cinta Karena Cinta yang dipopulerkan Judika dinyanyikan oleh salah siswa kelas XI Nilam Maharani. Dilanjutkan dengan Fashion Show dari siswa-siswi Kelas XII dengan pakaian dominan berbahan kain tenun Troso.

X MIA-1 dengan judul The Secret of Rahwana. Diangka dari cerita pewayangan Rama dan Shinta melawan Rahwana. Berbeda dengan cerita Rahwana pada umumnya yang identik dengan kejahatannya, namun kali ini Rahwana sebagai pemeran protagonis. Kerajaan Alengka yang dipimpin Rahwana mengalami kesengsaraan dan kekeringan. Sehingga Rahwana menculik Dewi Shinta karena titisan Dewi Sri itu dapat menyuburkan tanah di Alengka. Tampilan ini lebih banyak nyanyian-nyanyian musikal dari pada dialog percakapannya. Penyuguhan yang sangat luar biasa di awal tampilan EVS pada tahun ini didukung dengan properti, aksesoris dan make up yang sangat indah. Ahmad Irfan Pramudia sebagai lakon Rahwana begitu pas dengan postur badannya yang tinggi dan besar.

XI MIA-2 dengan judul Rebutan Warisan. Melibatkan salah satu alumni Moh. Khoiri sebagai konseptornya, seperti biasa banyak adegan-adegan lucu namun ternyata akhir cerita menjadi mengharukan. Ulum dan Sofiyan diceritakan sebagai kakak adik yang ditinggal mati oleh Ayahnya. Karena meninggalkan harta warisan yang banyak sehingga Ulum dan Sofiyan sampai menghalalkan segala cara untuk merebut warisan orang tuanya itu. Mulai dari bertengkar adu mulut, berkelahi, bahkan saling membunuh dengan cara santet. Namun diakhir cerita mereka dapat sadar karena bermimpi bertemu ibu dan sang ayah. Selain itu mereka merasa tidak tega melihat ibunya yang sudah mulai sakit-sakitan karena melihat pertikaian mereka. Salah satu cerita yang absurd tapi lucu adalah ketika setan ketemu setan dan mereka malah saling jatuh cinta.

X IIS-2 dengan Judul Joko Kendil. Diperankan oleh Aflah yang dalam ceritanya memiliki perawakan buruk dan muka yang jelek. Namun sebenarnya dia adalah seorang pemuda tampan yang mendapat kutukan dan akan kembali tampan ketika dia sudah menemukan cinta sejatinya. Dan pada akhirnya Joko Kendil menemukan Antika sebagai cinta sejatinya berubahlah wajahnya menjadi tampan. Sehingga menjadi rebutan para wanita. Cerita ini dikemas dengan genre komedi dan diakhiri dengan pesan yang baik untuk para penontonnya.

X IIS-1 dengan Judul The Beginning of Srikandi. Salah satu tokoh dalam wiracarita dari India, yaitu Mahabharata. Dalam kisah, ia merupakan putri Raja Drupada dengan Dewi Gandawati dari Kerajaan Panchala. Diperankan oleh Rahma sebagai tokoh utamanya menjadi karakter Srikandi menjadi sangat hidup. Didukung rekan-rekannya sebagai Punokawan membuat cerita ini tampak menarik. Rendi, Hendi, Malik, Rif’an yang bercakap-cakap dengan Pramudia sebagai Raja yang galak malah Nampak lucu dengan mimik dan gaya bahasanya. Akhir cerita Srikandi berhasil menyelesaikan tugas dari gurunya untuk menangkap seorang perampok.

X MIA-2 dengan Judul The Srikandi Journey. Melanjutkan cerita kelas sebelumnya tentang Srikandi. Kali ini diperankan oleh Nayla Sayyidatun Nisa. Jika sebelumnya menceritakan pertumbuhan Srikandi, namun pada kali ini menceritakan petualangan Srikandi ketika memimpin Kerajaan Panchala yang terkena wabah penyakit yang disebabkan oleh Mahesa Sura yang diperankan oleh Rival Arafat. Rival dan kawan-kawannya sebagai pemeran antagonis lengkap dengan kostum-kostum pewayangannya. Background yang terus bergantian menyesuaikan latar adegan terjadi cukup menarik perhatian. Singkat cerita Srikandi berhasil mengalahkan Mahesa Sura dan mendapatkan obat penyembuh untuk rakyat-rakyatnya.

XI MIA-1 dengan Judul Kerinduan. Dibuka oleh duet Nilam Maharani dan sahal Abdan dengan menyanyikan lagu Kerinduan yang dipopulerkan oleh H. Rhoma Irama. Kisah fiktif ini dimulai dari  seorang siswa yang rindu akan masa-masa sekolah. Safiqun Nafi’ dan Ariyanto sebagai pemeran utamanya kemudian mereka mengingat-ingat peristiwa ketika sekolah dulu. Pernah ketika mendapat tugas untuk mengerjakan naskah drama di salah satu rumah temannya, tetapi malah kemudian dituduh mencuri jam tangan. Beberapa ada adegan lucu, diantaranya adalah ketika Memet sebagai anak SD dengan lugunya menirukan lagu “Lagu Pada Hari Minggu”.

X MIA-3 dengan judul Panji Asmoro Bangun Kembar Tiga. Ada 3 kerajaan, kerajaan pertama tidak memiliki pasangan. Dan raja kedua memiliki 3 istri yang ketiga-tiganya cacat. Dua raja itu menyukai wanita yang sama, yaitu istri raja ketiga yang bernama Panji Asmoro Bangun. Panji juga disukai oleh adik dari raja ke-2 yaitu Pandansari, sehingga mereka berdua bekerja sama untuk memisahkan Panji Asmoro Bangun dan istrinya Dewi Sekar Jati. Awalnya mereka berhasil memisahkan, tetapi akhirnya kejahatan mereka terungkap. Raja pertama, kedua, dan adik dari raja ke-2 tewas akibat peperangan yang memperebutkan Sekarjati. Dan akhirnya Panji Asmoro Bangun dan Dewi Sekarjati bersatu kembali. 

X IIS-3 dengan Judul Mata Luka Sengkon Karta. Melibatkan siswa Kelas XII Wahyu Budi Santoso, kelas ini mengakat cerita fakta kelam dunia peradilan di Indonesia pada tahun lampau. Sengkon dan Karta adalah petani berasal dari Bojongsari, Bekasi, Jawa Barat. Diperankan oleh Bagus Chamlus Said dan Abdul Kahfi Asrori, mereka menerima vonis pengadilan negeri Bekasi dengan hukuman 12 tahun (Sengkon) dan 7 tahun (Karta) atas dakwaan pembunuhan dan perampokan. Putusan itu dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi Jawa Barat. Padahal mereka hanyalah korban fitnah dari orang yang iri dengannya. (Syah)

  • 0
  • Baca: 367 kali
Berlangganan RSS feed