Masuk

Pekan Ulangan Bersama (PUB) Ke-1 Semester Gasal TP. 2018-2019 Sedang Berlangsung

Troso, MAMHTROSO.com – Untuk kali pertama pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018-2019 Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso adakan Pekan Ulangan Bersama (PUB) mulai hari ini, Rabu kemarin  (19/9/2018). Dan rencananya akan dilaksanakan selama 4 hari ke depan sampai Hari Ahad besok (23/9/2018).

Diikuti oleh seluruh siswa MA Matholi’ul Huda Troso yaitu sebanyak 61 orang siswa Kelas X MIA, 87 orang siswa Kelas X IIS, 107 orang siswa Kelas XI IPA, 98 orang siswa Kelas XI IPS, 106 orang siswa Kelas XII IPA, dan 99 orang siswa Kelas XII IPS. Total peserta PUB I Semester Gasal kali ini mencapai 558 orang siswa yang terbagi menjadi 17 ruangan.

Pekan Ulangan Bersama ini adalah salah satu bentuk evaluasi hasil belajar peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaan sebanyak satu atau dua Kompetensi Dasar (KD). Bentuk evaluasi pembelajaran ini seperti halnya ulangan harian akan tetapi terorganisir secara sentral dari madrasah dan dilaksanakan dengan bersamaan sesuai dengan jadwal yang dibuat oleh panitia.

Peserta PUB juga menempati ruangan yang telah disiapkan denah tempat duduk sistem silang dengan kelas yang lain sebagaimana ulangan akhir semester. Cuma perbedaannya adalah soal yang diujikan kepada siswa adalah dari guru yang mengajarnya sendiri. Sehingga soal-soal yang diujikan lebih tepat sasaran sesuai dengan KD yang diajarkan. Soal yang diujikan dalam PUB berjumlah 5 – 15 buah yang semuanya berbentuk uraian dengan durasi waktu mengerjakan sekitar 40 - 50 menit.

Di MA Matholi’ul Huda Troso PUB ini adalah pengganti dari evaluasi konvensional Ulangan Tengah Semester (UTS). PUB sudah sejak lama diadakan di MA Matholi’ul Huda Troso dengan berbagai format dan teknis telah dievaluasi agar dapat berjalan dengan efektif. PUB ini ditetapkan sebagai agenda rutin madrasah dua kali dalam satu semester dengan meniadakan Ulangan Tengah Semester. Meskipun begitu MA MH Troso tetap mengikuti Ulangan Akhir Semester (UAS) dan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) dari Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) dan Kemenag.

Ada sebanyak 16 Mata Pelajaran yang diujikan kepada setiap jurusan dalam PUB kali ini. Mapel Umum yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sejarah, dan PKn. Jurusan IPA yaitu Biologi, Kimia, Fisika, Lintas Minat Sosiologi, Lintas Minat Geografi, dan Matematika Peminatan. Jurusan IPS yaitu Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Lintas Minat Biologi, Lintas Minat Kimia, dan Sejarah Peminatan. Sedangkan untuk Kelas XI dan XII ditambah dengan Keterampilan Grafis, Penjaskes, dan TIK. (Syah)

  • 0
  • Baca: 28 kali

Inilah Penampakan 17 Kelas dari Lomba Dekorasi Kelas dan 5K di MA Matholi’ul Huda Troso Tahun 2018

Juara 1 - Show of Mobile Legend (XII IPA-3)

Tema yang diangkat kelas ini dari Game Online yang sangat fenomenal saat ini “Mobile Legend”. Di dinding bagian belakang terdabat berbagai macam karakter game yang disusun dengan gaya display lengkap dengan background sebagaimana ada di game tersebut. Warna biru dongker mendominanasi kelas ini, dengan warna kuning sebagai variasinya. Pewarnaannya sangat tajam dan kontras, sehingga siapapun yang masuk ke kelas ini akan merasakan suasana yang berbeda. Dan yang paling membedakan dengan kelas lain adalah setiap oranamen yang dibuatnya terlihat rapi, detail, dan menyatu dengan tema yang diangkat.

Juara 2 - Negeri Salju (XII IPA-1)

Ketika masuk di kelas ini memang terlihat nuansa dingin sebagai mana salju. Karena dominan kelas ini berwarna biru dan putih sebagaimana warna dasar salju. Dinding bagian belakang terdapat lukisan gunung-gunung es, kemegahan istana-istana, rumah-rumah khas di daerah es, dan danau yang membeku. Yang menjadi mencolok pada kelas ini adalah terdapat ratusan lukisan bintang di dinding bagian atasnya dan bagian langit-langit juga tidak luput dari lukisan langit sebagaimana di negeri salju.

Juara 3 - Pesona Air Terjun (XI IPS-1)

Pertama kali ini ada perwakilan Kelas XI IPS masuk ke 3 besar. Tidak tanggung-tanggung Kelas ini begitu nampak sangat indah di foto. Dinding belakang terdapat lukisan Pemandangan air terjun, gunung, pohon-pohon cemara, burung, sungai yang jernih. Disamping kanan kiri juga dilukis tebing-tebing sungai yang tumbuh pohon-pohon hijau. Di bagian depannya terdapat pohon besar yang di belakangnya ada air terjun kecil yang indah. Sungguh mengagumkan.  

Peringkat 4 - Ramayana (XII IPA-2)

Diadopsi dari cerita legenda percintaan antara Rama dan Shinta. Pada dinding belakangnya terdapat gambar central animasi tokoh dari Ramayana. Ada Rama, Shinta, Rahwana, dan Anoman. Sementara disamping-sampingnya terdapat gambar istana dan kereta kencana yang kendarai oleh Rama. Pose Rama dengan membentangkan panahnya terlihat diberbagai sisi dinding kelas. Gradasi warna yang halus menjadi keunggulan kelas ini.

Peringkat 5 - Indonesia Independence (XI IPA-3)

Desain gambar kelas ini pengembangan dari Doodle Art. Kalau biasanya doodle art lebih didominasi dengan warna hitam putih, kali ini mereka menggambar doodle art dengan tema kemerdekaan Indonesia dengan warna-warna yang kontras. Sesuai dengan temanya, pada dinding belakangnya terdapat gambar animasi orang yang sedang merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Terdapat juga ornamen-ornamen ukir yang menjadi salah satu ciri khas Indonesia.

Peringkat 6 - Dayak Kalimantan (XII IPS-3)

Cukup mengagumkan hasil karya dari Amin, dkk. ini. Karena pada tahun-tahun sebelumnya di kelas X dan XI hasilnya karyanya masih kurang terlihat. Kali ini dengan tema Dayak Kalimantan, hampir seluruh dinding kelasnya di lukis dengan ornamen-ornamen khas dayak. Bahkan hampir tidak ada ruang kosong di dinding-dindingnya. Warna dominasi kuning dan coklat muda dengan motif khas kalimantan juga digambar di sekeliling kelas baik bagian depan belakang samping kanan dan kiri. Dari segi hiasan memang luar biasa, namun ada beberapa hal yang menyebabkan kelas ini merosot ke peringkat 6, yaitu dari kebersihan meja kursi dan kelengkapan lainnya.

Peringkat 7 - The Moba Analog (XI IPA-1)

Tema yang sama dengan Kelas XII IPA-3, namun pada kelas mengambil sisi gambar yang berbeda. Dinding kelas yang didominasi dengan warna biru. Sementara dinding bagian belakangnya terlihat sentral karakter pada game Mobile Legends, namun tidak dilengkapi dengan lukisan backgrond yang menyatu dengan karakter yang digambarnya. Tampak samping kanan, kiri, dan depan terkesan desainnya minimalis dengan beberapa hiasanya karakter game yang digambar kecil.  

Peringkat 8 - Doraemon (XI IPA-2)

Tema yang tidak asing lagi “Doraemon” kartun dari Jepang ini juga ikut menjadi bagian di Lomba Dekorasi Kelas dan 5 K Tahun 2018. Dinding bagian belakang dilukis karakter-karakter yang ada di Film, mulali dari Doraemon, Nobita, Soneo, Jayen, dan Sisuka. Yang paling mengesankan di kelas ini yaitu di sekeliling dinding kelasnya digambarkan hampir 60-an karakter Doraemon yang disusun berjejeran dengan warna backgroud warna-warni yang menggambarkan suasana ceria.  

Peringkat 9 - Keindahan Panorama Gunung (X IIS-3)

Dinding bagian belakang terdapat lukisan pemandangan suasana sungai lengkap dengan batu-batuannya, rumput dan pohon hijaunya, serta 2 burung yang saling berhadapan. Memang dari dekat goresannya belum terlalu halus namun sudah terlihat suasana nyata yang menggambarkan hutan dan sungai. Di sisi bagian kanan-kirinya terdapat variasi biru tua koombinasi dengan biru muda yang ditambah dengan motif ukiran kecil di bagian atasnya.  

Peringkat 10 - Kungfu Panda (XI IPS-3)

Diangkat dari Film animasi asal China, Kelas XI IPS-3 ini membuat background yang menggambarkan bangunan gerbang tempat perguruan kungfu khas China. Dengan dikelilingi batu-batu pondasi, bambu-bambu khas China juga digambarkan disudut-sudut kelas.

Peringkat 11 - Asian Games 2018 (XII IPS-1)

Kemeriahan Asian Games 2018 masih terasa di Kelas ini. Bhin Bhin Atung Kaka sebagai maskot ajang lomba se-Asia itu tergambar di bagian sentral dinding belakang. Dengan background kota metropolitan gedung ditambah kombinasi warna-warni khas logo Asian Games 2018. Dibagian sekeliling dinding bawah terdapat motif ukir dengan warna kontras yang didominasi warna biru dongker dan warna kuning. Bendera Merah Putih juga di bentangkan di bagian depan kelas.

Peringkat 12 - Boruto (XI IPS-2)

Diangkat dari kartun Anime Jepang, Boruto anak dari Naruto ini menjadi tema Kelas XI IPS-2. Di tengah-tengah dinding belakang terdapat tokoh-tokoh Film Anime tersebut yaitu Sasuke, naruto, Kawaki, Boruto Uzumaki, Momoshiki Otsutsuki, Kinshiki, Himawari Uzumaki, Mitsuki, Sarada, dll. Kemudian sebagai backgroundnya terdapat kombinasi warna matahari khas Jepang.

Peringkat 13 - The Secret of The Forest (X MIA-1)

Tema tersebut ingin menggambarkan keindahan hutan yang masih alami tanpa terjamah manusia. Dibalik lebatnya pohon-pohon terdapat sungai yang mengalir jernih ditambah dengan bunga yang warna-warni. Terlukis juga 3 burung kaswari yang sedang hinggap di tepi-tepi sungai. Sementara di tepi kanan kiri kelas dindingnya dilukiskan bunga-bungan yang besar berwarna merah kekuning-kuningan dan juga yang berwarna merah keputih-putihan.

Peringkat 14 - Musisi WPAP Slank (XII IPS-2)

WPAP atau Wedha's Pop Art Potrait adalah suatu gugus seni ilustrasi potret wajah yang bersaling silang secara geometri dengan penggunaan kontradiksi warna-warna khusus. Teknik melukis ini ditemukan oleh Wedha Abdul Rasyid, seniman grafis asal Pekalongan, Jawa Tengah, pada tahun 1990. Kelas XII IPS-2 menampilkan musisi idola mereka dengan seni WPAP ini. Terdapat lukisan WPAP Grup Band Fenomela Indonesia di dinding bagian belakang “Slank” 5 anggota lengkap. Dari tengan ada Bimbim, Abdi, Kak, Ivan dan Ridho. Backgroundnya masih menggunakan warna-warna yang kontra. Di bagian depan kelas juga ada lukitas gitaris fenomenal internasional dari Grup Band Beraliran Heavy Metal Rock “Evenged Seven Fold” yang bernama Sinester Gates.  

Peringkat 15 - Superhero Squad (X MIA-2)

Di Kelas ini terdapat gambar-gambar kartun superhero, mulai dari Captain America, Falcon, Flash, Logan X-Man, Tanos, ada juga Iron Man dan Spyderman di samping kanan dan kiri dinding kelasnya. Sebetulnya setiap karakter yang digambar di dinding kelas ini goresannya terlihat halus, akan tetapi karena konsepnya kartun dan background kombinasinya kurang pas sehingga menempatkan mereka di urutan ke-15.  

Peringkat 16 - Smurfs (X IIS-2)

Smurfs adalah nama seri komik dan juga nama suku fiktif berkulit biru dan berukuran kecil yang diciptakan penulis Belgia, Peyo. Para Smurf dikisahkan hidup si sebuah hutan di Eropa. Dinding yang didominasi warna hijau cerah dikoombinasikan dengan coklat tua dan coklat muda di bagian bawah dindingnya. Di dinding bagian belakangnya terdapat gambar besar beberapa karakter smurfs yang naik dalam sampan. Disamping kanan kiri kelas terlihat gambar jamur-jamur dan berbagai macam adegan yang terdapat di kisah komik tersebut.

Peringkat 17 - Nemo Badut (X IIS-1)

Mengangkat tema dari sebuah film animasi grafik komputer buatan Amerika Serikat yang berjudul “Nemo”. Di dinding belakangnnya terlukis karakter-karakter film tersebut yaitu Nemo, Dory, Hank, dll. Pemandangan bawah laut juga turut sebagai pelengkapnya. Dengan dominasi warna biru pemandangan bawah laut tergambar di kelas ini. Sementara untuk dinding bagian bawahnya semuanya dicat warna krem menyerupai warna pasir yang ada di dasar laut.

  • 0
  • Baca: 58 kali

Siswa MA MH Troso Juara II Lomba 3D Wall Magazine di Festival Pelajar V Jawa Pos Radar Kudus

Troso, MAMHTROSO.com – Mendelegasikan 12 orang siswa, MA Matholi’ul Huda Troso ikut berpartisipasi pada Lomba 3D Wall Magazine dan Lomba Poster di ajang Festival Pelajar V yang diselenggarakan oleh Jawa Pos Radar Kudus Biro Jepara, Sabtu kemarin (15/9/2018).

Lihat galeri kegiatannya – klik

12 orang siswa tersebut adalah 10 siswa untuk lomba 3D Wall Magazine yaitu Fima Kurnia Robbi, Muhammad Arif, Aminuddin Said, Ahmad Mujahidin, Ahmad Aris, Muhammad Candra Gunawan, Eka Edi Setiawan, Muhammad Nor Rokhim, Ahmad Setiawan, dan Feri Nugroho Nur Cahyo. Sementara untuk 2 orang siswa lainnya yaitu Linda Wahyu Laila Shofiana dan Indah Wahyu Laili Shofiani yang ditugaskan untuk mengikuti Lomba Poster.

Dengan mengangkat tema “Bayar Pajak Keren, Memacu Kesadaran Pajak Lewat Pendidikan”. Festival Pelajar V ini dilaksanakan di Gedung Haji Unisnu Jepara mulai pukul 07.00 WIB sampai pada pengumuman hasil lomba pada pukul 16.30 WIB. Untuk jumlah peserta Lomba 3D Wall Magazine berjumlah 13 sekolah, sementara untuk Lomba Poster jumlah peserta lebih dari 40 anak.

Syaifur Rohman, sebagai koordinator tim MA Matholi’ul Huda Troso mengaku harap-harap cemas ketika mendampingi anak-anak lomba. Karena pada lomba kali ini rata-rata karya dari masing-masing peserta lebih baik dari Festival sebelumnya. Tahap persiapan memang tidak terlalu panjang, hanya sekitar 3 hari. Hal ini karena disebabkan di MA Matholi’ul Huda Troso juga sedang disibukkan dengan Lomba Dekorasi Kelas dan 5K.

Namun dengan jerih payah dan kerja keras seluruh anggota tim, kontingen MA Matholi’ul Huda Troso masih dapat menyabet tropi kejuaraan sebagai Juara 2 di Lomba 3D Wall Magazine. Namun Indah dan Linda di Lomba Poster masih belum beruntung.

“Selamat, ini kenangan kalian selama 3 hari kerja. Meskipun bukan yang terbaik tapi kalian adalah tim terbaik dan tangguh setelah lomba 5K, Good Job !”, ungkap Syaifur setelah pengumuman hasil perlombaan. (Syah)

  • 0
  • Baca: 66 kali

Mengangkat Tema “Show of Mobile Legend”, Kelas XII IPA-3 Berhasil Menjuarai Lomba Dekorasi Kelas dan 5K Tahun 2018

Troso, MAMHTROSO.com – Sebagai salah satu tradisi di MA Matholi’ul Huda Troso setiap awal tahun pelajaran baru, yaitu adanya Lomba Dekorasi Kelas dan 5 K. Lomba ini diikuti oleh seluruh kelas mulai dari Kelas X hingga Kelas XII yang semuanya berjumlah 17 kelas. Setiap kelas berlomba-lomba untuk menghias kelasnya agar terlihat bersih, lengkap, indah, artistik, dan mengagumkan.

Lihat galeri penyerahan hadiah Lomba Dekorasi Kelas dan K5 - klik 

Lomba yang dilaksanakan setiap awal tahun pelajaran baru ini sudah berlangsung sejak awal berdirinya madrasah tahun 2003 hingga sekarang. Tujuannya tentu saja adalah untuk menampung kreatifitas siswa dalam mendesain, menggambar, dan melukis kelasnya. Dari tahun ke tahun terus berkembang yang semula hanya menggunakan bahan kertas berwarna (asturo), kemudian styrofoam, dan kini dominan menggunakan cat.  

Setiap kelas diberikan waktu selama kurang lebih satu bulan mulai dari akhir Juli 2018 hingga minggu kedua bulan September 2018. Setiap kelas menghias, melukis, memberikan aksen-aksen yang mendukung dari tema yang diangkat. Dan akhirnya pihak madrasah memutuskan untuk memulai penjurian pada Hari Rabu, 12 September 2018 pada sore hari.

Ada sebanyak 7 juri yang ditugaskan untuk menentukan kelas terbaik tahun ini dan semuanya tidak termasuk dari wali kelas. Hal ini dimaksudkan agar penilaian dapat berjalan objektif. Selain itu juga kriteria penilaian dirancang menjadi beberapa kategori. Mulai dari poin tertingginya adalah ekplorasi tema dan tingkat kesulitan, kemudian estetika, kebersihan, dan perlengkapan.

Yang berbeda pada Lomba Dekorasi Kelas dan 5 K tahun ini adalah semangat anak-anak kelas IPS untuk menjadi kelas terbaik sangatlah tinggi. Jika biasanya kelas-kelas jurusan IPS tidak terlalalu mendominasi, namun kali ini mereka cukup membuat kagum para juri yang menilai. Totalitas dalam karyanya dicurahkan dengan maksimal.

Sabtu pagi tadi, bersamaan dengan Acara Peringatan Tahun Baru Hijriyah 1440 H., hasil dari Lomba Dekorasi Kelas dan 5K diumumkan langsung oleh Kepala Madrasah, Drs. H. Nur Kholis Syam’un. Dengan tema “Show of Mobile Legend”, Kelas XII IPA-3 berhasil menjadi Juara Pertama, sementara untuk Juara 2 dan 3 masing-masing diraih oleh Kelas XII IPA-1 dengan tema “Negeri Salju”, dan Kelas XI IPS-1 dengan Tema Pesona Air Terjun.

Adi Setiawan sebagai ketua Kelas XII IPA-3, mengungkapkan rasa syukurnya yang luar biasa atas pencapaian ini. Karena perjuangan dan pengorbanannya selama ini ternyata tidak sia-sia. Dia juga menceritakan tentang tema yang diangkat pada lomba ini, yaitu dari game online yang sekarang digandrungi oleh remaja “Mobile Legend”. Fima Kurnia Robbi sebagai konseptor sebelum menuangkan idenya di dinding-dinding kelas mendesain dulu di komputer melalui aplikasi Corel Draw. Setelah diperlihatkan dan disetujui oleh teman-temannya, semuanya bergerak untuk merealisasikan desain tersebut dengan detail di setiap itemnya. Dan detail inilah yang rata-rata tidak ditemukan di kelas-kelas yang lain.  

Juara kedua yaitu Kelas XII IPA-1, dengan tema “Negeri Salju”. Dengan detail hiasan dindingnya ternyata berhasil menempatkan mereka di urutan kedua. Ratusan bintang dilukis di atas dinding-dinding bahkan di langit-langit juga tidak luput dihias. Lukisan gunung salju, kastil-kastil, dan rumah-rumah di kutub menjadi gambar dominan di bagian dinding belakangnya. Juara ketiga ternyata berhasil diraih oleh kelas XI IPS-1 dengan tema “Pesona Air Terjun”. Lukisan yang indah dan nampak nyata mendominasi semua sisi dinding kelas ini. Kelas ini memiliki kesan menyatu dengan alam yaitu dengan gambar sejuknya air terjun, pohon-pohon cemara, dan burung-burung.

Tidak tanggung-tanggung, untuk menghargai jerih payah siswa dalam lomba ini pihak madrasah mengeluarkan total hadiah sebanyak Rp 12.250.000,-. Untuk Juara 1 mendapat hadiah uang pembinaan sebesar Rp 1.400.000,-, Juara 2 mendapatkan Rp 1.300.000,-, dan Juara ketiga mendapatkan Rp 1.200.000,-. Berurutan sampai peringkat terakhir yaitu nomor urut 17 masih mendapat hadian sebesar Rp 300.000,-. (Syah)

  • 0
  • Baca: 95 kali

Peringatan Tahun Baru Hijriyah 1440 H – MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso Adakan Kepungan Bareng

Troso, MAMHTROSO.com – Pagi ini seluruh siswa-siswi MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso berkumpul di halaman madrasah untuk ikut memperingati Tahun Baru Hijriyah 1440 H, Sabtu (15-9-2018). Sebanyak 1.200-an orang siswa berkumpul duduk di halaman dengan alas tikar atau koran berkumpul dengan teman satu kelasnya.  

Lihat galeri kegiatannya - klik 

Salah satu siswa dari Kelas XII IPA-3, Adi Setiawan membuka acara dengan bacaan Surat Al Fatihah, dilanjutkan dengan tahlilan yang dipimpin oleh Ismail, S.Pd.I. salah satu guru MA Matholi’ul Huda Troso dan barokah doa dipimpin oleh H. Ahmad Harisul Haq, Lc. Kemudian mauidhoh hasanah disampaikan oleh Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara, Drs. H. Nur Kholis Syam’un.

Pertama, beliau menyampaikan arti “hijrah” secara etimologi yang berarti “pindah”. Merujuk pada sejarah islam dari kisah Nabi Muhammad SAW yang hijrah dari Mekah ke Yastrib untuk mendakwahkan Islam. Namun arti hijrah sekarang lebih kepada perubahan perilaku seseorang, yang semula memiliki kebiasaan buruk berubah menjadi manusia yang berakhlak baik. Sebagaimana yang tersurat di salah satu ayat Alqur’an :

وَمَنْ يُهَاجِرْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يَجِدْ فِي الْأَرْضِ مُرَاغَمًا كَثِيرًا وَسَعَةً

“Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rizki yang banyak”. (An-Nisaa : 100).

Maka untuk siswa-siswi MA Matholi’ul Huda Troso bersamaan dengan momentum peringatan tahun baru hijriyah ini, semua diajak agar siswa yang kadang masih punya perilaku negatif agar segera berubah menjadi baik. Madrasah tidak segan-segan bertindak tegas kepada siswa yang selalu melanggar peraturan. Karena siswa yang setiap harinya dididik oleh guru di madrasah, tetapi tidak tambah baik malah tambah buruk akan menimbulkan fitnah-fitnah di masyarakat.

Terakhir beliau mengajak seluruh siswa berdoa bersama, supaya hatinya dibuka oleh Allah SWT., pikirannya juga diluaskan, semoga siswa-siswi menjadi manusia yang beretika, menjadi manusia yang berakhlak, dan manusia yang berkualitas. Sebelum salam beliau membacakan parikan bahasa jawa tentang nasihat-nasihat hidup, dilanjutkan dengan pengumuman lomba dekorasi kelas dan K5, diakhiri dengan kepungan atau makan di satu wadah bersama-sama.

Kepungan atau makan bersama ini pertama kalinya diadakan di MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso. Selain menjadi momentum doa bersama peringatan Tahun Baru Hijriyah 1440 H, juga sebagai syukuran siswa setelah selama kurang lebih satu bulan berjibaku mempersiapkan lomba dekorasi kelas. Tradisi kepungan yang biasanya ada di pondok-pondok ini sangat baik untuk para siswa. Selain perut menjadi kenyang juga bisa merekatkan rasa persaudaraan (ukhuwah islamiah) antar teman. Karena mereka harus rela berbagi makanan di satu wadah untuk dimakan bersama-sama antara 4 – 10 siswa tergantung besar kecilnya wadah yang digunakan. Ada yang menggunakan wadah nampan dari plastik ada juga yang membawa daun pisang. (Syah)

  • 0
  • Baca: 65 kali

Apel pagi – Drs. H. Nur Kholis Syam’un : Jadilah Sabiqun Bil Khoiroti Bi idznillah

Troso, MAMHTROSO.com - Seluruh siswa MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara berkumpul di halaman madrasah untuk ikuti apel pagi, Ahad (9/9/2018).

Sebanyak 1.200-an siswa, dewan guru dan karyawan semuanya berkumpul usai tanda bel dibunyikan pada pukul 06.50 WIB. Mereka semua bersiap untuk mengikuti sesi apel pagi dari Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso untuk menyampaikan berbagai macam informasi dan motivasi.

Pertama, beliau menyampaikan tentang jiwa keikhlasan siswa dalam setiap pergerakannya di madrasah. Mengingat baru saja pihak madrasah mengeluarkan 2 siswanya karena terlalu sering melanggar tata tertib madrasah. “Madrasah yang mendidik kamu, bukan malah kamu yang mendidik madrasah, jangan sampai kalian menjadi manusia yang dzolimi linafsi (dzolim terhadap diri sendiri), kita memang butuh ribuan siswa, tapi yang mau dan ikhlas dididik”, ungkapnya.

Selain itu beliau juga diingatkan bahwa ada golongan siswa yang kedua yaitu muqtashidun. Siswa pada golongan ini tidak begitu mengerti tentang apa yang dilakukan. Tidak pernah melanggar aturan tetapi juga tidak semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran atau pendidikan.

Golongan ketiga, yaitu golongan Sabiqun bil khoiroti bi idznillah yaitu golongan yang aktif dalam hal positif. Golongan siswa seperti inilah yang diharapkan oleh madrasah. Berbagai macam kegiatan diprogramkan untuk siswa, supaya tenaga siswa terserap dalam kegiatan-kegiatan yang positif. Hal ini tentu untuk mencegah pergaulan bebas anak-anak zaman sekarang.

Seluruh akademika Matholi’ul Huda Troso harus bersatu untuk membesarkan madrasah. Cara membantu madrasah adalah dengan perilaku dan prestasi siswa. Jika siswa berperilaku baik, maka guru akan semangat untuk membimbing , dan siswa juga harus semangat untuk dibimbing. Semua muaranya yaitu agar terbiasa bergerak aktif supaya bermanfaat bagi umat.

Yang kedua, Drs. H. Nur Kholis Syam’un menyampaikan rasa syukurnya atas terlaksananya program sholat dhuha dan sholat dzuhur berjama’ah. Karena awal mula ada keinginan untuk melaksanakan program ini tentu syaratnya harus punya masjid yang besar yang dapat menampung seluruh siswa yang berjumlah sekitar 1.200-an. Akan tetapi dengan memanfaatkan kelas dan teras-teras kelas program sholat berjama’ah ini mulai akhir tahun pelajaran kemarin sudah dapat dimulai. Namun ada beberapa hal yang harus dibenahi, terutama keseriusan dan mobilisasi siswa dalam persiapan dan pelaksanaan ibadah ini.

Berkaitan dengan Lomba Dekorasi Kelas yang biasa dilaksanakan di awal tahun pelajaran, seluruh kelas diberi batas waktu sampai pada tanggal 11 September 2018. Berarti penilaian akan dilaksanakan mulai hari Kamis, 12 September 2018 sampai selesai. Sehingga masih ada waktu kurang lebih lebih 2 hari untuk memaksimalkan dekorasi kelas masing-masing.

Terakhir Kepala Madrasah mengajak doa bersama, pertama untuk madrasah, kemudian untuk pembangunan gedung baru, untuk para guru dan orang tua agar semuanya diberikan berkah dan kemudahan oleh Allah SWT. (Syah)

  • 0
  • Baca: 53 kali

Upacara Pengibaran Bendera – Hj. Siti Muzayaroh, S.Ag. : Jangan Sampai Kalian Menjadi Golongan Yang Merugi

Troso, MAMHTROSO.com - Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara melaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih, Sabtu kemarin (8/9/2018).

Petugas Upacara kali ini perwakilan dari siswa Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso. Komandan dilaksanakan oleh siswa Kelas 9 yaitu M. Ilham Ainun Nijam. Pasukan pengibar bendera dengan formasi 9, Dicky Chandra Lesmana sebagai pengerek, Saidatul Ummah sebagai pembawa bendera, dan M. Reza Kurniawan sebagai pengibar bendera.

Hj. Siti Muzayaroh, S.Ag. bertindak sebagai pembina upacara menyampaikan amanatnya berkaitan dengan motivasi kehidupan. Beliau menjelaskan ada 2 golongan orang dalam kehidupan ini. Yang pertama adalah golongan orang yang beruntung. Yaitu orang yang kehidupannya semakin hari semakin baik. Tetapi golongan yang kedua adalah golongan orang yang merugi. Yaitu orang yang semakin hari tidak tambah baik perilakunya tapi malah semakin buruk.

Mengutip dari Kitab Al Hikam salah satu kajian kitab tasawuf :

 
كَيْفَ تُخْتَرَقُ لَكَ الْعَواَئِدُ وَأَنْتَ لَمْ تَخْرِقْ مِنْ نَفْسِكَ الْعَوَائدَ

"Bagaimana mungkin engkau mendapat hal luar biasa, sementara engkau belum mengubah kebiasaan burukmu".

Dari kutipan tersebut Hj. Siti Muzayaroh mengingatkan agar siswa yang masih saja melakukan kebiasaan buruk agar segera berubah. Dan semua berusaha berlomba-lomba menjadi manusia yang baik tidak hanya di mata manusia lain tetapi juga baik di mata Allah SWT. Muaranya tentu supaya siswa-siswi MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso menjadi manusia-manusia yang beruntung. (Syah)

  • 0
  • Baca: 41 kali

Dengan Tema “Scouting is Fun” Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Setiabudi – Fatmawati Tahun 2018 Digelar

Troso, MAMHTROSO.com – Ambalan Setiabudi – Fatmawati Gugus Depan 09.115-09.116 selenggarakan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Tahun 2018, Jum’at kemarin (31/8/2018).

Lihat galeri kegiatannya - klik disini

Penerimaan Tamu Ambalan ini adalah sebagai salah satu agenda wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa-siswi Kelas X atau siswa baru. Kegiatan ini berorientasi pada gerakan kepramukaan yang ada di MA Matholi’ul Huda Troso. Selain itu juga untuk mempersiapkan siswa-siswi baru agar memiliki bekal dan pengetahuan tentang Ambalan dan siap mengikuti kegiatan-kegiatan yang sudah diagendakan oleh madrasah dan Dewan Ambalan.

Diikuti oleh sebanyak 148 siswa Kelas X sebagai pesertanya. Dengan melibatkan 40 panitia dari Dewan Ambalan. Acara dimulai pada pukul 06.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB bertempat di MA Matholi’ul Huda Troso dan lingkungan sekitar madrasah.

PTA Tahun 2018 yang mengangkat tema Scouting Is Fun. Mustain, S.Sos.I. sebagai pembina upacara dalam amanatnya mengungkapkan bahwa kepramukaan di MA Matholi’ul Huda Troso ingin memberikan wadah bagi siswa-siswi untuk bersenang-senang, akan tetapi tetap mengandung nilai-nilai pendidikan (edukatif). Maka dalam acara tersebut Panitia mendesain kegiatan-kegiatan sesuai dengan tema yang diangkat.

Ada 2 jenis kegiatan yang dilaksanakan, yaitu giat umum dan giat lomba. Semua giat umum dilaksanakan di madrasah. Mulai dari Upacara Pembukaan, Senam Pramuka, Pengetahuan Sejarah Ambalan Setia Budi dan Fatmawati, Arti Bedge Ambalan Setia Budi dan Fatmawati, dan Tepuk Kreasi Pramuka. Sedangkan untuk giat lomba dilaksanakan di sesi perjalanan, mulai dari lomba semboyan (semaphore, morse dan sandi), giat lomba pengetahuan sejarah dan arti badge ambalan (teka-teki silang dan puzzel), sampai lomba outbound.

Usai kegiatan outbound langsung diadakan upacara penutupan pada pukul 14.30 WIB dilanjutkan pengumuman sangga tergiat atau sangga terbaik pada giat lomba yang diadakan oleh panitia. Terakhir diadakan salam-salaman antara peserta dengan panitia Penerimaan Tamu Ambalan.

Sebagai sangga tergiat putri diraih oleh sangga yang dipimpin oleh Abida Ardelia (X MIA-1), kedua oleh Eli Ermawati (X MIA-1), dan ketiga oleh Aulia Fitriani (X MIA-2). Sedangkan untuk tergiat putra sangga terbaik diraih oleh yang dipimpin oleh Ahmad Zada Hilmi Syifa’ (X MIA-1), kedua oleh Faqih Bahrul Ulum (X IIS-2), dan ketiga oleh Muhammad Sholikul Huda (X MIA-2).

(Syah)

  • 0
  • Baca: 104 kali
Berlangganan RSS feed