Masuk

Kebijakan Kemenag Terkait Virus Covid-19, Kepala Madrasah MA Matholi’ul Huda Troso Kumpulkan Siswa-Siswinya

Troso, MAMHTROSO.com – Kepala Madrasah mengadakan apel pagi untuk seluruh civitas akademika MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso pagi ini, Senin (16/3/2020). Apel ini terkait dengan kebijakan kemenag tentang dampak Virus Covid-19 yang sudah mewabah ke Indonesia.

Dalam apel pagi ini beliau Drs. H. Nur Kholis Syam’un pertama kali menyampaikan satu ungkapan dalam bahasa inggris, “Not Even God himself Could Sink this Ship” artinya Bahkan Tuhan sendiri tidak bisa menenggelamkan Kapal ini. Kalimat itu pernah diucapkan oleh pembuat Kapal Titanic yang begitu besar yang menunjukkan betapa sombongnya orang itu. Namun pada akhirnya pertama kali berlayar kapal itu-pun tenggelam.

Begitupun asal muasal Virus Corona yang pertama kali muncul di Wuhan Tiongkok. Karena Tiongkok sekarang mengalami kemajuan yang luar biasa, Presidennya Xi Jinping pernah berpidato di peringatan 70 tahun berdirinya China bahwa, “Tidak ada kekuatan yang bisa mengguncang fondasi dari negara yang hebat ini, Tidak ada kekuatan yang bisa menghentikan rakyat China dan negara China untuk terus maju”. Kalimat yang berkonotasi jumawa dansombong itu akhirnya diingatkan oleh Allah dengan wabah virus ini yang mewabah di negaranya. Sehingga pelajaran yang berharga dari bencana ini adalah sekuat apapun manusia tidak pantaslah menjadi sombong.

Kedua, beliau mengingatkan agar aqidah yang harus tetap diyakini oleh seluruh umat islam khususnya seluruh siswa-siswi bahwa mati dan hidup semua adalah kehendak Allah. Jangan hanya takut kepada Virus karena takut mati, tapi takutlah kepada Allah agar tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang-Nya. Meskipun begitu sebagai manusia harus tetap selalu hati-hati dan waspada.

 وَلِكُلِّ اُمَّةٍ اَجَلٌ ۚ فَاِذَا جَاۤءَ اَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُوْنَ سَاعَةً وَّلَا يَسْتَقْدِمُوْنَ

Artinya : Dan setiap umat mempunyai ajal. Apabila ajalnya tiba, mereka tidak dapat meminta penundaan atau percepatan sesaat pun.

Kemenag tadi malam telah menyampaikan edaran terkait kebijakan meliburkan siswa-siswi madrasah selama 2 minggu kepada Kanwil Kemenag Provinsi, Kankemenag Kab/Kota, serta Kepala Madrasah untuk mencegah menyebaran Virus Covid-19 ini. Dan seluruh siswa mulai besok pagi diliburkan sampai tanggal 27 Maret 2020. Menyikapi hal tersebut Kepala Madrasah kemudian mengadakan rapat dengan seluruh guru dan memutuskan untuk memberikan tugas kepada siswa-siswi selama di rumah. Tugas ini nanti disampaikan oleh guru mapel sesuai dengan jadwalnya kepada wali kelas dan selanjutnya wali kelas menyampaikan kepada siswa-siswi melalui online. Tugas itu akan dikumpulkan kepada guru pada saat masuk, dan bagi yang tidak mengerjakan maka akan diberi sanksi yang berat.

Beliau juga mengingatkan bahwa libur ini dalam rangka mencegah penyebaran virus, jadi siswa harus tetap di rumah masing-masing untuk mengerjakan tugas sekolah dan menghindari keramaian. Tidak malah kemudian “nglayap” atau jalan-jalan sebebasnya.

Terakhir, Kepala Madrasah mengajak doa bersama semoga seluruh siswa, guru, orang tua, dan semuanya diberikan keselamatan oleh Allah. Semoga siswa Kelas IX dan XII dimudahkan belajarnya untuk menghadapi ujian. Dan semoga madrasah semakin berkembang, maju, dan menjadi besar untuk umat. (syah)

Surat edaran dan jadwal pelajaran siswa selama di rumah :

  • 0
  • Baca: 110 kali

“Luar Biasa” Tampilan Siswa Kelas X dan XI MIA di Emha Variety Show (EVS) Tahun 2020

Troso, MAMHTROSO.com - Kembali adakan acara ajang kreasi seni dan budaya, MA Matholi’ul Huda Troso gelar Emha Variety Show (EVS) kemarin, Sabtu (14/3/2020). EVS ini adalah salah satu agenda rutin yang diselenggarakan oleh pihak madrasah setiap satu semester. Selain untuk hiburan untuk seluruh civitas akademika MA dan MTs. Matholi’ul Huda Troso, yang tak kalah penting dari kegiatan ini siswa dapat belajar secara langsung banyak ilmu di luar kelas. Seperti melatih keikhlasan, kerjasama, tanggung jawab, kebersamaan, kreatifitas, kewirausahaan, dan masih banyak nilai-nilai pendidikan lainnya. 

EVS ini berisi berbagai macam tampilan seperti halnya pentas seni yang melibatkan seluruh siswa-siswinya. Dari 17 kelas dibagi menjadi 2 bagian, ada yang bertugas untuk mengisi acara di panggung dan ada kelas yang mendapat tugas untuk mendirikan bazar-bazar jajan atau makanan ringan. Biasanya untuk Kelas XII dan XI IIS bertugas mengisi acara di panggung pada EVS Semester Gasal, kemudian untuk Kelas X dan XI MIA mendapat bagian untuk mengisi bazar-bazar. Dan pada semester berikutnya gantian untuk Kelas X dan XI yang mengisi acara di panggung, sementara untuk Kelas XII dan XI IIS mengisi bazar-bazar makanan dan minuman.

Untuk mempersiapkan EVS ini tidaklah hal yang mudah. Tidak jarang siswa-siswi kelas X dan XI  melibatkan para alumni atau siswa kelas XII untuk membantu suksesnya tampilan mereka. Mulai dari mengkonsep tema tampilan, memilih backsound, perekaman pengisi suara, mempersiapkan property, kostum, make up, dll. Meskipun acara ini bukanlah sebuah event perlombaan antar kelas, tetapi antusias siswa sangat kuat untuk dapat menyuguhkan tampilan yang luar biasa.

Lihat galeri kegiatannya – klik tautan berikut ini

Acara dimulai pada pukul 07.45 WIB dibuka oleh Wahyu Budi Santoso dan Eva Elviana Novitasari sebagai pembawa acara. Sebagai pembuka Kelompok rebana Muhammad Najmudin Said, dkk. langsung memainkan 4 lagu yang berjudul  Shollalloh ala Muhammad, Assubhu bada, Ya abal hasanain, dan Subhanallah. Dilanjutkan dengan tampilan MH Band yang membawakan 2 lagu berjudul Rela yang dipopulerkan Inka Cristy dinyanyikan oleh salah satu guru Nur Muzaroh, S.Pd. dan Cinta Karena Cinta yang dipopulerkan Judika dinyanyikan oleh salah siswa kelas XI Nilam Maharani. Dilanjutkan dengan Fashion Show dari siswa-siswi Kelas XII dengan pakaian dominan berbahan kain tenun Troso.

X MIA-1 dengan judul The Secret of Rahwana. Diangka dari cerita pewayangan Rama dan Shinta melawan Rahwana. Berbeda dengan cerita Rahwana pada umumnya yang identik dengan kejahatannya, namun kali ini Rahwana sebagai pemeran protagonis. Kerajaan Alengka yang dipimpin Rahwana mengalami kesengsaraan dan kekeringan. Sehingga Rahwana menculik Dewi Shinta karena titisan Dewi Sri itu dapat menyuburkan tanah di Alengka. Tampilan ini lebih banyak nyanyian-nyanyian musikal dari pada dialog percakapannya. Penyuguhan yang sangat luar biasa di awal tampilan EVS pada tahun ini didukung dengan properti, aksesoris dan make up yang sangat indah. Ahmad Irfan Pramudia sebagai lakon Rahwana begitu pas dengan postur badannya yang tinggi dan besar.

XI MIA-2 dengan judul Rebutan Warisan. Melibatkan salah satu alumni Moh. Khoiri sebagai konseptornya, seperti biasa banyak adegan-adegan lucu namun ternyata akhir cerita menjadi mengharukan. Ulum dan Sofiyan diceritakan sebagai kakak adik yang ditinggal mati oleh Ayahnya. Karena meninggalkan harta warisan yang banyak sehingga Ulum dan Sofiyan sampai menghalalkan segala cara untuk merebut warisan orang tuanya itu. Mulai dari bertengkar adu mulut, berkelahi, bahkan saling membunuh dengan cara santet. Namun diakhir cerita mereka dapat sadar karena bermimpi bertemu ibu dan sang ayah. Selain itu mereka merasa tidak tega melihat ibunya yang sudah mulai sakit-sakitan karena melihat pertikaian mereka. Salah satu cerita yang absurd tapi lucu adalah ketika setan ketemu setan dan mereka malah saling jatuh cinta.

X IIS-2 dengan Judul Joko Kendil. Diperankan oleh Aflah yang dalam ceritanya memiliki perawakan buruk dan muka yang jelek. Namun sebenarnya dia adalah seorang pemuda tampan yang mendapat kutukan dan akan kembali tampan ketika dia sudah menemukan cinta sejatinya. Dan pada akhirnya Joko Kendil menemukan Antika sebagai cinta sejatinya berubahlah wajahnya menjadi tampan. Sehingga menjadi rebutan para wanita. Cerita ini dikemas dengan genre komedi dan diakhiri dengan pesan yang baik untuk para penontonnya.

X IIS-1 dengan Judul The Beginning of Srikandi. Salah satu tokoh dalam wiracarita dari India, yaitu Mahabharata. Dalam kisah, ia merupakan putri Raja Drupada dengan Dewi Gandawati dari Kerajaan Panchala. Diperankan oleh Rahma sebagai tokoh utamanya menjadi karakter Srikandi menjadi sangat hidup. Didukung rekan-rekannya sebagai Punokawan membuat cerita ini tampak menarik. Rendi, Hendi, Malik, Rif’an yang bercakap-cakap dengan Pramudia sebagai Raja yang galak malah Nampak lucu dengan mimik dan gaya bahasanya. Akhir cerita Srikandi berhasil menyelesaikan tugas dari gurunya untuk menangkap seorang perampok.

X MIA-2 dengan Judul The Srikandi Journey. Melanjutkan cerita kelas sebelumnya tentang Srikandi. Kali ini diperankan oleh Nayla Sayyidatun Nisa. Jika sebelumnya menceritakan pertumbuhan Srikandi, namun pada kali ini menceritakan petualangan Srikandi ketika memimpin Kerajaan Panchala yang terkena wabah penyakit yang disebabkan oleh Mahesa Sura yang diperankan oleh Rival Arafat. Rival dan kawan-kawannya sebagai pemeran antagonis lengkap dengan kostum-kostum pewayangannya. Background yang terus bergantian menyesuaikan latar adegan terjadi cukup menarik perhatian. Singkat cerita Srikandi berhasil mengalahkan Mahesa Sura dan mendapatkan obat penyembuh untuk rakyat-rakyatnya.

XI MIA-1 dengan Judul Kerinduan. Dibuka oleh duet Nilam Maharani dan sahal Abdan dengan menyanyikan lagu Kerinduan yang dipopulerkan oleh H. Rhoma Irama. Kisah fiktif ini dimulai dari  seorang siswa yang rindu akan masa-masa sekolah. Safiqun Nafi’ dan Ariyanto sebagai pemeran utamanya kemudian mereka mengingat-ingat peristiwa ketika sekolah dulu. Pernah ketika mendapat tugas untuk mengerjakan naskah drama di salah satu rumah temannya, tetapi malah kemudian dituduh mencuri jam tangan. Beberapa ada adegan lucu, diantaranya adalah ketika Memet sebagai anak SD dengan lugunya menirukan lagu “Lagu Pada Hari Minggu”.

X MIA-3 dengan judul Panji Asmoro Bangun Kembar Tiga. Ada 3 kerajaan, kerajaan pertama tidak memiliki pasangan. Dan raja kedua memiliki 3 istri yang ketiga-tiganya cacat. Dua raja itu menyukai wanita yang sama, yaitu istri raja ketiga yang bernama Panji Asmoro Bangun. Panji juga disukai oleh adik dari raja ke-2 yaitu Pandansari, sehingga mereka berdua bekerja sama untuk memisahkan Panji Asmoro Bangun dan istrinya Dewi Sekar Jati. Awalnya mereka berhasil memisahkan, tetapi akhirnya kejahatan mereka terungkap. Raja pertama, kedua, dan adik dari raja ke-2 tewas akibat peperangan yang memperebutkan Sekarjati. Dan akhirnya Panji Asmoro Bangun dan Dewi Sekarjati bersatu kembali. 

X IIS-3 dengan Judul Mata Luka Sengkon Karta. Melibatkan siswa Kelas XII Wahyu Budi Santoso, kelas ini mengakat cerita fakta kelam dunia peradilan di Indonesia pada tahun lampau. Sengkon dan Karta adalah petani berasal dari Bojongsari, Bekasi, Jawa Barat. Diperankan oleh Bagus Chamlus Said dan Abdul Kahfi Asrori, mereka menerima vonis pengadilan negeri Bekasi dengan hukuman 12 tahun (Sengkon) dan 7 tahun (Karta) atas dakwaan pembunuhan dan perampokan. Putusan itu dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi Jawa Barat. Padahal mereka hanyalah korban fitnah dari orang yang iri dengannya. (Syah)

  • 0
  • Baca: 119 kali

MA Matholi’ul Huda Troso Selenggarakan UAMBN-BK Tahun 2020 Selama 3 Hari

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara selenggarakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK), Senin (9/3/2020). Peserta UAMBN-BK ini adalah siswa-siswi Kelas XII yang pada tahun ini berjumlah 207 orang siswa, yang terbagi menjadi 6 kelas, yaitu 3 kelas jurusan Ilmu Alam dan 3 kelas jurusan Ilmu Sosial.

MA Matholi’ul Huda Troso menyediakan 3 laboratorium komputer yang setiap ruangnya berisi lebih dari 36 unit komputer. Sehingga total jumlah komputer yang digunakan untuk UAMBN-BK ada lebih dari 100 unit komputer. Untuk itu dari jumlah seluruh siswa Kelas XII dibandingkan dengan kesediaan komputer maka pihak madrasah menyelenggarakan ujian ini setiap harinya menjadi 2 sesi. Sesi pertama mulai dari pukul 08.00 – 09.30 WIB dan sesi kedua mulai dari 10.00 – 11.30 WIB.

Berbeda dengan Ujian Madrasah yang Guru pengawas di UAMBN-BK ini adalah silang dari madrasah-madrasah lain. MA Matholi’ul Huda Troso kedatangan 3 guru pengawas setiap harinya. Yaitu dari MA Shofa Marwah Sowan Lor, MA Al Alawiyah Karanrandu, dan MA Tasymirusy Syubban Tedunan. Sementara untuk MA Matholi'ul Huda Troso juga mengirimkan guru pengawasnya ke 3 madrasah yang lain. Yaitu MA Sultan Hadlirin Mantingan, MA Al Alawiyah Karanrandu, dan MA Tasymirusy Syubban Tedunan.

Meskipun ujian diselenggarakan dalam 2 sesi, akan tetapi seluruh siswa Kelas XII tetap masuk sekolah pada pukul 06.50 WIB untuk mengikuti sholad dhuha berjama’ah. Baru kemudian siswa yang mendapat jadwal ujian sesi 1 langsung masuk ruangan, dan siswa yang mendapatkan jadwal ujian di sesi 2 harus belajar mandiri di dalam kelas masing-masing. Begitupun setelah siswa sesi 1 selesai tidak diizinkan untuk langsung pulang, akan tetapi harus belajar di kelas untuk pelajaran besok paginya hingga menunggu sholat dzuhur berjama’ah dilaksanakan baru diizinkan pulang.

UAMBN-BK ini rencananya akan dilaksanakan selama 3 hari ke depan. Salah satu jenis rangkain ujian Kelas XII ini adalah untuk mengujikan khusus 3 mata pelajaran Pendidikan agama islam (PAI). Yaitu Qur’an Hadits, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Kali ini untuk mata pelajaran Aqidah Akhlak dan Bahasa Arab tidak dimasukkan dalam UAMBN-BK namun diujikan dalam jenis ujian yang lain yaitu Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UM-BK). Hal tersebut karena pihak kementrian agama sebagai penyelenggara mempertimbangkan kaitan dengan tolak ukur kompetensi dari mata pelajaran Aqidah Akhlak yang lebih memprioritaskan sikap dan mata pelajaran Bahasa Arab yang juga memprioritaskan keterampilan berbahasa.

Sementara untuk siswa Kelas X dan XI tetap diadakan proses belajar mengajar, karena UAMBN-BK dilaksanakan di ruang laboratorium tidak menempati ruang-ruang kelas yang ada. (Syah)

  • 0
  • Baca: 66 kali

Ujian Madrasah (UM) Tahun 2020 Di MA Matholi’ul Huda Troso Berbasis Komputer

Troso, MAMHTROSO.com – Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso tengah menggelar Ujian Madrasah (UM) bagi siswa kelas XII mulai Kamis kemarin (5/3/2020). Ujian Madrasah ini dijadwalkan selama 6 hari dengan mengujikan 11 mata pelajaran di masing-masing penjurusan.

Ujian Madrasah adalah ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan di madrasah berupa kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan. Menurut POS UM untuk Tahun Pelajaran 2019/2020 (SK Ditjen Pendis No. 247 Tahun 2020), Ujian Madrasah dapat dilaksanakan dengan berbasis komputer (UMBK) maupun berbasis kertas.

Dari pantauan awak www.mamhtroso.com, Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso melaksanakan ujian madrasah (UM) dengan berbasis komputer. Sebanyak 3 ruang laboratorium komputer yang masing-masing berisi 38 lebih unit komputer sudah dipersiapkan untuk siswa-siswinya. Pada tahun pelajaran kali ini, ada sebanyak 207 siswa kelas XII MA MH Troso mengikuti UM. Mereka terbagi menjadi 3 kelas jurusan IPA dan 3 kelas jurusan IPS.

Drs. H. Nur Kholis Syam’un, sebagai Kepala Madrasah telah mengambil kebijakan bahwa Ujian Madrasah pada kali ini mengujikan 2 mata pelajaran setiap harinya. Jika untuk 1 mata pelajaran dilaksanakan menjadi 2 sesi, maka setiap harinya ada 4 sesi ujian yang harus dilaksanakan. Dan karena semua jenis ujian ini dapat dilaksanakan di ruang komputer maka untuk Kelas X dan XI dapat tetap masuk seperti biasa.

Mapel yang diujikan dalam UM adalah mapel-mapel umum seperti Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Biologi, Fisika, PPKn, Kimia, Sejarah Indonesia, Matematika Peminatan, ditambah dengan Akidah Akhlak, dan Bahasa Arab.

Jika rencana sebelumnya UM akan dilaksanakan secara mandiri oleh pihak madrasah, baik berbasis komputer atau pensil kertas. Namun akhirnya Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama memutuskan untuk menyiapkan aplikasi khusus. Aplikasi UMBK 2020 (VDI UMBK) dapat diunduh secara gratis dan digunakan oleh semua madrasah. Aplikasi UMBK ini sinkron dengan PDUM. Sehingga hanya madrasah yang telah terdaftar dalam PDUM (Pangkalan Data Ujian Madrasah) yang bisa menggunakannya.

Uniknya, data lembaga dan siswa peserta ujian tidak perlu diisi secara manual karena akan dapat disinkronkan dengan laman PDUM. Dan sesuai dengan POS UM 2020 dimana madrasah penyelenggara Ujian Madrasah harus membuat kisi-kisi dan soal ujian sendiri, maka dalam aplikasi UMBK ini akan dijumpai menu upload soal dan kisi-kisi soal UM yang nantinya diujikan. Begitupun hasil ujian bisa langsung didownload dalam bentuk Microsoft Excel setelah siswa selesai mengerjakan soal. (syah)

  • 0
  • Baca: 68 kali

Siswa Kelas XII Gladi Bersih UNBK, Siswa Kelas X dan XI Lakoni Pekan Ulangan Bersama (PUB) Pertama Semester Genap Tahun 2020

Troso, MAMHTROSO.com – Sebanyak 207 siswa Kelas XII MA Matholi’ul Huda Troso ikuti Gladi Bersih UNBK mulai kemarin, Senin (24/2/2020).

Dari pantauan awak www.mamhtroso.com pihak madrasah telah menyediakan 3 laboratorium komputer yang masing-masing berisi sekitar 36 – 40 komputer. Sehingga untuk siswa Kelas XII yang berjumlah 207 dengan 6 kelas dapat dijadikan hanya menjadi 2 sesi saja.

Sebelumnya Puspendik telah melaksanakan Simulasi 1 UNBK yang mana telah dilakukan beberapa bulan yang lalu. Sedangkan untuk pelaksanaan ini bukan lagi Simulasi melainkan langsung ke Gladi Bersih UNBK. Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, bahwa pelaksanaan Simulasi dilakukan sebanyak dua kali dan diakhiri dengan satu kali Gladi Bersih. Sehingga terhitung sebanyak 3 kali dalam uji coba UNBK. Namun pada tahun ini hanya satu kali simulasi dan langsung diakhiri dengan Gladi Bersih. Sehingga hanya melakukan Uji Coba UNBK sebanyak 2 kali saja.

Tujuan Dilaksanakan Gladi Bersih UNBK pastinya mempunyai suatu tujuan utama yang akan dicapai. Baik itu pada pengenalan menu-menu baru atau sistem teknis dan non teknis pada pelaksanaan UNBK. Namun yang jelas untuk memastikan kesiapan sekolah dan madrasah melaksanakan UNBK. Untuk memastikan Aplikasi sudah dapat berjalan dengan baik, Infrastruktur di pusat dan di sekolah sudah siap dan berfungsi dengan baik, Tim Pelaksana Pusat, Helpdesk, Proktor dan panitia sudah memahami tugas dan tanggung jawabnya. Data infrastruktur (jaringan internet, server dan klien) sudah tercatat dengan benar, dan Data Peserta (Biodata, mata ujian dan penempatan server) sudah tercatat dengan lengkap dan benar. Memperkenalkan bentuk soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) kepada siswa. Dan juga memperkenalkan bentuk soal AKM kepada Guru.

Di MA Matholi’ul Huda Troso, selama dilaksanakan Gladi Bersih UNBK ini secara umum dapat berjalan dengan lancar. Alhamdulillah tidak ada kendala yang begitu signifikan. Memang ada beberapa komputer yang mengalami error namun masih ada komputer cadangan untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam melaksanakan gladi bersih UNBK.

Sedangkan di hari yang sama, untuk Kelas X dan XI juga melakoni Pekan Ulangan Bersama (PUB) Pertama di Semester Genap Tahun Pelajatan 2019-2020 mulai kemarin, Senin (24/2/2020). Pekan Ulangan Bersama ini rencananya akan dilaksanakan selama 5 hari kedepan dengan mengujikan semua mata pelajaran. Mulai dari mapel umum, mapel penjurusan, mapel agama, dan mapel peminatan maupun lintas minat.

Berbeda dengan UTS atau UAS, soal-soal PUB semuanya berbentuk soal uraian. Yaitu berjumlah antara 5 sampai 15 soal tergantung tingkat kesulitan yang disesuaikan dengan durasi waktu mengerjakan selama 50 - 60 menit. Meskipun bentuk soalnya berbeda tetapi penataan ruangan ulangan tetap dibuat sebagaimana ulangan semester, yaitu menggunakan sistem silang. Siswa Kelas X MIA duduk semeja dengan siswa Kelas XI IPS, dan sebaliknya siswa kelas X IIS duduk semeja dengan siswa XI IPA. (Syah)

  • 0
  • Baca: 112 kali

Mamat Cowi Ayahanda Ummi Nabila Rosyadah Meninggal, Seluruh Siswa dan Guru MA MH Troso Takziyah

Troso, MAMHTROSO.com – Mamat Cowi, warga Desa Troso RT 5 RW 1 kecamatan Pecangan Jepara, meninggal dunia pada Selasa (28/1/2020) malam hari sekitar pukul 19.00 WIB. Ayah dari siswi MA Matholi’ul Huda Troso, Ummi Nabila Rosyadah (XII IIS-2) itu berpulang setelah menderita penyakit stroke.

Seluruh siswa dan guru MA MH Troso berinisiatif melaksanakan takziyah untuk mendoakan dan menyampaikan rasa bela sungkawa atas meninggalnya ayahanda dari salah satu siswa kelas 12 ini. Rombongan diberangkatkan pada pagi hari sebelum proses pembelajaran di laksanakan. Seluruh siswa berjalan beriring-iringan menuju ke rumah duka yang berjarak sekitar 200 meter dari Kampus MA MH Troso.

Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso langsung memimpin rombongan takziyah. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bela sungkawanya, dan mendoakan semoga segala amal kebaikannya diterima serta mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah SWT. Selain itu pula beliau berpesan agar keluarga yang ditinggal diberikan kesabaran dan ketabahan atas musibah yang menimpa.

Kepergian ayah 5 anak itu tak hanya menyisakan duka bagi keluarga almarhum saja. Kesedihan juga dirasakan para pelayat, termasuk ratusan civitas akademika MA MH Troso yang bertakziyah di rumah duka.

Acara takziyah diisi dengan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh Ustadz Ahmad Azhari Nasir, S.H.I., M.S.I. dan barokah doa dipimpin oleh Ustadz H. Ismail, S.Pd.I. (syah)

  • 0
  • Baca: 121 kali

Tutup Buku Tahun 2019, Koperasi Karyawan (KOPKAR) Matholi’ul Huda Troso Bukukan Aset Sebesar 1,9 Milyar

Troso, MAMHTROSO.com – Koperasi Karyawan (KOPKAR) Yayasan Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara laksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) pagi ini, Jum’at (24/1/2020). Diselenggarakan di Aula MA Matholi’ul Huda Troso, mulai pukul 08.00 WIB. RAT kali ini dihadiri sedikitnya sekitar 128 anggota, dari total jumlah anggota sebanyak 149 orang. Baik dari unit RA, MI, MADIN, MTs. dan MA.  

Rapat yang berisi laporan pengurus dan pengawas Tahun 2019 serta penyusunan program kerja Tahun 2020 dilaksanakan lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya dilaksanakan pada Bulan Februari bahkan Bulan Maret, namun pada RAT kali ini pengurus dan pengawas berkomitmen untuk melaksanakan lebih awal yaitu di Bulan Januari.

Mustain, S.Sos.I. selaku sekretaris koperasi berperan langsung menjadi pembawa acara. Dengan rangkaian acara dimulai dari tahlil bersama dipimpin oleh Ahmad Azhari Nasir, S.H.I. M. Si. Serta barokah doa dipimpin oleh Surihan. Laporan umum dari bendahara KOPKAR Matholi’ul Huda Troso, yaitu Noor Faizin, S.Ag.

Dilanjutkan sambutan dari Perwakilan Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Menengah Kecil dan Transmigrasi Tenaga Kerja, Ibu Rumyati. Beliau menyampaikan bahwa dari 650 koperasi yang ada di Jepara, KOPKAR Matholi’ul Huda Troso berada di peringkat 15. Yang berarti 99% mencapai sempurna dan dalam keadaan sangat sehat. Sebelum membuka RAT pada pagi hari ini, beliau juga berpesan agar seluruh komponen koperasi baik dari pengurus dan anggota semuanya harus berbuat yang terbaik untuk kesehatan koperasi. Diantaranya selalu tepat waktu dalam membayar angsuran tiap bulannya. Selain itu agar koperasi menjadi lebih besar lagi, anggota tidak hanya aktif membayar simpanan wajib tetapi juga mengembangkan dengan menggunakan uang koperasi untuk usaha-usaha mikro lainnya. Bahkan beliau mengusulkan supaya memberikan reward kepada anggota yang memiliki jasa tertinggi kepada Koperasi.   

Fadholi, S.Pd.I. selaku Ketua KOPKAR Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara menyampaikan laporan pengurus dengan singkat. Bahwa volume kredit mengalami kenaikan 13,41 % dari tahun sebelumnya. Total aset KOPKAR Matholi’ul Huda Troso sampai Desember Tahun 2019 sebesar Rp 1.883.800.000,-.

Dilanjutkan dengan laporan dari pengawas KOPKAR Matholi’ul Huda Troso, oleh Drs. H. Nur Kholis Syam’un. Pertama beliau menyampaikan rasa syukurnya, karena koperasi yang telah berdiri sejak tahun 2002 dan dinotariskan secara resmi tahun 2007 sampai saat ini di tahun 2020 dapat berjalan dengan baik dan sehat. Beliau lebih menyampaikan perjuangan bagaimana pertama kali mendirikan koperasi di madrasah. Dimulai pada tahun 2001 bersama dengan H. Abdullah Handiq untuk mengadakan dana awal dengan pinjaman dari bank. Tetapi dalam perjalanan beberapa tahun ternyata salah satu dari anggota mengalami macet dalam kreditnya. Ahirnya pada 2001 bersama KH. Abdul Jalil dan H. Sucipto, S.Ag. membentuk lembaga keuangan yang bernama Koperasi Karyawan (KOPKAR) dan resmi dinotariskan pada tahun 2007. Yang pada saat peresmian awal langsung dihadiri oleh Bupati Jepara, Drs. H. Hendro Martojo, MM.

Penyusunan program kerja Tahun 2020 KOPKAR Matholi’ul Huda Troso dipimpin langsung oleh Fadholi, S.Pd.I. Tidak banyak yang berubah dari Tahun 2020. Dari beberapa bidang hanya ada perubahan pada bidang usaha. Jika pada tahun sebelumnya jasa pinjaman sebesar 1,5 %, untuk Tahun 2020 terhitung mulai Bulan Februari nanti jasa pinjaman diturunkan menjadi tinggal 1 %. Perubahan ini kemudian disepakati oleh seluruh anggota yang hadir.

Di akhir acara RAT pukul 10.00 WIB pengurus KOPKAR Yayasan Matholi’ul Huda Troso membagikan Selisih Hasil Usaha (SHU) dan doorprize sebanyak 282 macam. Doorprize tersebut berupa minyak goreng, paket mie instan, deterjen, sabun mandi, piring, sandal, dll. Semua anggota yang hadir mendapatkan doorprize ini, bahkan ada banyak anggota yang mendapat 2 sampai 3 jenis doorprize karena insentif kehadiran bagi anggota yang tidak hadir juga ikut dijadikan doorprize. (Syah)

  • 0
  • Baca: 140 kali

Jelang UNBK MA MH Troso Siapkan Mental Siswa Kelas XII DenganTry Out Selama 4 Hari

Troso, MAMHTROSO.com – Siswa Kelas XII MA Matholi’ul Huda Troso Tahun Pelajaran 2019-2020 mengikuti Try Out Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mulai kemarin, Senin (20/1/2020). Dan sesuai dengan jadwalnya Try Out ini akan dilaksanakan selama 4 hari yaitu sampai Kamis (23/1/2020).

MA Matholi’ul Huda Troso memiliki 3 ruang laboratorium komputer yang masing-masing ruang terdapat 36 unit komputer beserta cadangannya, sehingga total ada sekitar 120-an unit komputer yang digunakan. Sementara untuk siswa kelas XII yang berjumlah 200 lebih mengikuti Try Out UNBK ini dengan sistem 2 sesi setiap harinya. Bergiliran antara jurusan MIA dan IIS.

Pada hari pertama mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia. Kemudian untuk hari kedua sampai keempat berurutan adalah Matematika, Bahasa Inggris, dan mata pelajaran penjurusan pilihan.

Tujuan diadakan Try Out ini selain untuk memberikan tata cara pengerjaan soal dalam UNBK bagi calon peserta ujian nasional, juga untuk menguji kesiapan siswa untuk mempersiapkan UNBK yang akan dilaksanakan pada beberapa bulan mendatang. Karena setelah selesai mengerjakan ternyata muncul form hasil skor yang dapat dilihat oleh masing-masing siswa. Selain itu juga untuk menguji kesiapan ruang dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam UNBK. Baik mulai dari server, komputer client, dan perangkat-perangkat yang lain.

Yang paling penting dan yang menjadi sasaran utama dari Try Out ini adalah pematangan penguasaan mental dan teknik bagi siswa. Secara keseharian mereka sudah tidak asing dengan alat komunikasi canggih atau komputer, karena situasi ujian sangat berpengaruh terhadap mental siswa, maka Try Out juga berfungsi sebagai ajang penggemblengan mental. Dengan penggemblengan mental di harapkan siswa tidak gugup dan tenang dalam menghadapi ujian berbasis komputer, sehingga mereka bisa mendapatkan hasil nilai yang maksimal dan memuaskan.

Dengan tujuan tersebut maka Drs. H. Nur Kholis Syam’un, Kepala Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso mengambil kebijakan untuk tidak memberikan waktu penuh 120 menit di setiap sesinya. Untuk sesi pertama biasanya dimulai pada jam ke-2 tepatnya pada pukul 08.30 WIB sampai pukul 10.15 WIB sesuai dengan waktu istirahat. Dan sesi kedua dimulai pada pukul 10.40 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Hal tersebut disebabkan selain tujuan utama Try Out UNBK ini sudah terpenuhi, siswa-siswi Kelas XII juga harus tetap mengikuti agenda madrasah lainnya, seperti Intrakurikuler Pramuka, Muhadlarah, dll. (Syah)  

  • 0
  • Baca: 132 kali
Berlangganan RSS feed