Masuk

Panitia Zakat Fitrah MA Matholi’ul Huda Troso Salurkan Sebanyak 485 bungkus Beras Tahun Ini

Troso, MAMHTROSO.com – Panitia Penyaluran Zakat Fitrah dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MA Matholi’ul Huda Troso Pecangan Jepara Periode 2020/2021 salurkan total 485 bungkus beras kepada mustahik pagi ini, Ahad (10/5/2021).

Setiap tahunnya penyaluran zakat fitrah ini memang selalu diprogramkan OSIS Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso. Seluruh siswa baik MA Matholi’ul Huda Troso dihimbau untuk menyalurkan zakat fitrahnya melalui amil zakat di madrasah. Penggalangan zakat fitrah ini hanya berjalan kurang lebih 1 minggu. Panitia dengan dibantu oleh para guru masuk ke kelas-kelas untuk menerima zakat dari siswa. Tentu saja disesuaikan dengan syarat-syarat zakat fitrah berdasarkan ketentuan secara syariatnya.

Dari total 465 orang siswa, hanya 24 orang siswa saja yang tidak menyalurkan zakat fitrahnya melalui Panitia MA MH Troso. Sehingga prosentase siswa yang menyalurkan zakat melalui madrasah pada tahun ini mencapai 95 %. Siswa dapat menyalurkan zakat fitrahnya dalam bentuk beras sebanyak 2,5 kg atau uang sejumlah Rp 25.000,-. Dari uang tersebut akan dibelikan beras oleh panitia kemudian disalurkan kepada orang-orang yang berhak menerimanya.

Sebelum proses pendistribusian zakat fitrah, panitia dan Waka. Kesiswaan Karwadi, S.Ag. membelanjakan beras kepada para penjual beras di sekitar. Tentu beras dipilih adalah beras yang baik dan layak untuk digunakan zakat. “Dari 465 siswa yang menyalurkan zakat fitrah, ada sekitar 69 siswa yang menyalurkan zakat fitrahnya langsung dalam bentuk beras. Dan ada 372 siswa membayar zakat fitrahnya dalam bentuk uang, yang totalnya Rp 9.300.000,-. Dari uang tersebut kemudian dibelanjakan semua menjadi 441 bungkus beras”, Ungkap Waka. Kesiswaan Karwadi, S.Ag. di madrasah usai penyaluran zakat fitrah.

Pihak panitia mendata orang-orang yang berhak menerima zakat (mustahik) dari lingkungan sekitar siswa, atau kepada ketua RT, RW, dan tokoh masyarakat yang ada di beberapa desa. Setelah mendapatkan data tersebut maka pada saat hari pendistribusian masing-masing RT tersebut diberikan beras sejumlah yang ada di data. Meskipun memang sebagian besar disalurkan di Desa Troso tetapi beberapa desa di sekitar Desa Troso juga menjadi target sasaran penyaluran, seperti Desa Ngeling, Sowan Lor, Dongos, Pecangaan, Rengging, Karangrandu dan Lebuawu. Dan beberapa yayasan panti asuhan juga menjadi tempat penyalur zakat fitrah ini, diantaranya adalah Panti Asuhan Darul Aitam Al Ma’un di Desa Sowan Lor, dll. (Syah)

  • 0
  • Baca: 19 kali

Apel Pagi – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Remaja Sering Tertipu dengan Keadaan Dunia

Troso, MAMHTROSO.com – Sebelum libur Hari Raya Idhul Fitri 1442 H, Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso mengadakan apel pagi, Ahad (9/5/2021) kemarin. Apel ini dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso, Drs. H. Nur Kholis Syam’un. Diikuti oleh seluruh civitas akademika MTs. dan MA Matholi’ul Huda Troso di halaman madrasah tepat pada pukul 07.00 WIB. Dalam kesempatan tersebut beliau selalu menyampaikan informasi tentang agenda madrasah, dan yang paling utama adalah memberikan siraman rohani untuk membekali siswa-siswinya dengan paradigma islami dan berakhlakul karimah.

Pertama, beliau mengajak berdoa, untuk para guru agar selalu diberikan kelapangan hatinya dan selalu diberikan kesehatan. Kemudian mendoakan madrasah agar terus membangung untuk menunjang kemajuan fasilitas-fasillitasnya dan terus memberkahi umat. Selanjutnya mendoakan semua siswa semoga ilmu yang dapatkan dapat bermanfaat, terakhir mendoakan masing-masing orang tua semoga selalu dimudahkan rizkinya dan selalu diberikan kesehatan.

اِذَاكُنْتَ صَبِيًّا تَلْعَبُ مَعَ الصِّبْيَانِ

اِذَاكُنْتَ شَابًّا غَفَلْتَ بِاللَّهْوِ

اِذَاكُنْتَ شَيْخًا صِرْتَ ضَعِيْفًا

فَمَتَى تَعْمَلُ للهِ تَعَالى ؟

"Ketika Anda masih menjadi anak-anak, Anda suka bermain dengan anak-anak seusia Anda. Ketika Anda muda, Anda terbuai dengan pesona dan gemerlap dunia. Ketika Anda sudah tua, Maka seluruh tubuh Anda menjadi lemah. Terus kapan Anda beramal untuk Allah ?"

Dari ungkapan tersebut, beliau menjelaskan bahwa remaja sekarang ini sering terbuai dengan keindahan dunia, sering tertipu dengan keadaan dunia. Padahal seharusnya di usia muda inilah awal penentuan kehidupan untuk masa-masa mendatang.  Masa depan seseorang terletak pada saat mudanya, karena takdir yang menentukan adalah diawali dari usaha diri sendiri kemudian dipasrahkan kepada Allah SWT. Tapi justru yang muda ini paling rentan tertipu dengan keadaan dan keindahan dunia. Sehingga lupa hakikat tujuan manusia dari sang penciptanya.

“Makanya kalian harus paham betul arti kehidupan. Jika sampai tua masih terbuai dengan kehidupan dunia. Maka Waidza kunta saikhon sirta dhoifan, kalau sudah tua maka lemah, dan sakit-sakitan. Terus untuk Allah kapan?”, ungkap beliau dengan tegasnya.

Semua hal yang dilakukan manusia sebenarnya adalah sebuah pelajaran. Termasuk semua agenda dan aktifitas di madrasah adalah semua dalam rangka pelajaran dan pendidikan. Karena Alhayatu akidatun wal jihad, hidup adalah komitmen dengan nilai nilai Allah dan harus terus diperjuangkan. Maka jika seseorang sudah memiliki tujuan yang benar untuk menjadi orang yang alim, maka harus diperjuangkan. Karena dengan niat tersebut pasti Allah akan selalu melindungi dan memudahkannya.

Selanjutnya Kepala Madrasah bersyukur selama pandemi masih bisa melaksanakan proses pembelajaran meskipun kurang maksimal. Namun semuanya dalam rangka sayangnya guru kepada siswa-siswinya. Karena jika dibiarkan siswa belajar dari rumah selama 1 tahun lebih seperti yang lain, maka akan banyak sekali dampak-dampak negative, dan banyak fitnah yang muncul. Selain itu juga dengan pembelajaran luring di madrasah siswa-siswi punya kesempatan beramal jariyah untuk melanjutkan proses pembangunan madrasah.

Terakhir, beliau menyampaikan informasi bahwa Libur Hari Raya mulai Senin hari ini (10/5/2021) sampai Kamis (20/5/2021). (Syah)

  • 0
  • Baca: 20 kali

MA Matholi’ul Huda Troso Gelar Ujian Madrasah (UM) 2021 dengan Sistem CBT Berbasis Andorid

Troso, MAMHTROSO.com - MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara menggelar ujian madrasah (UM) untuk siswa Kelas 12 Tahun Pelajaran 2020-2021, Senin (22/3/2021) kemarin. Evaluasi akhir ini dilaksanakan selama 7 hari dengan mengujikan 14 mata pelajaran.

Diikuti oleh seluruh siswa kelas 12 yang berjumlah 148 siswa, terdiri dari 59 program IPA dan 89 siswa dari program IPS. Panitia Ujian Madrasah di MA Matholi’ul Huda Troso membagi peserta ujian menjadi 7 ruangan. Sehingga setiap ruangan hanya berisi 20 sampai 25 siswa untuk menjaga jarak antar siswa.

Ujian Madrasah ini dilaksanakan dengan sistem tatap muka di madrasah dengan aplikasi Computer Based Test (CBT) berbasis Android. Jadi siswa cukup membawa Smartphonenya untuk mengerjakan soal-soal ujian ini. Panitia ujian madrasah MA Matholi’ul Huda Troso berinisiatif meminta Master Soal Ujian Madrasah dalam bentuk soft copy dari Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) 01 Jepara. Kemudian dilanjutkan proses editing supaya dapat dimasukkan dalam aplikasi CBT. Madrasah juga mengembangkan sitem ujian ini supaya siswa tidak bisa mengakses internet ketika sedang mengerjakan soal. Hal tersebut untuk mencegah siswa berbuat curang.  

Kepala Madrasah, Drs. H. Nur Kholis Syam’un mengambil kebijakan tersebut karena Ujian Madrasah ini harus dilaksanakan dengan baik dengan prinsip kejujuran. Jika siswa mengerjakan secara daring atau dengan sistem lembar jawab kertas di rumah, maka tidak menutup kemungkinan siswa dapat mengerjakannya dengan cara-cara yang tidak jujur, misal menggunakan internet, membuka buku, atau bahkan dikerjakan bersama-sama dengan teman yang lain.

Pasca pelaksanaan Ujian Madrasah ini siswa kelas 12 akan diliburkan selama 1 minggu, kemudian akan mengikuti beberapa ujian praktik. Diantaranya adalah ujian praktik Desain Grafis, Fikih, dan Qur’an. (Syah)

  • 0
  • Baca: 113 kali

Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. 1442 H – Noor Ubaidillah, S.Pd.I : Jadilah Generasi Khaira Ummah

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara selenggarakan Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. 1442 H di halaman madrasah pagi ini, Sabtu (13/3/2021).

Acara ini diikuti oleh seluruh siswa dan para guru. Dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan dibuka oleh Aulia Fitriani (XII MIPA-2) dan Nilam Maharani (XII MIPA-2) sebagai pembawa acaranya. Serangkain ritual pembacaan doa yang diawali hadrah langsung oleh Drs. H. Nur Kholis Syam’un, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Yasin dipimpin Ahmad Azhari Nasir, S.H.I., M.S.I,. Secara berurutan Ismail, S.Pd.I memimpin Istighatsah dan tahlil dipimpin oleh H. Ahmad Harisul Haq, Lc.

Sholawat Al Barzanji dipimpin oleh Ismail, S.Pd.I. dengan diiringi tim rebana siswa MA Matholi’ul Huda Troso. Dilanjutkan mauidzah hasanah oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso, Noor Ubaidillah, S.Pd.I. Beliau menyampaikan sejarah singkat peristiwa perjalanan Isra’ Mi’raj Rasulullah SAW. yang bertemu langsung dengan Allah SWT. dengan mendapat perintah sholat 5 waktu. Pertemuan tersebut (peristiwa Isra’ Mi’raj) adalah sebuah puncak penghormatan yang berikan oleh Allah kepada nabi Muhammad SAW. dan itulah sejatinya nikmat. Maka jika ada siswa yang merasa sudah nikmat ketika diberi uang saku oleh orang tuanya ketika pergi sekolah, itu bukanlah kenikmatan yang sejati.

Beliau juga berpesan agar meneladani Rasulullah SAW. dalam peristiwa Isra’ Mi’raj tersebut. Sebagai manusia biasa (awam) tidak menutup kemungkinan juga bisa bertemu Allah SWT. yaitu dengan jalan menjadi khoiro ummah.

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ قلى وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ ٱلْكِتَٰبِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُم ج مِّنْهُمُ ٱلْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ ٱلْفَٰسِقُونَ

 

Artinya : “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik”. (QS. Ali Imran : 110).

“Setelah peringatan Isra’ Mi’raj ini semuanya harus meningkatkan kualitas keimanan, meningkatkan akhlaknya, dengan menjaga nama baik madrasah”, pungkasnya.

Terakhir, barokah doa dipimpin oleh H. Mustofa Kamal dan acara selesai ditutup oleh Pembawa Acara pada pukul 10.00 WIB. (Syah)

  • 0
  • Baca: 112 kali

KOPKAR Matholi’ul Huda Troso Tutup Buku Tahun 2020, Aset Mengalami Penurunan

Troso, MAMHTROSO.com - Koperasi Karyawan Yayasan Matholi’ul Huda Troso adakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) kemarin, Jum’at (5/2/2021). Acara ini dilaksanakan di Aula MA Matholi’ul Huda Troso pada pukul 07.30 WIB. Dihadiri oleh seluruh anggota dari semua unit mulai dari Madrasah Aliyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Ibtidaiyah, Raudlatul Athfal, dan Madrasah Diniyah kurang lebih sekitar 148 orang.

Rapat Anggota Tahunan ini memang salah satu program kerja dari Koperasi Karyawan Yayasan Matholi’ul Huda Troso yang biasanya dilaksanakan pada awal tahun. Dalam rapat ini disampaikan Laporan Pertanggung Jawaban perjalanan koperasi dalam satu tahun, pembahasan program kerja satu tahun ke depan, dan pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU). Acara inti laporan pertanggung-jawaban pengurus koperasi dipimpin langsung oleh Bpk. Fadloli, S.Pd.I., Ketua Koperasi Karyawan Yayasan Matholi’ul Huda Troso secara singkat. “Total kekayaan koperasi pada tahun ini sebesar Rp 1.606.800.000,- ini mengalami penurunan sebesar 200 jutaan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Jasa angsuran juga mengalami penurunan pada tahun kemarin dari Rp 213.148.500,- tahun ini hanya mendapatkan 126.228.500,-“, ungkapnya. Penurunan asset pada tahun 2020 ini sangat dimaklumi karena disamping jasa pada tahun sebelumnya 1,5 % menjadi hanya 1 %. Disamping itu juga selama 3 bulan tidak mengadakan penarikan kredit kepada anggota karena imbas dari Covid-19.

Acara dilanjutkan dengan laporan hasil pemeriksaan pengawas Kopkar Yayasan Matholi’ul Huda Troso oleh Drs. H. Nur Kholis Syam’un. Secara umum beliau sangat mengapresiasi jalannya rapat ini, karena dapat melaksanakan tepat waktu. Namun beliau juga berpesan agar seluruh anggota berkomitmen untuk bersama-sama menjaga keberlangsungan koperasi ini. “Mohon kesadaran yang tinggi, yang belum selesai urusannya, segera diselesaikan. Dan terima kasih kepada Bapak/Ibu yang selama ini disiplin memenuhi kewajibannya”, tandasnya.

Sementara untuk pembagian doorprize dilaksanakan sebelum acara selesai. Ada lebih dari 200 jenis doorprize sembako seperti deterjen, gula, mie instan, sirup, minyak goring, sabun diterjen, beras, dll ditambah dengan uang transport bagi anggota yang tidak hadir. Meskipun hanya sembako tetapi tujuannya adalah supaya seluruh anggota yang hadir pada RAT ini mendapatkan door prize. Bahkan ada yang mendapatkan doorprize ini lebih dari 2 jenis. (Syah)

  • 0
  • Baca: 148 kali

Peringati Hari Amal Bakti Kemenag 2021, MA MH Troso Gelar Doa Bersama dan Kepungan

Troso, MAMHTROSO.com – MA Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-75 pagi ini, Selasa (5/1/2021).

Hari Amal Bakti Kemenag diperingati setiap tanggal 3 Januari. Tanggal tersebut mengacu pada saat Presiden Soekarno mengumumkan pembentukan Kementerian Agama, tepatnya pada tanggal 3 Januari 1946 (29 Muharram 1365 H). Adalah Haji Mohammad Rasjidi yang saat itu kemudian diangkat oleh Presiden Soekarno sebagai Menteri Agama RI Pertama. Sebelumnya, jabatan yang ada adalah Menteri Negara Urusan Agama Islam.

Peringatan HAB ke-75 di MA Matholi’ul Huda Troso ini rencananya akan digelar di halaman madrasah, namun karena cuaca yang tidak mendukung maka siswa kembali ke kelas masing-masing. Namun rangkaian acara masih tetap dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Dipimpin dan dibuka langsung Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso dengan pengeras suara dari ruang tata usaha. Rangkaian acara peringatan HAB ini dimulai dengan istighatsah bersama dipimpin oleh H. Ismail, S.Pd.I., dilanjutkan dengan tahlil dipimpin oleh H. Ahmad Harisul Haq, Lc. Bacaan barzanji oleh Nur Muzaroh, S.Pd. dan diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh H. Ahmad Harisul Haq, Lc.

Siswa yang mengikuti acara peringatan HAB Kemenag ke-75 ini berada di kelas masing-masing dengan dikondisikan oleh wali kelas. Dengan tetap mematuhi protocol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak. Setelah serangkain acara doa bersama ini, siswa-siswi kemudian makan bersama (kepungan).

Sampai pukul 09.00 WIB, siswa kemudian mengadakan kebersihan kelas, melaksanakan absensi, dan berdoa pulang ke rumah masing-masing. Dan mulai besok pagi akan dilaksanakan pembelajaran semester genap tahun 2020-2021. (Syah)

  • 0
  • Baca: 211 kali

Pengecoran Lantai 2 Gedung Baru MA Matholi’ul Huda Troso untuk 8 Kelas dan 10 Kamar Mandi

Troso, MAMHTROSO.com –  Untuk mengembangkan fasilitas pendidikannya, Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Matholi’ul Huda Troso hari ini melaksanakan pengecoran lantai 2 gedung baru, Rabu (23/12/2020). Berbeda dengan pengecoran untuk lantai 1 dulu masih tenaga manual menghabiskan banyak tenaga dan waktu, pengecoran kali ini menggunakan Jasa Jayamix.

Proses pengecoran ini dimulai pada pagi hari, namun truk molen pertama baru sampai di lokasi pengecoran pada pukul 10.00 WIB. Sebanyak 4 truk molen bolak-balik sampai 36 kali angkutan untuk mengecor lantai berkapasitas 98 kubik. Yaitu seluas 8 lokal kelas dan 10 kamar mandi. Proses pengecoran selesai kurang lebih pada pukul 11.30 WIB.  

Gedung baru ini dibangun 3 lantai yang berisi 24 lokal dan 30 kamar mandi. Yang rencana akan dijadikan gedung baru untuk siswa MA Matholi’ul Huda Troso. Sedangkan untuk gedung lama akan digunakan untuk asrama atau rintisan pondok pesantren Matholi’ul Huda Troso.

Pada proses pengecoran ini menghabiskan lebih dari 108 juta. Dan total pengeluaran dalam pembangunan gedung baru 3 lantai sampai saat ini di laporan tahap 3 sudah menjadi 1,8 M. Semoga pembangunan diberikan kelancaran oleh Allah dan semoga suatu hari nanti akan menjadi pondok pesantren besar, maju, dan memberkahi umat. (Syah)

  • 0
  • Baca: 177 kali

Lomba Nada Dakwah Menjadi Puncak Acara Class Meeting MA Matholi’ul Huda Troso Semester Gasal Tahun 2020-2021

Troso, MAMHTROSO.com – Pasca lakoni Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal 2020-2021, OSIS MA Matholi’ul Huda Troso agendakan Class Meeting, Rabu (16/12/2020).

Class Meeting yang akan dilaksanakan oleh OSIS ini berjumlah 9  mata lomba. Yang biasanya setiap Class Meeting mengagendakan minimal 20 lomba, namun karena akibat Pandemi Covid-19 mata lomba yang sifatnya keolah-ragaan ditiadakan. 9 lomba tersebut adalah Lomba Dakwah, Pitutur Agami, Lari Balok, Memasak, Lari Ban, Botol Sarung, Karet Gelang Menyongnyong, Oper Kantong, dan Gobak Sodor.

Sebagai puncak kegiatan Class Meeting  kali ini adalah diadakannya Lomba Pitutur Agami dengan diiringi Grup Qosidah Al Maida. Sedangkan di hari berikutnya yaitu Lomba Dakwah oleh perwakilan siswa dari masing-masing kelas dengan diiringi Orkes Melayu bernuansa dakwah Islam, Maherta.

Kegiatan sekolah yang mempertemukan antar kelas dalam berbagai pertandingan dan perlombaan. Jika dilaksanakan dengan baik maka kegiatan classmeeting akan membawa manfaat luar biasa bagi siswa. Selain untuk mempererat tali silaturrahmi antar sesama siswa, juga menjadi ajang menambah keakraban antara siswa di sekolah. Menjadi media refreshing siswa seusai ujian semester dan menyalurkan bakat dan minat siswa dalam berbagai bidang kegiatan. Selain itu juga melatih mental bersaing dan sportifitas dalam perlombaan dan pertandingan. (Syah)

  • 0
  • Baca: 184 kali
Berlangganan RSS feed